Pengertian Relevansi Pendidikan, Prinsip, dan Nilai Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 24 Juni 2020 09:28
Pengertian Relevansi Pendidikan, Prinsip, dan Nilai Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli
Relevansi adalah pengembangan dari kata relevan.

Relevansi adalah hubungan antara dua hal yang saling terkait atau dicocokkan satu sama lain. Sehingga hal tersebut saling berhubungan dengan satu sama lain.

Secara umum, konsep relevansi adalah bagaimana seseorang bisa mencoba untuk menghubungkan satu topik dengan konsep lainnya secara bersamaan dan mempertimbangkan konsep keduanya.

Intinya relevansi adalah sesuatu yang mempunyai kecocokan. Contohnya seperti hubungan keluarga dan pertemanan yang masih ada ikatan keluarga.

Nah, supaya kamu lebih memahami definisi dari relevansi, simak ulasan di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Relevansi Pendidikan

Relevansi adalah © Diadona

Pengertian relevansi pendidikan adalah kecocokan antara kemampuan yang diperoleh melalui jenjang pendidikan dengan kebutuhan pekerjaan.

Singkatnya, relevansi adalah sejauh mana sistem pendidikan bisa menyelesaikan masalah-masalah seperti yang digambarkan dalam rumusan tujuan pendidikan nasional.

Sehingga, kurikulum pendidikan yang digunakan haruslah sesuai dengan tuntutan hidup maupun kebutuhan pekerjaan dalam kehidupan nyata.

Sebab, lulusan pendidikan diharapkan dapat mengisi semua sektor pembangunan yang beraneka ragam seperti sektor produksi, oleh karena itu relevansi pendidikan dianggap penting.

2 dari 5 halaman

Pengertian Relevansi Nilai Informasi Akuntansi

Relevansi adalah © Diadona

Menurut Amir (1993) dalam literatur, suatu angka akuntansi dikatakan relevan nilai kalau mempunyai hubungan yang diprediksikan dengan nilai pasar ekuitas.

Sehingga, tujuan melakukan pengujian relevansi adalah untuk memperluas pengetahuan tentang relevansi dan reliabilitas angka-angka akuntansi.

Pengertian relevansi nilai informasi akuntansi adalah operasionalisasi empiris kriteria relevansi dan reliabilitas. Artinya, angka akuntansi akan relevan, jika mempunyai hubungan yang signifikan dengan harga  saham.

Oleh karena itu, mengapa relevansi adalah dianggap penting, sebab terdapat klaim yang menyatakan bahwa laporan keuangan berbasis kos historis telah kehilangan sebagian besar relevansinya bagi investor.

Akibatnya ada perubahan besar-besaran dalam perekonomian, yaitu dari perekonomian industrial ke prekonomian berteknologi tinggi dan berorientasi jasa.

3 dari 5 halaman

Pengertian Prinsip Relevansi

Relevansi adalah © Diadona

Secara umum, prinsip adalah asas, dasar atau keyakinan. Sehingga dari definisi tersebut, kata prinsip menunjukan pada suatu hal yang penting, mendasar, memiliki sifat mengatur, yang terjadi pada situasi dan kondisi yang serupa.

Dengan begitu, pengertian prinsip relevansi adalah prinsip kesesuaian. Adapun macam relevansi, yakni:

1. Relevansi Internal

Setiap kurikulum yang memiliki keserasian antara tujuan yang harus dicapai strategi yang digunakan serta alat penilaian untuk melihat ketercapaian tujuan.

2. Relevansi Eksternal

Sedangkan, relevansi eksternal berkaitan dengan hubungan antar tujuan, isi, dan proses yang tercakup dalam kurikulum dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.

Sehingga, untuk memenuhi prinsip relevansi ini, perlu dilakukan studi pendahuluan dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan.

4 dari 5 halaman

Pengertian Relevansi Menurut Para Ahli

Relevansi adalah © Diadona

Adapun pengertian relevansi menurut para ahli yang bisa menjadi acuanmu dalam memahami istilah tersebut, diantaranya:

1. Green (1995:16)

Relevansi adalah suatu sifat yang terdapat pada dokumen  yang bisa membantu pengarang dalam memecahkan kebutuhan informasi.

2. Joan M. Reitz

Menurut Joan M. Reitz, relevan adalah sebuah informasi dalam pencarian pada koleksi perpustakaan seperti data bibliografi, yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

5 dari 5 halaman

3. Suharto dan Tata Iryanto

Sedangkan menurut Suharto dan Tata Iryanto, relevansi adalah kesesuaian sesuatu yang diinginkan oleh seseorang.

4. Poerwadarminta

Pengertian relevansi adalah kesesuaian keberadaan sesuatu atau gaya kepemimpinan yang diinginkan oleh suatu kelompok.

5. Ainon Mohd

Relevansi adalah kaitan atau hubungan erat terkait pokok masalah yang sedang dihadapi.

Beri Komentar