Pengertian Milestone pada Bayi, Penyakit, Serta dalam Manajemen Project

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 1 Juli 2020 09:06
Pengertian Milestone pada Bayi, Penyakit, Serta dalam Manajemen Project
Milestone adalah management tools yang sangat berguna dalam perencanaan, schedule, dan pelaporan.

Milestone adalah aktifitas kerja yang tidak disertai durasi waktu, jadi milestone bisa dikatakan sebagai proyeksi waktu pengerjaan.

Selain itu, definisi dari milestone adalah aktivitas yang tidak membutuhkan resources dan durasi, tetapi memiliki arti penting sebab mempengaruhi aktivitas proyek selanjutnya.

Contohnya dari milestone adalah Contract Award. Sehingga, proyek tidak akan bisa dimulai kalau contract tersebut belum ditandatangani dan diserahkan oleh klien kepada kontraktor.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan istilah milestone, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Delayed Milestone

Milestone adalah © Diadona

Kata milestone adalah sebenarnya banyak maknanya, namun untuk yang dimaksud dengan delayed milestone adalah penyakit yang menggambarkan kondisi di mana seorang anak tidak mencapai salah satu tahap pada usia yang diharapkan, seperti berjalan atau berbicara.

Namun, dalam kebanyakan kasus, berbagai usia dapat dianggap normal, dan bukan penyebab masalah medis. Sebab ada beberapa penyebabseperti masalah genetik, masalah selama kehamilan atau kelahiran dan kelahiran prematur.

Selain itu penyebab delayed milestone adalah masalah selama masa bayi atau masa kanak-kanak mengalami infeksi atau cedera kepala. Sehingga, kalau anak kamu mengalami hal ini, adapun perawatan yang dilakukan untuk delayed milestone adalah dengan fisioterapi.

Hal ini bertujuan untuk membantu kemandirian dan kemampuan anak dalam mencapai aktifitas dengan menggunakan permainan dan kegiatan.

2 dari 4 halaman

Project Milestone

Milestone adalah © Diadona

Salah satu pendekatan yang bisa dipakai dalam mementukan bagian pekerjaan untuk kontrak yang tidak sederhana adalah dengan menggunakan milestone. Project milestone adalah akhir dari sebuah tahapan yang menandakan sebuah fase kerja telah selesai.

Adapun kriteria yang harus dipenuhi untuk menciptakan milestone adalah sebagai berikut:

1. Measurable, artinya terukur. Fungsinya untuk menentukan apakah tahapan tersebut bisa dinyatakan selesai atau tidak selesai.
2. Timely, yang ditentukan tanggal awal dan tanggal akhir penyelesaian.
3. Attainable, dapat diselesaikan kurun waktu yang tersedia.
4. Assignable, bisa ditentukan pada bagian yang bertanggungjawab atas pencapaian milestone.
5. Significant, artinya ruang lingkup milestone tidak terlalu kecil sehingga tidak terlalu banyak milestone yang harus dibuat.
6. Progressive, pencapaian suatau milestone adalah awal dari pelaksanaan milestone berikutnya.

3 dari 4 halaman

Dengan begitu, maka dapat diartikan bahwa milestone  sebagai tahapan antara sebelum terwujudkan keseluruhan output dari sebuah kontrak.

Lalu, apa saja milestone dalam sebuah project? Berikut contoh dari milestone secara umum, yakni:

- Site Survey
- Ready for start up
- Mechanical completion
- Discipline acceptance
- P&ID approved
- Initial facility handover
- Final acceptance, etc.

4 dari 4 halaman

Milestone Bayi

Milestone adalah © Diadona

Dalam bahasa Indoneia, milestone diterjemahkan sebagai tonggak sejarah. Sedangkan, kalau milestones bayi adalah masa tumbuh kembang anak sejak masih dalam kandungan hingga mulai masuk sekolah dan hanya terjadi sekali seumur hidup.

Sehingga, tahapan tumbuh kembang ini bisa menjadi referensi bagi kamu sebagai orangtua untuk memahami sudah sejauh mana pencapaian kemampuan anak sesuai usianya.

Sebab, pada dasarnya setiap anak memiliki keunikan masing-masing sehingga pencapaian tahap tumbuh kembang anak bisa berbeda dengan yang lainnya.

Meski berbeda-beda dan unik, para ahli sudah membuat rentang batas normal dalam tahapan tumbuh kembang anak. Sehingga, selama anak masih berada dalam rentang batas normal, kamu tidak perlu cemas ya, Moms.

Intinya, milestone adalah suatu peristiwa yang menandai penyelesaian dalam sekelompok tugas yang berhubungan pada tahap dari project.

Beri Komentar