Pengertian Toleransi Beragama dalam Islam Serta Antar Umat Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 22 Juni 2020 12:07
Pengertian Toleransi Beragama dalam Islam Serta Antar Umat Menurut Para Ahli
Pengertian toleransi diartikan sebagai kepercayaan antar sesama yang bertentangan dengan diri sendiri.

Bagi masyarakat Indonesia, pengertian toleransi memiliki makna yang cukup luas. Sebab, definisi dari toleransi bisa dilihat dari beberapa aspek, mulai pendapat dari para ahli hingga aspek bahasa.

Selain itu, toleransi menjadi salah satu hal yang sering kali diperbincangkan saat membahas isu SARA. Sehingga, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, toleransi menjadi semacam sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Nah, supaya kamu bisa memahami lebih jauh tentang pengertian toleransi, simak ualasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Pengertian Toleransi Beragama

Pengertian Toleransi © Diadona

Seperti yang diketahui, Indonesia dikenal sebagai negara yang demokrasi, berbudaya, dan beragama. Sehinggga untuk menyatukan banga dan negara yang baik, tentunya setiap individu harus memiliki sikap toleransi yang tinggi. Salah satunya adalah toleransi dalam beragama.

Yang dimaksud dengan pengertian toleransi beragama ialah sikap individu dalam menghargai dan menghormati keyakinan individu lainnya yang berbeda, serta mengedepankan asas-asas kemanusiaan bukan pada keyakinan.

Sehingga, untuk mendorong terjadinya toleransi beragama secara maksimal adalah sebagai berikut:

1. Memperkuat dasar-dasar toleransi antar umat beragama, dengan pemerintah.
2. Menciptakan suasana kehidupan beragama yang kondusif dalam rangka penghayatan agama.
3. Melakukan pendalaman nilai-nilai spiritual yang implementatif bagi kemanusiaan
4. Menyadari bahwa perbedaan adalah suatu realita dalam kehidupan bermasyarakat.

2 dari 4 halaman

Pengertian Toleransi dalam Islam

Pengertian Toleransi © Diadona

Dalam Islam, toleransi dikenal dengan istilah " tasamuh" , yang berasal dari kata “ sa-ma-ha”, yang artinya tasahul (kemudahan).

Selain itu, dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dari sahabat Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda, “ Agama manakah yang paling dicintai oleh Allah?” Maka beliau bersabda, “ Al-Hanifiyyah As-Samhah (yang lurus lagi toleran).”

Sehingga, dari itulah dasar pengertian toleransi dalam Islam, bahwa Islam membiarkan umat lain untuk beribadah dan berhari raya tanpa mengusik satu sama lain.

Lalu, bagaimana toleransi yang diajarkan oleh Islam? Berikut uraiannya.

1. Islam mengajarkan untuk menolong siapa pun, tanpa melihat status dari orang tersebut.
2. Tetap menjalin hubungan pada orang tua atau saudara yang non muslim.
3. Boleh memberi hadiah pada kerabat yang non muslim.

3 dari 4 halaman

Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli

Pengertian Toleransi © Diadona

Untuk lebih memahami sikap toleransi, berikut ini adalah pengertian toleransi menurut beberapa ahli yang bisa kamu pelajari:

1. Max Isaac Dimont

Pengertian toleransi menurut Max Isaac Dimont, sikap menghormati dan menghargai setiap tindakan orang lain yang tidak menyimpang dari norma-norma yang berlaku.

2. W.J.S Purwadarmita

Menurut W.J.S Purwadarmita, pengertian toleransi adalah sikap menghargai pendapat, dan kepercayaan lain yang berbeda dengan pendirian diri sendiri.

3. Djohan Efendi

Toleransi adalah sikap menghargai adanya perbedaan antar setiap individu, mulai dari perbedaan agama, suku, dan lainnya.

4. Friedrich Heiler

Sedangkan menurut Friedrich Heiler, toleransi merupakan sikap seseorang yang mengakui adanya pluralitas agama dan menghargai setiap pemeluk agama tersebut.

4 dari 4 halaman

Pengertian Toleransi Antar Umat Beragama

Pengertian Toleransi © Diadona

Banyak sekali perbedaan dan keberagaman yang sering kamu temukan di sekitarmu. Apalagi kita hidup dan tinggal di Negara Indonesia, negara yang memiliki semboyan “ Bhinneka Tunggal Ika; Berbeda-beda tetapi tetap satu jua.”

Sehingga, untuk menjadikan negara yang aman dan damai, sangat di perlukan dalam menjunjung nilai toleran yang tinggi dalam mewujudkannya. Salah satunya adalah toleransi antar umat beragama.

Pengertian toleransi umat beragama adalah sikap saling menghargai dan menghormati antar umat beragama dan melarang adanya diskriminasi terhadap suatu  minoritas agama tersebut.

Beri Komentar