Nama-Nama Planet, Pengertian, Karakteristik, hingga Urutannya dalam Sistem Tata Surya

Reporter : Nasa
Sabtu, 2 Juli 2022 13:16
Nama-Nama Planet, Pengertian, Karakteristik, hingga Urutannya dalam Sistem Tata Surya
Planet-planet di sistem tata surya berikut ini perlu kamu pahami.

Nama-nama planet dalam sistem tata surya beserta karakteristiknya perlu kamu ketahui dan pahami. Setidaknya terdapat delapan planet penyusun tata surya selain Bumi. Mulai dari Merkurius hingga Neptunus.

Menurut info dari laman solarsystem.nasa.gov, langit di tata surya musti memiliki tiga kriteria agar dapat disebut sebagai planet. Mulai dari harus mengorbit bintang hingga harus memiliki gravitasi yang cukup.

  • Planet harus mengorbit sebuah bintang
  • Planet harus cukup besar untuk memiliki gravitasi yang cukup untuk memaksanya menjadi bentuk bola
  • Planet harus cukup besar sehingga gravitasinya membersihkan objek lain dengan ukuran serupa di dekat orbitnya di sekitar matahari

Jadi dapat disimpulkan, definisi planet adalah benda langit yang mengorbit mengelilingi matahari, memiliki massa yang cukup untuk gaya gravitasi sendiri untuk mengatasi gaya benda kaki sehingga mengambil bentuk kesetimbangan hidrostatik (hampir bulat) dan telah membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya.

Lebih lanjut, menurut info dari laman Rumah Belajar Kemendikbud, tata surya adalah kumpulan benda langit. Matahari sendiri disebut sebagai pusat tata surya yang dikelilingi oleh planet-planet, komet (bintang berekor), dan meteor (bintang berpindah).

1 dari 8 halaman

Nama-Nama Planet Tata Surya

1. Merkurius

Nama Nama Planet © Diadona

Nama-nama planet yang pertama ada Merkurius, yang merupakan planet dengan jarak paling dekat dengan matahari. Diameternya sekitar 4.879 km dan jaraknya sekitar 58 km.

Merkurius disebut memiliki suhu yang sangat ekstrim, saat siang hari suhunya mencapai 430 derajat celcius dan saat malam hari mencapai -180 derajat celcius.

Planet ini bergerak mengelilingi matahari dengan cepat, sehingga hanya memerlukan 58 hari untuk satu kali orbit, sedangkan kala rotasinya 59 hari. Merkurius sering disebut bintang fajar karena terkadang terbit dan terlihat saat pagi.

2 dari 8 halaman

2. Venus

Nama Nama Planet - Venus © Diadona

Kemudian ada Venus yang berjarak 108 juta km dari matahari dan merupakan planet paling terang di tata surya. Hal ini disebabkan oleh atmosfernya yang sangat pekat, sebagian besar berupa karbon dioksida dan awan putih karena pembakaran asam sulfat panas.

Ukuran diameter Venus 12.100 km, sedikit lebih kecil dibanding bumi. Planet ini memerlukan waktu 225 hari untuk satu kali orbit mengelilingi matahari, dan 243 hari untuk satu kali rotasi. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi

3 dari 8 halaman

3. Bumi

Nama Nama Planet - Bumi © Diadona

Selanjutnya ada Bumi yang memiliki jarak 149 juta km dari matahari dan memiliki diameter sekitar 12.700 km. Planet ini 71% berupa air dan 29% daratan.

Bumi jadi satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup. Untuk satu kali orbit mengelilingi matahari, Bumi memerlukan waktu 1 tahun (365,25 hari), sedangkan kala rotasinya 24 jam.

Selain itu, Bumi memiliki sebuah satelit alami yang disebut bulan.

4 dari 8 halaman

4. Mars

Nama Nama Planet - Mars © Diadona

Berikutnya ada Mars dengan jarak rata-rata Mars dengan matahari adalah 228 km. Ukurannya dua kali lebih kecil dari bumi, yaitu berdiameter sekitar 6.800 km. Planet Mars mempunyai permukaan berupa batu-batuan yang mengandung besi oksida sehingga Mars disebut juga sebagai planet merah.

Memiliki kutub es dan gunung berapi yang aktif seperti bumi. Kala revolusi terhadap matahari adalah 687 hari, sedangkan kala rotasinya 24,6 jam. Mars memiliki dua satelit yaitu Phobos dan Deimos.

5 dari 8 halaman

5. Jupiter

Nama Nama Planet -  Jupiter © Diadona

Kemudian ada planet Jupiter yang berjarak 778 juta km dari matahari. Jupiter adalah planet terbesar yang ada di tata surya, dengan diameter 142.860 km. Planet ini mempunyai atmosfer yang terdiri dari Hidrogen dan Helium.

Jupiter memiliki cincin yang sangat samar karena sebagian besar berupa kristal halus. Jupiter terdiri atas gas, tetapi tidak memiliki cahaya dan panas tinggi, sehingga disebut bintang yang gagal.

Tak hanya itu, Jupiter juga dijuluki sang penyelamat karena dapat menyedot debu tata surya akibat gravitasinya yang kuat. Akibatnya, Jupiter menarik banyak komet dan asteroid untuk menabraknya dan tidak menabrak planet lain. Kala revolusi Jupiter 12 tahun dan kala rotasinya 9,8 jam. Jupiter mempunyai 63 satelit di antaranya Io, Europa, Ganymede dan Calisto.

6 dari 8 halaman

6. Saturnus

Nama Nama Planet - Saturnus © Diadona

Saturnus memiliki jarak 1.428 juta km dari Matahari. Merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter, dengan diameter 120.000 km. Saturnus memiliki cincin berlapis terdiri dari kristal es yang lebarnya 402.000 km dan tebalnya 15 km.

Kala revolusi planet ini 29,5 tahun dan kala rotasinya 10 jam 36 menit. Mempunyai 62 satelit, salah satunya yang terkenal adalah Titan.

7 dari 8 halaman

7. Uranus

Nama Nama Planet - Uranus © Diadona

Jarak planet Uranus mencapai 2,9 miliar km dari matahari, diameternya mencapai 51.118 km. Uranus disebut sebagai raksasa es terbesar dengan suhu rata-rata -224 derajat celcius. Planet

Uranus berbeda dengan planet lain karena sumbu rotasinya sebidang dengan bidang edarnya. Uranus memiliki kala revolusi 84 tahun dan kala rotasi 17 jam 14 menit.

Planet ini memiliki 27 satelit diantaranya Miranda, Ariel, Umbreil, Titania dan Oberon. Planet Uranus juga ditemukan memiliki cincin tetapi sulit untuk diamati karena ukurannya yang tipis.

8 dari 8 halaman

8. Neptunus

Nama Nama Planet - Neptunus © Diadona

Planet Neptunus kira-kira  berjarak 4,5 miliar km dari matahari dengan diameter 49.600 km. Keadaan planet Neptunus hampir sama dengan Uranus sehingga sering disebut planet kembar. Neptunus mempunyai cincin tetapi sangat tipis.

Kala revolusi Uranus 165 tahun dan kala rotasinya 15 jam 48 menit. Jumlah satelit yang dimiliki sebayak 13 buah di antaranya Triton dan Nereid.

Semoga ulasan Nama-Nama Planet lengkap dengan pengertian, karakteristik dan urutannya kali ini bermanfaat ya. Selamat belajar!

Beri Komentar