Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Kini Jadi Raja Inggris

Reporter : Kurnia
Jumat, 9 September 2022 10:05
Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Kini Jadi Raja Inggris
Secara otomatis Pengaran Charles menjabat sebagai Raja Charles III

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9) sore, waktu setempat. Atas kepergian sang ibunda, putra sulung Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles secara otomatis menjadi Raja Inggris.

Pangeran Charles berada di garis pertama yang menduduki takhta Kerajaan Inggris untuk menggantikan Ratu Elizabeth II setelah 70 kekuasaannya.

1 dari 6 halaman

Pangeran Charles akan memulai babak baru dari pemerintah sang ibunda yang dimulai sejak tahun 1952 hingga 2022 yang dilakukan di Istana St James London, di depan sebuah badan upacara yang disebut  sebagai Dewan Aksesi.

Upacara tertutup tersebut dihadiri oleh Dewan Penasihat, sekelompok anggota parlemen senior sejak dulu hingga sekarang, beberapa rekan, serta pegawai negeri senior, komisaris tinggi Persemakmuran, dan Wali Kota London.

2 dari 6 halaman

Pangeran Charles secara otomatis naik takhta menjadi Raja Inggris, yakni Raja Charles III yang juga akan jadi pemimpin kerajaan Inggris dan 14 negara Alam Persemakmuran, termasuk Australia dan Kanada. Raja Charlse III juga menjadi kepala dari 56 negara yang menjadi anggota persemakmuran.

Selain itu, Raja Charles juga mengemban tanggung jawab sebagai Kepala Angkatan Bersenjata Inggris, pengadilan, hingga layanan publik.

3 dari 6 halaman

Raja Charles III juga menjadi Gubernur Tertinggi Gereja Inggris setelah mangkatnya Ratu Elizabeth II. Sang Raja juga bertanggung jawab sebagai Fount of Honour yang berarti semua gelar kehormatan, seperti ksatria, akan diberikan atas namanya.

Sebelumnya, Istana Buckingham mengonfirmasi Ratu Elizabeth II meninggal dunia ketika berusia 96 tahun setelah mengalami kritis karena kesehatannya mulai menurun.

" Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," yang dikutip cnn pada Jumat, (9/9/2022).

4 dari 6 halaman

Kabar duka itu diberitakan tak lama setelah Istana Buckingham juga menerbitkan keterangan mengenai kondisi kesehatan Ratu yang mengkhawatirkan pada Kamis (8/9) siang waktu Inggris.

" Berdasarkan dari hasil evaluasi pagi ini (Kamis), para dokter Ratu mulai mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia (Ratu Elizabeth II) dan merekomendasikan agar ia tetap di bawah pemantauan medis," demikian keterangan dari pihak Istana.

5 dari 6 halaman

Tak lama setelah pengumuman itu, para anggota keluarga kerajaan bertolak ke Istana Balmoral Skotlandia.

Hingga Istana Buckingham pada Kamis (8/9) sore mengumumkan Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Beri Komentar