Punya Keterbatasan Fisik, Pria Ini Tetap Gigih Jualan Keripik Keliling Meski Harus Merangkak

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 27 Januari 2021 10:09
Punya Keterbatasan Fisik, Pria Ini Tetap Gigih Jualan Keripik Keliling Meski Harus Merangkak
Salut banget ya dengan perjuangan Ahmad Yunus.

Keterbatasan fisik bukan jadi halangan seseorang untuk tetap berusaha mengais rezeki. Hal ini dibuktikan oleh seorang pria bernama Ahmad Yunus.

Pria asal Bandung ini memberi inspirasi banyak orang agar nggak menyerah dengan keadaan dan terus berusaha. Meski punya keterbatasan fisik, Yunus tetap semangat berjualan keripik keliling meski harus merangkak.

1 dari 5 halaman

Jual Keripik Keliling

Dikutip dari kompas.com, setiap harinya Ahmad Yunus menjajakan dagangannya di Kota Bandung. Biasanya, ia berkeliling dengan merangkak sembari menarik kotak berisi keripik goreng.

Ahmad Yunus sendiri tinggal di Batujajar, Bandung Barat. Ia punya istri dan seorang anak yang masih berumur tiga bulan.

2 dari 5 halaman

Ahmad Yunus © Diadona

Keripik yang dijual Yunus bukanlah buatannya sendiri. Sang ibu biasanya membeli keripik itu dari bandar di Tasikmalaya, kemudian dibungkus untuk dijualnya secara eceran.

Baru, keripik yang sudah diecer dikirimkan ke Bandung lewat bis untuk dijual oleh Ahmad Yunus. Biasanya, Yunus mengambil keripik itu di terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung dengan menggunakan motor roda tiga.

Kemudian, motornya itu Yunus titipkan di terminal sementara ia menjajakan dagangannya dengan keliling kota Bandung.

3 dari 5 halaman

Tak Ingin Mengemis

Belum lama ini, Ahmad Yunus sempat berkunjung ke rumah salah satu anggota DPR RI Dedi Mulyadi di Purwakarta. Pria ini hanya ingin membuktikan bahwa disabilitas nggak harus jadi pengemis yang meminta-minta.

Seperti yang kita tahu, Dedi Mulyadi sempat memarahi satu keluarga pengemis karena kembali meminta-minta meski sudah diberi bantuan uang maupun pekerjaan. Salah satu yang membuat anggota DPR ini marah yakni ada anggota dari keluarga yang masih muda tapi pemalas.

4 dari 5 halaman

Kemarahan Dedi yang diunggah di channel YouTube miliknya itu kemudian viral. Menurut Dedi, Ahmad Yunus menonton video itu dan memutuskan mengunjungi Dedi untuk membuktikan bahwa seorang disabilitas juga bisa mandiri asal mau berusaha.

Anggota DPR ini juga mengaku kagum dengan sikap Ahmad Yunus yang nggak pantang menyerah di tengah keterbatasannya.

5 dari 5 halaman

" Jadi saya punya kekaguman khusus pada Ahmad Yunus ini karena dalam keterbatasan yang sangat luar biasa, dia memperlihatkan diri mampu melebihi orang normal," ucap Dedi Mulyadi yang dikutip dari Kompas.

Salut banget ya dengan kegigihan dan kerja keras Ahmad Yunus. Semangat dan sehat selalu ya buat Yunus.

Beri Komentar