Rela Berdiri Tiap Pagi sampai Malam, Aksi Pria Cegah Orang Buang Sampah ke Sungai Ini Banjir Pujian

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 2 November 2020 15:30
Rela Berdiri Tiap Pagi sampai Malam, Aksi Pria Cegah Orang Buang Sampah ke Sungai Ini Banjir Pujian
Padil setiap harinya berdiri dari pagi sampai jam 11 malam demi cegah orang buang sampah sembarangan ke sungai.

Sampah sampai saat ini tetap jadi masalah yang tak kunjung terselesaikan. Masih saja banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, tak terkecuali di sungai sehingga membuatnya jadi tercemar.

Belum lama ini, aksi mulia seorang pria asal India bernama Chandra Kishore Padil viral di media sosial dan berhasil menyentuh hati banyak orang. Dengan memegang peluit di tangan, Padil setiap harinya mencegah orang-orang yang ingin membuang sampah sembarangan ke sungai.

Foto Padil ini dibagikan oleh seorang warga Twitter sekaligus petugas IFS bernama Swetha Boddu.

1 dari 4 halaman

Cegah Orang Buang Sampah Sembarangan ke Sungai

Ilustrasi Sampah PlastikIlustrasi Sampah Plastik © thejakartapost.com

Dikutip dari Times Now, Patil beercerita bahwa dirinya selama ini tinggal di dekat sungai Godavari. Sayangnya, dengan berlalunya tahun, air sungai itu jadi lebih tercemar karena orang-orang yang sembarangan membuang sampah ke sungai.

Karena hal itu, sejak lima tahun lalu ia memutuskan mengambil sikap dengan menghentikan orang-orang yang mencemari sungai. Setiap harinya, Patil akan berdiri di pinggir sungai dari pagi sampai malam untuk menghentikan orang yang ingin membuang sampah mereka ke sungai.

2 dari 4 halaman

Berdiri dari Pagi sampai Malam

Chandra Kishore PadilChandra Kishore Padil © timesnownews.com/ Twitter @swethabhoddu

" Saya berdiri di pinggir sungai dari pagi sampai jam 11 malam dengan meniup peluit dan mengingatkan masyarakat untuk tak membuang sampah ke sungai. Saya sudah melakukan ini selama lima tahun dan akan terus melakukannya sampai kesehatan saya memungkinkan," ucap Patil.

Aksi mulianya ini bukan tanpa halangan, ada juga orang yang kasar menegur Padil karena aksinya ini. Meski begitu, sikap orang-orang itu sama sekali nggak menghalangi dirinya untuk tetap menjaga kebersihan sungai.

3 dari 4 halaman

Banjir Pujian dari Netizen

Sejak dibagikan di Twitter, foto dan kisah Padil ini jadi viral. Banyak dari warganet yang tersentuh dengan sikapnya yang peduli dengan lingkungan bahkan memujinya sebagai pahlawan lingkungan.

" Terima kasih telah berbagi informasi positif. Terima kasih kepada Pak Patil yang juga bekerja tanpa pamrih untuk tujuan mulia seperti itu (menghentikan orang membuang sampah ke sungai) dan menyebarkan kesadaran," kata seorang netizen.

" Pahlawan masyarakat yang sesungguhnya," tulis netizen lainnya.

4 dari 4 halaman

Merasa bangga dan senang memiliki orang-orang seperti itu,” komentar salah seorang netizen.

Dia adalah inspirasi sejati,” ucap netizen lainnya.

Mulia banget ya memang apa yang dilakukan Padil. Semoga apa yang dilakukannya bia jadi inspirasi bagi kita semua ya untuk selalu menjaga lingkungan. Semangat terus untuk Pak Padil.

Beri Komentar