Niat Sholat Tolak Bala Lengkap dengan Tata Cara dan Bacaannya

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 13 September 2023 12:40
Niat Sholat Tolak Bala Lengkap dengan Tata Cara dan Bacaannya
Sholat tolak bala ini sudah menjadi tradisi turun temurun di kalngan muslim di tanah Jawa~

Sholat Tolak Bala atau lidaf’il bala adalah sholat sunnah yang bisa kamu lakukan di Rebo Wekasan atau Rabu terakhir di bulan Safar. Selain sunnah, sholat ini sudah menjadi tradisi muslim di tanah Jawa. 

Melansir dari dari laman NU Online, sholat tolak bala sering dilakukan sebagai bentuk amalan pada Rebo Wekasan. Tidak sedikit orang yang menyebutkan jika dalam bulan Safar adalah bulan sial atau bulan nahas.

Lebih lanjut, sholat tolak bala ini baiknya diniatkan shalat Hajat sebagaimana diperbolehkan oleh hukum Islam (syara’). Hikmahnya adalah agar umat Muslim bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala.

Berikut untuk lafadz niat, bacaan, dan juga tata cara sholat tolak bala secara lengkap ya, Diazens!

1 dari 4 halaman

Niat Sholat Tolak Bala

Sebelum melakukan sholat ini, ada baiknya kita mengetahui niat dari sholat tersebut. Berikut untuk niat sholat tolak bala:

أُصَلَّى سُنَّةً لِدَفْعِ الْبَلَاءِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى اللَّهُ

(Ushalli sunnatal lidaf’il bala’i rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala, Allahu Akbar).

Artinya: “ Aku berniat sholat sunnah untuk menolak bala dua rakaat sambil menghadap ke kiblat karena Allah ta’ala, Allahu Akbar”.

2 dari 4 halaman

Tata Cara dan Bacaan Sholat Tolak Bala

Secara umum, tata cara sholat tolak bala ini sama dengan sholat sunnah lainnya. Bedanya, hanya ada di beberapa bacaan khusus seperti surat-surat pendek yang dibaca dan juga doa setelah selesai sholat.

1. Sebelum melaksanakan sholat membaca istigfar

اَسْتَغْفِرُالله الْعَظِيمْ اَلَّّذِيْ لَاإِلَهَ إلاَّ هُوَالْحَىُّ الْقَيُّومُ وَاَتُوبُ إِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمٍ لآيَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّا ولآنَفْعًاوَلآمَوْتًا ولآحَيَاتًا وَلآنُشُورًا

Artinya: “ Saya memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung yang tidak ada Tuhan selain Dia yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Saya mohon taubat selaku seorang hamba yang penuh kedzaliman, yang tidak memiliki terhadap dirinya sendiri baik madarat dan manfaatnya, mati dan hidupnya maupun bangkit nanti”.

2. Baca niat sholat sunah mutlak dua rakaat

أُصَلَّى سُنَّةً لِدَفْعِ الْبَلَاءِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى اللَّهُ

(Ushalli sunnatal lidaf’il bala’i rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala, Allahu Akbar).

Artinya: “ Aku berniat salat sunnah untuk menolak bala dua rakaat sambil menghadap ke kiblat karena Allah ta’ala, Allahu Akbar”.

3. Bacaan surat pendek

Setelah membaca niat. Lanjutkan dengan membaca Al-Fatihah, kemudian membaca surat Al-Kautsar 17 kali, Al-Ikhlas 5 kali, Al-Falaq dan An-Nas sekali setiap rakaat.

3 dari 4 halaman

4. Salam dan membaca doa

الْحَمْدُ للهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيْرِ مِمَّنْ خُلِقَ تَفْضِيلاً, رَبِّي نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Arab latin: Alhamdulillahilladzi 'afânî mimmabtalaka bihi wa fadhdhalani ala katsiri mimman khuliqa tafdhila, rabbî najjinî minal qaumidz dzâlimîn.

Artinya: " Segala puji bagi Allah yang menyelamatkanku dari bala bencana dan mengutamakanku dari banyak makhluk. Ya Allah, selamatkanlah aku dari tindakan orang-orang yang aniaya (zalim)."

Lalu membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ سَلَامَةً فِي الدِّينِ وَعَافِيَةً فِي الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِي الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِي الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ اللَّهُمَّ هَوَنْ عَلَيْنَا فِي سَكَرَةِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Arab latin: Allahumma innaanas 'aluka salamatan fiddiin wa'aafiyatan filjasad wa jizadatan fil'ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan kablalmaut wa rahmatan indalmaut wa magfiratan ba'dalmaut.

Allahumma hawwin 'alaina fii sakaratilmaut wannajaa taminannari wal'afwa 'indalhisaab. Rabbana laa tujighkuluubanaa ba'daizd hadaitanaa wa hablanaa minladunkarahmatan innaka antalwahhab.

" Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada engkau akan keselamatan Agama dan sehat badan, dan tambahnya ilmu pengetahuan, dan keberkahan dalam rizki dan diampuni sebelum mati, dan mendapat rahmat waktu mati dan mendapat pengampunan sesudah mati.

Ya Allah, mudahkan bagi kami menghadapi sakaratul maut, dan selamatkan dari siksa neraka, dan pengampunan waktu hisab."

5.  Sholat sunah mutlak dua rakaat ini dilakukan dua kali.

Jadi, itu ya Diazens niat sholat tolak bala dan juga tata cara serta bacaan lengkapnya. Selamat menunaikan ya!

Beri Komentar