Penuh Perjuangan, Ini Kisah Cucu Disabilitas yang Dirawat oleh Nenek Lumpuh

Reporter : Mila
Jumat, 20 Agustus 2021 07:57
Penuh Perjuangan, Ini Kisah Cucu Disabilitas yang Dirawat oleh Nenek Lumpuh
Dengan keterbatasan kondisi, nenek ini tetap merawat cucunya.

Kasih sayang seorang nenek atau kakek pada cucunya sangat besar, serupa dengan yang diberikan kepada anak-anaknya. Dalam kondisi apapun, mereka akan melakukan segala hal demi menjaga sang cucu.

Terlebih lagi, kalau sang cucu mengalami keterbatasan. Ini pula yang terjadi pada anak disabilitas satu ini. Diketahui ia hanya mampu mengandalkan nenek dan juga kakeknya.

1 dari 3 halaman

Susanti Anak Penyandang Disabilitas

Penuh Perjuangan, Ini Kisah Cucu Disabilitas yang Dirawat oleh Nenek Lumpuh © Diadona

Susanti adalah salah satu dari banyak anak yang menjadi penyandang disabilitas. Sejak lahir Susanti sudah memiliki kedua tangan dan kaki yang tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Tak hanya itu, mulutnya pun juga tidak dapat berfungsi seperti anak pada umumnya. Sampai saat ini, diketahui Susanti tidak bisa berbicara dengan jelas. Keterbatasan itulah yang membuat Susanti tidak bisa beraktivitas layaknya anak seusianya pada umumnya.

" Sampai makan pun kalau tidak di kasih makan sama kakek dan Neneknya, Susanti tidak bisa makan," mengutip keterangan dalam postingan akun Instagram @rumahyatim.

2 dari 3 halaman

Nenek yang Lumpuh

Penuh Perjuangan, Ini Kisah Cucu Disabilitas yang Dirawat oleh Nenek Lumpuh © Diadona

Mirisnya, sang nenek yang merawat Susanti juga tidak dalam keadaan sehat. Diketahui ia mengalami kelumpuhan.

Tapi, keterbatasan itu bukan alasan sang nenek untuk menelantarkan cucunya. Ia tetap merawat cucunya dengan penuh kasih sayang. Terlebih dengan adanya fakta bahwa sang cucu kini sudah tak mempunyai orang tua.

" Nenek enggak sanggup rawat Susanti, tapi apa daya nenek harus merawat dan membesarkan Susanti," melansir Instagram @rumahyatim.

3 dari 3 halaman

Kakek yang Bekerja Serabutan

Penuh Perjuangan, Ini Kisah Cucu Disabilitas yang Dirawat oleh Nenek Lumpuh © Diadona

Selain keterbatasan fisik, kehidupan kakak-nenek dan cucunya ini juga diuji dengan kesulitan ekonomi. Sang kakek di usia senjanya harus tetap berjuang mencari rezeki untuk menghidupi keluarga.

Menurut info yang ada kakek itu bekerja serabutan di lahan orang demi bisa memberikan makan bagi istri dan Susanti. Pendapatan yang diperoleh pun terbilang jauh dari kata cukup.

" Penghasilan nya tidak bisa di tentukan , adapun kalau dapat upah paling sebesar 30.000 perhari. Kalau ada lahan yang harus di garap," ungkap sang kakek.

Kita sama-sama berdoa ya, semoga kakek, nenek, dan Susanti bisa dipermudah rejekinya dan diberikan kesabaran. Aamiin!

Beri Komentar