Pengertian Belajar, Tujuan, dan Manfaat Bagi Anak di Dalam Kehidupan Sehari-hari

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 16 Juni 2020 13:29
Pengertian Belajar, Tujuan, dan Manfaat Bagi Anak di Dalam Kehidupan Sehari-hari
Belajar adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perubahan dalam hidupnya.

Belajar adalah proses yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan pengalaman dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap yang sudah dipelajarinya di kehidupan sehari-hari.

Selain itu, arti belajar adalah psikis yang dilakukan oleh seseorang untuk melakukan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah dan sebelum belajar.

Singkatnya, belajar adalah suatu proses perubahan yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Nah, supaya lebih paham dari definisi belajar, jenis dan tujuannya, langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Hasil Belajar

Belajar adalah © Diadona

Dalam kegiatan belajar di sekolah, tentu setiap siswa mengetahui hasil belajar. Sebab hasil belajar memiliki peranan penting dalan proses pembelajaran.

Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Kemampuan tersebut mencakup aspek efetif, kognitif, dan psikomotorik.

Sehingga secara umum pengertian dari hasil belajar adalah hasil yang dicapai dalam bentuk angka atau skor pada setiap akhir pembelajaran.

2 dari 5 halaman

Menrut Sudjana (2005), tujuan dari hasil belajar adalah untuk mengetahui keberhasilan proses pendidkan dan pelajaran di sekolah, dan menentukan tindak lanjut hasil penilaian, dengan melakukan penyempurnaan dalam program pendidikan.

Sedangkan faktor yang mempengaruhi seorang siswa dalam mencapai nilai belajar adalah sebagai berikut:

1. Faktor Internal

Faktor yang ada pada diri seseorang yang sedang belajar untuk mempengaruhi hasil belajarnya, contohnya seperti faktor jasmaniah dan psikologis.

2. Faktor Eksternal

Faktor yang ada di luar kendali seseorang yang turut mempengaruhi hasil belajar, comtohnya seperti keluarga, sekolah, dan lingkungan.

3 dari 5 halaman

Motivasi Belajar

Belajar adalah © Diadona

Dibalik seorang siswa yang memiliki hasil belajar yang baik, tentunya juga dibutuhkan motivasi supaya siswa tersebut menjadi semangat saat belajar.

Lalu, apa sebenarnya pengertian dari motivasi belajar itu sendiri? Motivasi belajar adalah semangat yang muncul dari siswa atas dasar keinginannya sendiri.

Sedangkan menurut para ahli, motivasi belajar merupakan segala usaha yang dilakukan seseorang dalam kegiatan belajar, untuk mencapai tujuan yang diinginkannya.

Sehingga, motivasi belajar pada siswa bisa dilihat dari karakter yang menyangkut minat, perhatian, dan konsentrasi saat belajar.

4 dari 5 halaman

Prestasi Belajar

Belajar adalah © Diadona

Selama ini orang beranggapan bahwa hasil belajar dan prestasi belajar memiliki makna yang sama. Padahal sebenarnya tidak.

Umumnya, prestasi belajar adalah ukuran keberhasilan siswa setelah mengikuti mata pelajaran tertentu yang ditunjukkan dengan nilai tes, contonya seperti nilai tugas, ulangan, dan raport.

Sehingga untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik, tentu ada beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti faktor internal dan eksternal.

5 dari 5 halaman

Sumber Belajar

Belajar adalah © Diadona

Sumber belajar merupakan kumpulan bahan yang diciptakan dengan sengaja agar memudahkan siswa dalam belajar secara individual.

Menurut Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT), sumber belajar adalah semua sumber yang bisa digunakan untuk memberi kemudahan belajar bagi siswa, seperti pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan lingkungan.

Dengan begitu, manfaat sumber belajar ialah untuk memberikan pengalaman belajar secara langsung, membantu memecahkan masalah pendidikan, memberikan informasi yang akurat, serta merangsang pola berpikir seseorang.

Sedangkan, fungsi dari sumber belajar ialah sebagai berikut:

1. Meningkatkan produktivitas belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik.
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
3. Memberikan informasi dan bahan lebih konkrit.
4. Mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak.

Intinya, sumber belajar adalah  segala sesuatu yang  dimanfaatkan seseorang dalam belajar.

Beri Komentar