Queen Cleopatra, Dokumenter Baru Netflix yang Kontroversial dan Tuai Banyak Kritik

Reporter : Riza Umami
Senin, 17 April 2023 16:10
Queen Cleopatra, Dokumenter Baru Netflix yang Kontroversial dan Tuai Banyak Kritik
Ini sinopsis Queen Cleopatra.

Baru-baru ini, trailer dari serial dokumenter Queen Cleopatra telah dirilis oleh Netflix. Namun, sayangnya serial ini mendapatkan tanggapan yang kontroversial, terutama terkait representasi Cleopatra yang digambarkan sebagai seorang perempuan berkulit hitam. Hal ini kemudian menimbulkan tuduhan palsu sejarah pada Netflix oleh beberapa orang.

Akibatnya, muncul sebuah petisi online yang meminta dibatalkannya serial dokumenter ini, meskipun rencananya serial ini akan tayang pada tanggal 10 Mei mendatang. Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang sinopsis dan pemain yang terlibat dalam Queen Cleopatra, berikut beberapa informasi lengkap yang dapat diakses.

1 dari 5 halaman

Sinopsis Cleopatra Netflix

Serial dokumenter Queen Cleopatra akan mengangkat kehidupan sosok legendaris Cleopatra dalam empat episode yang berbeda dari judulnya. Di sini, penonton akan disuguhkan perspektif yang tak biasa, tidak hanya fokus pada kecantikan dan romansa Ratu Mesir Kuno tersebut, tetapi juga kecerdasannya yang luar biasa.

Queen Cleopatra © Diadona

2 dari 5 halaman

Cleopatra memang dikenal sebagai Ratu Kerajaan Mesir yang sangat cantik, namun ia juga memiliki kepemimpinan yang sangat dihormati. Keberaniannya, kecerdasannya, dan keahliannya dalam politik membuatnya menjadi sosok pemimpin yang sangat kuat.

Dalam serial dokumenter ini, Cleopatra akan ditampilkan sebagai wanita berpendidikan, seorang ratu yang rela berkorban demi melindungi negaranya.

3 dari 5 halaman

Serial Queen Cleopatra Jadi Kontroversial

Queen Cleopatra © Diadona

Sebelum ditayangkan, Queen Cleopatra telah memancing kontroversi karena menampilkan sosok Cleopatra berkulit hitam yang diperankan oleh Adele James. Bagi sebagian orang Mesir, ini dianggap sebagai penyimpangan dari fakta sejarah bahwa sang ratu sebenarnya bukanlah orang berkulit hitam.

Sebuah petisi online telah dibuat di website change.org dan berhasil mengumpulkan lebih dari 60 ribu tanda tangan. Petisi tersebut dibuat oleh orang Mesir yang merasa sejarah Mesir dalam Queen Cleopatra dipresentasikan dengan salah. Namun, petisi tersebut telah dihapus tanpa alasan yang jelas.

4 dari 5 halaman

Sementara itu, laman Greek City Times menyebut serial dokumenter tersebut sebagai problematik karena mempromosikan afrosentrisme, di mana ideologi tersebut mendukung pandangan bahwa orang Afrika-Amerika merupakan orang Mesir asli.

Serial ini juga dianggap menghina warga Mesir karena merasa identitas mereka dicuri dengan menggambarkan Cleopatra sebagai orang kulit hitam. Netflix sendiri belum memberikan tanggapannya mengenai hal tersebut.

5 dari 5 halaman

Pemain Serial Queen Cleopatra Netflix

Satu lagi serial yang diproduksi oleh Jada Pinkett Smith dengan Adele James sebagai pemeran Cleopatra. Berikut adalah daftar nama pemain lengkapnya:

  • Adele James memerankan Cleopatra
  • John Partridge memerankan Julius Caesar
  • Craig Russell memerankan Mark Antony
  • Michael Greco memerankan Pothinus
  • Jada Pinkett Smith bertindak sebagai eksekutif produser dan juga narator

Serial Queen Cleopatra rencananya akan rilis di tanggal 10 Mei nanti meski menuai kontroversial. Series dokumenter Netflix yang satu ini terdiri dari empat episode. Siapa nih yang penasaran mau nonton serial Queen Cleopatra?

Sumber: idntimes.com pada 17 April 2023.

Beri Komentar