10 Jenis Tanaman Bunga Hias Buat yang Ingin Puas Selfie, Tanpa Jauh-Jauh ke Taman Bunga

Reporter : Zaki
Sabtu, 20 Juni 2020 18:24
10 Jenis Tanaman Bunga Hias Buat yang Ingin Puas Selfie, Tanpa Jauh-Jauh ke Taman Bunga
Siap-siap menikmati keindahannya!

Pandemi yang belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir membuatmu yang doyan traveling mulai gelisah. Kerinduan untuk menikmati alam terbuka, salah satunya selfie di tengah padang bunga demi konten medsos mulai memuncak. Eits, jangan nekat bepergian, mending hadirkan keindahan berbagai jenis tanaman hias bunga di rumah.

Selain cocok jadi properti foto, cantiknya warna-warni bunga ini juga bakal bikin kamu makin betah di rumah. Apa saja, sih?

1 dari 10 halaman

Bunga Amarilis

© shutterstock

Jenis tanaman hias bunga amarilis ini awalnya dikenal sebagai hama lahan pertanian jagung, kedelai maupun kacang. Tapi kini bunga bernama latin Hippeastrum kembali viral setelah taman bunga di Yogyakarta sempat rusak parah karena ulah pengunjung yang sibuk selfie.

Kini, tak perlu jauh-jauh traveling, kamu pun bisa menghadirkan bunga amarilis di taman rumah dengan menanam bibitnya. Dihargai Rp 2-3 ribu per bibit, perawatan bunganya pun cukup simpel, hanya perlu rutin disiram, mendapat sinar matahari cukup dan rajin dipupuk.

2 dari 10 halaman

Bunga Matahari

© shutterstock

Pasti sudah nggak asing melihat jenis tanaman hias bunga matahari ini di medsos. Di beberapa taman bunga yang lagi hits, kamu bisa berfoto di tengah hamparan bunga berwarna kuning cerah dengan ukuran yang cukup besar.

Ternyata, kamu pun bisa membawa keindahannya ke dalam kamarmu dengan menanam bunga matahari dari biji alias kuaci yang biasanya dijadikan camilan. Asyiknya lagi, bunga yang bisa mencapai tinggi 4 meter ini nggak membutuhkan banyak perawatan. Cukup sirami tanaman setiap hari dan letakkan di tempat yang banyak terkena sinar matahari hingga memasang pancang untuk membantu bunga tegak berdiri di tengah hembusan angin.

3 dari 10 halaman

Bunga Celosia

© shutterstock

Pesona jenis tanaman hias bunga yang satu ini tak kalah menarik. Sering dibudidayakan dalam taman wisata, bunga celosia ini punya bentuk meruncing ke atas dengan warna yang bervariasi, mulai dari merah, pink, ungu, oranye hingga kuning.

Termasuk tanaman tropis yang tumbuh subur di iklim yang panas, cara menanam dan merawat bunga bernama latin Celosia argentea L. var plumose nggak terlalu sulit. Tinggal disebar saja di atas media tanam lalu taburkan pupuk organik di atasnya hingga tertutup rata.

Perawatannya, cukup semprotkan air hingga tanah tampak lembap dan pastikan tanaman bebas hama baik dari rumput, serangga maupun bekicot. Kalau nggak ada masalah, hanya perlu 4-5 bulan hingga bunga celosia mekar. Begitu layu dan kering, biji-biji yang dihasilkan bisa ditanam lagi, lho.

4 dari 10 halaman

Begonia

© shutterstock

Kalau mencari jenis tanaman hias bunga yang mekar sepanjang tahun, begonia bisa jadi pilihan tepat. Punya warna kelopak cerah seperti merah, pink, kuning dan putih, cara menanam begonia nggak terlalu sulit.

Letakkan tanaman di area yang nggak langsung terkena sinar matahari agar nggak gampang layu. Selain itu, hindari melakukan penyiraman terlalu sering karena bisa bikin akarnya membusuk dan tanaman jadi mati. Kalau punya dana dan waktu lebih, sempatkan untuk melakukan pemupukan untuk memacu pertumbuhan tunas-tunas bunga begonia. Siap selfie deh dengan bunga warna-warni!

5 dari 10 halaman

Bunga Krisan

© shutterstock

Aneka warna jenis tanaman hias bunga yang satu ini sering ditemukan menghiasi taman wisata atau greenhouse yang sengaja dibuka untuk para wisatawan. Bukan hanya warna-warninya yang cantik, bentuk bunga krisan pun beragam seperti pompom, spider, anemone hingga yang mirip bunga daisy.

Kalau mau mencoba menanamnya di rumah, nggak perlu ragu karena caranya sangat mudah. Kamu bisa memilih metode stek atau menanam bijinya dalam pot. Biar bisa tumbuh dengan optimal, letakkan di area yang mendapat banyak sinar matahari dan siram secukupnya. Berbunga hampir sepanjang tahun, rumah jadi tampak makin asri, bisa dapat properti gratis buat foto selfie.

6 dari 10 halaman

Bunga Hortensia

© shutterstock

Disebut sebagai salah satu jenis tanaman hias bunga tercantik di dunia, hortensia mungkin akan mengingatkanmu pada buket pengantin yang bulat dengan warna cantik. Disebut juga sebagai bunga bokor, uniknya warna bunganya bisa berubah sesuai dengan pH tanah. Kalau asam, kelopak bunganya akan berubah menjadi biru, sebaliknya tanah basa akan memicu bunga menjadi berwarna merah muda.

Untuk menanam bunga hortensia, bisa sih pakai biji tapi kini kebanyakan beralih ke stek batang atau kultur jaringan yang menghasilkan bunga lebih cepat dan banyak. Selain tanaman wajib mendapatkan banyak air, tak perlu berlebihan memberikan pupuk yang justru menekan munculnya tunas-tunas bunga.

7 dari 10 halaman

Bunga Marigold

© shutterstock

Walau punya aroma yang kurang sedap, jenis tanaman hias bunga ini banyak dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk beberapa taman wisata yang lagi viral belakangan ini. Untungnya, bunga bernama ilmiah Tagetes erecta ini cukup mudah untuk ditanam dan dirawat, khususnya buat pemula.

Nah, waktu paling tepat untuk menanam bunga marigold ini adalah setelah musim hujan, sehingga tanaman mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup untuk tumbuh dengan subur. Hindari menyiram tanaman secara berlebihan dan singkirkan alat atau hama yang dapat menghambat pertumbuhannya, mulai dari puing batu atau rumput.

8 dari 10 halaman

Bunga Lily Putih

© shutterstock

Jenis tanaman hias bunga yang satu ini sukses jadi favorit banyak orang karena keindahannya. Tapi siapa sangka kalau bunga berwarna putih bersih ini pun punya manfaat kesehatan seperti membantu menyembuhkan bekas luka.

Buat yang ingin menanam bunga lily putih, kamu bisa mendapatkan benihnya dalam bentuk umbi di toko pertanian atau secara online. Sedikit lebih ribet dibandingkan penanaman bunga lainnya, bunga lili putih perlu dijaga kelembapannya, menggunakan mulsa untuk melindungi akarnya, serta rutin diberi pupuk dan dipangkas.

9 dari 10 halaman

Bunga Lavender

© shutterstock

Kamu mungkin sudah nggak asing dengan aroma minyak esensial yang diambil dari bunga lavender. Tapi tampilannya pun nggak kalah cantik saat ditanam dalam pot.

Uniknya, jenis tanaman hias bunga ini nggak hanya berwarna ungu, tapi punya warna putih, biru, hingga kuning. Setelah menanam bibitnya di media tanam yang gembur, lakukan perawatan dengan menghindari penyiraman yang berlebihan, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari dan singkirkan rumput-rumput yang mengganggu pertumbuhannya.

10 dari 10 halaman

Bunga Verbena

© shutterstock

Punya aneka warna cantik, jenis tanaman hias bunga ini punya bentuk kelopak mungil yang bisa menarik kupu-kupu hingga burung pemakan nektar. Cocok ditanam di daerah yang mendapatkan banyak sinar matahari, kamu bisa dengan mudah mendapatkan bibit-bibitnya dan menanamnya dalam pot. Cara merawatnya pun nggak terlalu sulit, pastikan saja media tanamnya tetap gembur, bebas genangan air dan memberi pupuk kandang sebulan sekali.

Di rumah rasa liburan bisa dihadirkan dengan menanam berbagai jenis tanaman hias bunga dengan warna-warna cantik ini. rutin merawatnya, begitu bermekaran kamu pun bisa langsung mengambil ponsel dan menyiapkan pose terbaikmu. Siap selfie dengan bunga-bunga indah ini?

Beri Komentar