Penyebab Tsunami Aceh, Ilmuwan Ungkap Gempa Berkekuatan Ribuan Bom Atom Hiroshima

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 11 September 2020 22:58
Penyebab Tsunami Aceh, Ilmuwan Ungkap Gempa Berkekuatan Ribuan Bom Atom Hiroshima
Penyebab tsunami Aceh adalah karena pergeseran lempeng Bumi yang paling besar.

Penyebab tsunami Aceh juga menyebabkan tsunami di beberapa negara di Asia Selatan dan Tenggara pada Desember 2004 lalu. Tsunami ini menewaskan sekitar 220 ribu orang di belasan negara, dengan jumlah paling besar berada oleh Indonesia.

Dalam informasi internasional, tsunami ini disebut dengan Tsunami Samudera Hindia 2004 sesuai dengan nama laut yang mengalami pasang. Selama tujuh jam dari tsunami pertama, serangkaian gelombang laut yang sangat besar, menghancurkan wilayah pesisir hingga Afrika Timur. Beberapa lokasi melaporkan kalau gelombang mencapai ketinggal 9 meter lebih saat menghantam garis pantai.

1 dari 3 halaman

Penyebab Tsunami Aceh 2004

Penyebab Tsunami AcehPenyebab Tsunami Aceh © 2020 shutterstock.com/Frans Delian


Di tanggal 26 Desember 2004, pukul 07.59 waktu setempat, gempa berkekuatan 9.1 terjadi di lepas pantai Aceh. Dikutip dari Do Something, gempa ini memiliki kekuatan setara dengan energi 23 ribu bom atom Hiroshima, yang akhirnya jadi penyebab tsunami Aceh.

Penyebab tsunami Aceh ini karena gempa yang berasal dari patahan megathrust, di mana lempeng samudera yang berat menunjam di bawah lempeng benua yang lebih ringan.

2 dari 3 halaman

Ilmuwan Pecahkan Misteri Penyebab Tsunami Aceh

Penyebab Tsunami AcehPenyebab Tsunami Aceh © 2020 shutterstock.com/Frans Delian

Ilmuwan akhirnya mengetahui apa penyebab tsunami Aceh 16 tahun yang lalu itu. 

Dikutip dari History, gempa penyebab tsunami Aceh ini menghasilkan bentangan 1.450 km di sepanjang lempeng India dan Australia, dan berada pada 80 km di dasar laut. Ini adalah patahan terbesar di dunia dan semuanya berada di bawah air. Dan bukan cuman satu guncangan hebat, tapi gempa ini berlangsung selama 10 menit tanpa henti dan melepaskan tenaga terpendamnya.

Dalam prosesnya, sebagian besar dasar laut didorong ke atas sekitar 30 sampai 40 meter. Bayangin aja seperti menjatuhkan kerikil terbesar ke dunia di Samudera Hindia, di mana riaknya seukuran pegunungan dan memanjang ke segala arah.

Ombak yang terjadi pada tsunami Aceh ini nggak sama kayak ombak gaya selancar yang biasa kita lihat dan bayangkan ya. Faktanya, ini memang gelombang, tapi saat kejadian, ombak penyebab tsunami Aceh ini nggak akan terlihat seperti gelombang. Ini akan terlihat seperti lautan yang berubah menjadi sungai putih dan membanjiri semua yang melewatinya.

Setelah terperangkap di air yang mengamuk, kalaupun korban nggak terperangkap oleh air, maka puing-puinglah yang membuat mereka akhirnya meninggal. Inilah penyebab tsunami Aceh merenggut banyak korban jiwa.

Saat gempa, banyak yang meninggal namun lebih banyak pula yang luka-luka. Dan tsunami bertindak sebaliknya, di mana hampir nggak ada yang terluka karena sulit untuk bertahan hidup dalam terjangan tsunami.

Kota Banda Aceh terletak di ujung utara Pulau Sumatera adalah yang paling dekat dengan pusat gempa. Gelombang pertama muncul cuman sekitar 20 menit setelah gempa. Penyebab tsunami Aceh bisa memakan banyak korban karena memang kengerian yang ditimbulkan akibat gempa. Batangkan, ada gunung air setinggi 30 meter yang menghantam kota dengan penduduk 320 ribu jiwa.

Dalam waktu singkat, tsunami menewaskan 100 ribu laki-laki, perempuan dan juga anak-anak di Banda Aceh.

3 dari 3 halaman

Penyebab Terjadinya Tsunami Aceh 2004

Penyebab Tsunami AcehPenyebab Tsunami Aceh © 2020 shutterstock.com/3777190317

Gempa penyebab tsunami Aceh juga menyebabkan tsunami dahsyat di berbagai wilayah di sekitar Samudera Hindia.

Penyebab tsunami di Aceh juga menyebabkan gelombang di Thailand. Gelombang berjalan dengan kecepatan tinggi. di provinsi Phang Nga dan Phuket satu setengah jam kemudian. Terlepas dari selang waktu, penduduk lokal dan turis sama sekali nggak menyadari kehancuran yang akan segera terjadi.

Laut yang surut malah membuat mereka penasaran trs berkeliaran di bibir pantai, lalu tak lama kemudian dikejar oleh tsunami. Penyebab tsunami Aceh ini menyebabkan korban tewas hampir 5400 termasuk 2000 turis asing.

Satu jam kemudian, di seberang Samudera Hindia, ombak kemudian menghantam pantai tenggara India di dekat kota Chennai, menewaskan 10 ribu orang. Korban paling banyak terjaid pada wanita dan anak-anak karena pria banyak yang sedang perhi memancing. Tapi terjadi kerusakan di negara pulau Sri Lanka, di mana lebih dari 30 ribu orang tersapu ombak dan ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggalnya.

Saking hebatnya bencana ini, gempa penyebab tsunami Aceh ini juga memakan korban di Afrika Selatan, delapan ribu kilometer dari pusat gempa.

Penyebab tsunami Aceh adalah gempa besar dan salah satu yang dahsyat yang pernah tercatat.

Beri Komentar