Penyebab Aleppo Jadi Sasaran Serangan dalam Perang Suriah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 16 Agustus 2020 23:20
Penyebab Aleppo Jadi Sasaran Serangan dalam Perang Suriah
Perang saudara berkecamuk di Suriah, tapi apa penyebab Aleppo menjadi bagian yang penting dalam tragedi ini?

Penyebab Aleppo menjadi bahan pemberitaan yang besar terkait perang di Suriah, terjadi karena banyak hal.

Pertempuran di Aleppo sering digambarkan sebagai mikrokosmos dari seluruh perang saudara di Suriah karena semua fraksi regional saling berperang di kota itu. Pemberontakan Syrian, Isil, Kurdi, Rusia dan pasukan rezim Suriah semuanya hadir di dalam dan di sekitar Aleppo.

Dikutip dari BBC, Aleppo menjadi medan pertempuran utama antara pasukan presiden Bashar al-Assad dan para pemberontak yang ingin menggulingkannya. Perang saudara ini berlangsung selama kurang lebih lima tahun.

1 dari 4 halaman

Penyebab AleppoPenyebab Aleppo © 2020 shutterstock.com/Fishman64

Tapi, apa penyebab Aleppo begitu dikenal?

Sebelum perang berkecamuk, Aleppo dulunya adalah kota terbesar di Suriah dengan penduduk sekitar 2,3 juta. Kota ini merupakan tempat utama negara untuk segala industri dan keuangan. Singkatnya, ini adalah kota yang sangat penting untuk sistem perekonomian.

Ditambah, Aleppo memiliki situs warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO. Artinya, kawasan ini sangat penting bagi sejarah dan juga budaya.

Nah, konflik di Suriah sendiri sebenarnya dimulai di sebuah kota di bagian selatan Suriah, yakni Deraa. Namun pertempuran akhirnya mencapai Aleppo di bulan Juli 2012, menjadikannya sebagai salah satu medan pertempuran utama dalam perang saudara.

2 dari 4 halaman

Penyebab Tragedi di Aleppo

Penyebab Perang SuriahPenyebab Perang Suriah © 2020 shutterstock.com/thomas koch

Secara umum, ini semua terjadi akibat perang saudara di Suriah. Tapi apa penyebab Aleppo dan serangan di sana menjadi kejadian yang penting dalam konflik ini?

Mengutip Washington Post, Aleppo adalah pusat ekonomi utama bagi pemerintah Damaskus sebelum perang, dan perebutannya sangat penting bagi tujuan Presiden Bashar al-Assad untuk membangun kembali kendali penuh atas negara itu.

Pertempuran di Aleppo menjadi bukti kemampuan siapakah yang paling tangguh. Bila pasukan sekutu pemerintah gagal merebut kota itu, maka kemampuan mereka untuk memenangkan perang jadi dipertanyakan. Hal itu juga akan memperkuat posisi para pejuang militan Islam dalam oposisi bersenjata, yang telah memainkan peran penting dalam pertahanan daerah tersebut.

3 dari 4 halaman

Penyebab Aleppo Diserang

Penyebab Perang SuriahPenyebab Perang Suriah © 2020 shutterstock.com/huseyin ozdemir1

Penyebab Aleppo menjadi tajuk khusus dalam peperangan Suriah karena kota tersebut terbagi menjadi dua. Serangan mematikan terjadi di kota tersebut.

Distrik timur yang dikuasai oleh pemberontak menjadi sasaran pengepulag. Sebanyak 250 ribu penduduk kekurangan makanan, obat-obatan dan bahan bakar. Jalan-jalan telah hancur, dan baru-baru ini, serangan udara Rusia terjadi. Area tersebut sekarang lebih menyerupai gurun.

Sementara itu, di Aleppo barat, pemerintah berkuasa. Warga sipil juga mengalami kekurangan, meski nggak terlalu parah.

Pertempuran selama empat tahun di Aleppo sering disebut sebagai Stalingrad Suriah, yakni perang gesekan yang kemenangannya akan menjadi simbolis dan strategis dalam konflik multi-front yang kompleks.

4 dari 4 halaman

Penyebab Perang Aleppo

Penyebab AleppoPenyebab Aleppo © 2020 shutterstock.com/Dima Moroz

Tak bertemunya kesepakatan antara dua belah pihak ini jadi penyebab Aleppo tak henti-hentinya mengalami kehancuran. Utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengusulkan agar pemberontak meninggalkan Aleppo timur melalui pintu keluar yang aman. Sementara pemerintah dan pasukan Rusia harus menghentikan serangan. Dewan dari distrik yang dikuasai oposisi bisa mengambil kendali atas daerah tersebut.

Tapi sayangnya, pemerintah Suriah dengan tegas menolak perjanjian ini. Menurut seorang Menteri, merebut kembali Alepoo secara penuh sekarang ini adalah priorotas utama serangan militer.

Dengan solusi diplomatik yang tak berujung, maka kemudian perhatian dialihkan ke medan perang. Dan ada kemungkinan bahwa militer Suriah bisa merebut Aleppo, kota besar terakhir di mana pemberontak memiliki kehadiaran yang nyata.

Penyebab Aleppo menjadi kota yang sangat penting karena itu adalah puncak pertempuran selama bertahun-tahun.

Beri Komentar