Organisme yang Hanya Memiliki Satu Sel Dinamakan Organisme?

Reporter : Nasa
Selasa, 22 Februari 2022 09:31
Organisme yang Hanya Memiliki Satu Sel Dinamakan Organisme?
Mari simak ulasan jawaban dari pertanyaan tersebut berikut ini..

Organisme yang hanya memiliki satu sel dinamakan organisme Uniseluler. Jenis organisme yang satu ini merupakan yang paling sering ditemukan di muka bumi selain organisme multiseluler.

Lebih lanjut, yang juga perlu kamu ketahui, organisme sendiri terdiri dari tiga jenis. Pertama adalah organisme uniseluler, organisme multiseluler, dan juga organisme transgenik.

Organisme sendiri merupakan makhluk hidup yang didalamnya terdiri dari berbagai komponen yang saling terhubung dan bekerja sama antara komponen yang satu dengan lainnya untuk mencapai tujuan bersama.

1 dari 4 halaman

Secara istilah, organisme berasal dari bahasa Yunani yaitu 'organimos' atau 'organon' yang artinya menerapkan, alat, instrument, organ akal, serta kekhawatiran.

Penggunaan istilah organisme kemudian pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada tahun 1703 yaitu di Oxford English Dictionary. Kata organisme langsung berhubungan dengan istilah organisasi.

Seiring dengan berjalannya waktu, istilah organisme dikenal secara luas dan kemudian dikenal sebagai perakitan molekul yang berfungsi secara menyeluruh yang di dalamnya menunjukkan sifat-sifat kehidupan.

Lebih lanjut, organisme mencakup semua makhluk hidup yang bereaksi terhadap rangsangan, tumbuh, bereproduksi, dan juga mempertahankan homeostatis atau regulasi sendiri.

Ciri-ciri organisme :

  • Memerlukan makanan atau nutrisi
  • Bergerak
  • Bernafas
  • Berkembang biak
  • Tumbuh
  • Peka terhadap rangsangan
  • Beradaptasi dan memiliki susunan kimia
  • Mengeluarkan zat sisa

2 dari 4 halaman

Organisme yang Hanya Memiliki Satu Sel Dinamakan dengan?

Organisme yang hanya memiliki satu sel dinamakan organisme uniseluler. Selain uniseluler, juga terdapat dua jenis organisme lainnya yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah jenis-jenis organisme.

Organisme Uniseluler

Organisme yang Hanya Memiliki Satu Sel Dinamakan Organisme © Diadona

Makhluk hidup yang termasuk uniseluler merupakan jenis yang mempunyai sel tunggal, lebih sederhana, dan lebih kecil dibandingkan dengan jenis multisel. Organisme uniseluler menjalankan semua tugasnya dalam satu sel.

Contoh organisme uniselulerantara lain, Amoeba, Paramecium, Bakteri, Cynobacteria. Ciri-ciri yang dimiliki oleh organisme uniseluler antara lain: mempunyai bentuk tubuh yang tidak kasat mata, mikroskopis atau bentuknya hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop.

Meski demikian, ada juga organisme uniseluler yang ternyata bisa Anda lihat meskipun dengan mata telanjang.

3 dari 4 halaman

Organisme Multiseluler

Jenis organisme multiseluler adalah organisme yang mempunyai banyak dan selnya bersifat kompleks dibandingkan dengan jenis uniseluler. Jenis multiseluler sudah mengalami diferensiasi sel yang memiliki fungsi khusus seperti sel darah merah atau putih, sel saraf, sel otot, dan lain-lain yang semuanya menjalankan fungsi yang berbeda-beda.

Semua yang tergolong ke dalam organisme multiseluler adalah yang berasal dari Plantae dan juga Animalia seperti ikan, kuda, manusia, harimau, sapi, ular, dan lain sebagainya. Sementara itu, untuk ciri-ciri yang terdapat pada organisme multiseluler adalah sebagai berikut:

  • Jumlah sel lebih dari satu atau banyak
  • Organisme mempunyai ukuran yang besar
  • Struktur tubuhnya sangat kompleks
  • Di dalamnya terdapat banyak organ yang menjalankan tugasnya masing-masing
  • Mempunyai DNA dan inti sel yang terpisah

4 dari 4 halaman

Organisme Transgenik

Organisme transgenik merupakan makhluk hidup yang memperoleh pindahan gen dari makhluk hidup yang lainnya. Gen yang ditransfer tersebut berasal dari spesies atau jenis lainnya misalnya virus, bakteri, hewan, maupun tanaman lainnya.

Nah demikian ulasan jawaban dari pertanyaan " Organisme yang Hanya Memiliki Satu Sel Dinamakan Organisme" yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya. Selamat belajar!

Beri Komentar