Petualangan Sherina 2 Mulanya Proyek Iseng-Iseng, Mira Lesmana Bongkar Deretan Fakta Menarik!

Reporter : Nasa
Senin, 28 Agustus 2023 18:34
Petualangan Sherina 2 Mulanya Proyek Iseng-Iseng, Mira Lesmana Bongkar Deretan Fakta Menarik!
Siapa sangka kalau film anak legendari ini awalnya cuma proyek iseng-iseng...

Akan tayang di penghujung tahun 2023, produser Petualangan Sherina, Mira Lesmana ungkap deretan fakta menarik. Bersama Riri Riza, Mira menggarap proyek film anak legendaris yang terus dikenang hingga kini.

Sebelum menggarap Petualangan Sherina, Mira bersama sutradara Riri Riza baru saja merilis sebuah film independen berjudul Kuldesak tahun 1998. Sayangnya, film tersebut tak memiliki performa baik di bioskop, karena lesunya minat film pasca reformasi.

"Sebelum Petualangan Sherina itu kami sempat membuat film independen dengan judul Kuldesak," ungkap Mira Lesmana seperti dikutip dari laman CNN Indonesia, Senin (28/08/2023).

"Tapi, waktu itu cuma diputar di tiga bioskop. Jadi, memang susah sekali," lanjutnya.

1 dari 4 halaman

Petualangan Sherina 2 © Diadona

Hal tersebut membuat Mira tercetus ide untuk membuat sebuah film yang bisa ditonton oleh seluruh lapisan masyarakat. Mira dan Riri masih ingin menjaga kualitas dan pesan yang terkandung dalam filmnya. Dengan demikian, film anak-anak pun menjadi pilihannya.

Ia berharap saat itu film tersebut bisa membawa angin segar untuk perfilman Indonesia.

" Kami berpikir bahwa film anak-anak adalah yang paling tepat karena kita tidak memiliki sejarah dengan seperti apa film (anak-anak) Indonesia sebelumnya," terang Mira.

2 dari 4 halaman

Proyek Iseng-Iseng

Lebih lanjut, Mira mengakui ide tersebut menghadapi berbagai rintangan. Ia kerap mendapat penolakan dan komentar pesimisme saat menjelaskan ide kepada pihak terkait. Hingga akhirnya Mira bertemu dengan Triawan Munaf yang merupakan ayah dari Sherina Munaf.

Saat itu, Triawan memberikan Mira CD demo rekaman Sherina yang disebutnya sebagai sebuah " proyek iseng-iseng" .

Mira terkesan dengan demo yang diberikan oleh Triawan, terutama setelah mengetahui komposer Elfa Secioria menjadi sosok di balik produksinya.

" Ini maksudnya cuma gitu-gitu aja, bagaimana ya, mas? Ini bagus banget," kata Mira mengulang percakapannya dengan Triawan.

3 dari 4 halaman

Nah, setelah itu, Mira bertemu dengan Sherina. Ia bahkan mengerjakan beberapa video klip lagu Sherina, seperti Pelangi dan Andai Aku Besar Nanti. Pertemuan dengan Sherina itu menyadarkan Mira bahwa sang penyanyi itu adalah sosok yang dibutuhkan untuk melengkapi ide film anak-anaknya.

" Saya bilang ke Riri, 'This is it. This is the girl that I think can do it with us!'" ucap MIra kepada Riri Riza setelah pertemuan pertama dengan Sherina.

" Dan bapaknya, Mas Triawan Munaf, juga sangat bersemangat dan bilang, 'Let's go!'" sambungnya.

4 dari 4 halaman

Biaya Tembus 2 Milyar

Rencana film Petualangan Sherina pun berlanjut setelah menggandeng Sherina Munaf sebagai mendapatkan pemeran utama. Mira mengungkapkan untuk mewujudkan ide ceritanya tersebut membutuhkan biaya produksi yang sangat besar.

" Rp2 milyar waktu itu kan gede banget ya," ungkap Mira.

Biaya produksi yang besar itu juga sempat diragukan oleh pihak perfilman karena khawatir film tersebut tidak bakal untung. Namun, Mira tetap optimistis filmnya akan laris manis.

Mira baru mengetahui bahwa akhirnya film Petualangan Sherina mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat ketika menggelar konferensi pers pertama di kota Bandung.

" Ternyata, semua wartawan yang ada di situ bilang kalau antrean sangat panjang," tutur produser berusia 58 tahun itu.

" Akhirnya kami datangi ke Bandung Indah Plaza dan benar kalau antreannya ternyata sampai melingkar-lingkar," imbuhnya.

Lebih dari dua dekade setelahnya, Sherina Munaf dan Sadam (Derby Romero) akan bereuni melalui film Petualangan Sherina 2. Petualangan Sherina 2 juga menjadi ajang reuni keduanya dengan Mira Lesmana dan Riri Riza.

Wahh menarik banget ya latar belakangan pembuatan film Petualangan Sherina 2, Diazens. Film ini sendiri dijadwalkan akan tayang di bioskop pada 28 September 2023 mendatang. Jadi gak sabar nungguin ya. Gimana nih Diazens kalau menurut kalian?

Beri Komentar