12 Nama-nama Zodiak dan Cara Menentukannya Berdasarkan Tanggal Lahir, Beserta Cerita di Baliknya

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 19 November 2021 11:00
12 Nama-nama Zodiak dan Cara Menentukannya Berdasarkan Tanggal Lahir, Beserta Cerita di Baliknya
Nama-nama zodiak adalah bentuk dari ramalan yang berdasarkan pergerakan benda-benda langit. Untuk mencocokkannya dengan manusia adalah dengan menggunakan waktu tanggal lahir.

Nama-nama zodiak adalah salah satu bentuk astrologi yang banyak digunakan oleh banyak orang saat ini untuk membaca nasib atau hanya untuk sebatas senang-senang saja dengan ramalan. Kebiasaan manusia untuk mencoba memahami misteri yang belum terjadi memang sudah ada sejak zaman dahulu, salah satunya yang cukup populer adalah dengan zodiak.

Berbagai nama-nama zodiak tersebut adalah bentuk dari ramalan yang berdasarkan pergerakan benda-benda langit. Untuk mencocokkannya dengan manusia salah satunya adalah dengan menggunakan waktu tanggal lahir.

Singkatnya, dengan berbagai nama-nama zodiak tersebut, kita bisa mengetahui beberapa ramalan tentang hal-hal yang ada di dalam hidup manusia seperti cinta, kesehatan, dan juga hal lainnya. Perkara urusan percaya atau tidak itu hal lainnya, tergantung persepsi masing-masing.

Nah, buat kamu yang ingin tahu, berikut Diadona.id telah merangkum nama-nama zodiak serta cara mengetahuinya berdasarkan tanggal lahir. Nggak hanya itu, di dalam uraian di bawah ini ada juga sedikit cerita-cerita tentang zodiak-zodiak tersebut. Yuks simak bareng-bareng uraiannya.

1 dari 12 halaman

Nama-nama Zodiak

1. Aries (21 Maret - 20 April)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Aries ini adalah nama zodiak buat orang yang lahir di antara 21 Maret - 20 April. Aries sendiri adalah simbol yang berasal dari tokoh mitologi domba jantan berbulu emas yang dapat terbang, yaitu Chrysomallus. Secara sifat, orang yang berzodiak Aries biasanya berani dan ambisius.

Asal mula Aries dijadikan simbol zodiak adalah Peri Awan Nephele mengirimnya untuk menyelamatkan kedua anaknya, Phrixus dan Helle, yang akan dikurbankan kepada para Dewa. Ketika menyelamatkan kedua anak Peri Awan Nephele, salah satunya jatuh dan meninggal. Merasa bersalah, ia terbang ke Surga untuk mengorbankan dirinya sendiri kepada para Dewa. Atas jasanya inilah, Chrysomallus mendapat sebuah tempat di para bintang sebagai konstelasi Aries oleh Zeus.

2 dari 12 halaman

2. Taurus (21 April - 20 Mei)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Nama zodiak atau simbol yang selanjutnya adalah Taurus. Ini adalah salah satu bentuk Zeus yang memang suka menyamar menjadi berbagai wujud. Suatau ketika, ada seorang putri yang bernama Europa yang menarik perhaian Zeus. Zeus menampakkan dirinya dalam bentuk banteng putih yang mengagumkan untuk menarik hati Europa. Europa tertarik dan menaiki banteng tersebut.

Kemudian, keduanya pergi melintasi samudra ke sebuah wilayah di Yunani Kuno. Namun di sana Zeus mengubah dirinya lagi menyerupai elang lalu memperkosa Europa. Atas tindakan dan perselingkuhan tersebut, Zeus meletakkan lambang banteng di antara para bintang-bintang Taurus.

Taurus sendiri adalah zodiak untuk orang yang lahir di antara tanggal 21 April - 20 Mei. Secara sifat, umumnya seorang Taurus sangat menikmati ketenangan dan suka dengan zona nyaman, sehingga jarang berganti-ganti tempat. Mereka juga keras kepala dan kerap tak pikir dua kali saat ambil keputusan.

3 dari 12 halaman

3. Gemini (21 Mei - 20 Juni)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Nama zodiak yang selanjutnya adalah Gemini. Ini adalah simbil zodiak untuk mereka yang lahir di antara tanggal 21 Mei - 20 Juni. Mereka umunya komunikator yang baik dan memiliki banyak teman. Tapi kadang Gemini terkesan menyebalkan karena suka cari-cari perhatian.

Untuk ceritanya sendiri, Gemini adalah simbil anak kembar dalam mitologi Yunani yang bernama Castor dan Pollux. Keduanya adalah anak dari Leda namun dari bapak yang berbeda. Ayah Castor adalah Tyndarus, seorang raja dari Sparta, sedangkan ayah Pollux adalah Dewa Zeus.

Sebagai keturunan Zeus, Pollux adalah sosok yang abadi. Tapi Castor dan Pllux adalah saudara yang kompak dan mempunyai hubungan erta. Hingga kemudian hari, Castor gugur dalam sebuah peperangan. Pollux yang abadi sangat sedih menghadapi kenyataan tersebut. Lalu ia meminta Zeus untuk mencabut keabadiannya namun ditolak.

Pada akhirnya untuk menghormati hubungan tersebut, Zeus membuat mereka berdua bersama selamanya sebagai konstelasi bintang kembar, yaitu Gemini.

4 dari 12 halaman

4. Cancer (21 Juni - 22 Juli)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Orang yang lahir pada 21 Juni - 22 Juli adalah mereka yang mempunyai simbol zodiak Cancer. Umumnya, mereka adalah sosok yang dekat dengan keluarga dan loyal kepada teman-temannya.

Asal mula nama Cancer atau simbol Cancer berasal dari kisah Hercules (Heracles) yang ditugaskan untuk membunuh Lernaean Hydra, seekor ular air dengan ratusan kepala. Hera, istri Zeus yang juga salah satu musuk Hercules, memerintahkan seekor kepiting raksasa untuk turut membantu Hydra melawan Hercules.

Ajaibnya, kepiting raksasa tersebut sempat berhasil membuat Hercules kesakitan luar biasa dengan capitnya, namun Hercules berhasil menghancurkan sang kepiting. Meskipun sang kepiting kalah, Hera tetap merasa bangga terhadapnya dan memberikan tempat di kalangan bintang sebagai Cancer.

5 dari 12 halaman

5. Leo (23 Juli - 22 Agustus)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Kemudian nama zodiak yang selanjutnya, Leo. Leo memiliki kepribadian yang rileks namun punya rasa percaya diri yang besar. Namun, biasanya, kurang bisa bekerja secara maksimal ketika dia berada di bawah pimpinan orang lain.

Simbol zodiak leo ini juga berasal dari cerita Hercules. Leo ini awalnya adalah Singa Namean yang berbulu emas dan memiliki kulit yang tidak dapat ditembus oleh senjata apapun. Singa ini diperntahkan untuk menjegal petualangan Hercules.

Namun, Hercules berhasil membunuh singa Nemea dengan melemparkan potongan kayu ke arah tenggorokannya dan ia mati tersedak. Digunakannya cakar singa untuk merobek kulit singa tersebut, kemudian bulu-bulu singa digunakannya sebagai pakaiannya untuk melindungi dalam perang selanjutnya. Pertarungan yang megah itu membuat Zeus menyediakan tempat kepada singa Nemea di rasi bintang untuk konstelasi Leo.

6 dari 12 halaman

6. Virgo (23 Agustus - 22 September)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Lalu ada nama zodiak Virgo, ini adalah mereka yang lahir di antara 23 Agustus - 22 September. Umumnya mereka adalah sosok yang perfeksiones dan juga memiliki sifat yang sensitif dan cenderung misterius.

Lambangnya adalah seorang putri yang sangat cantik. Putri ini adalah jelmaan putri Astrea dalam mitologi Yunani kuno. Pada waktu itu, ia turun dari langit ke bumi, tetapi ia tak tinggal di bumi karena tidak tahan melihat penderitaan dan kejahatan yang dilakukan manusia di bumi. Maka ia kembali ke langit dan menjelma menjadi bintang.

7 dari 12 halaman

7. Libra (23 September - 22 Oktober)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Terkait nama zodiak atau simbol Lobra ini ada dua versi yang paling populer. Pertama, Libra melambangkan keadilan dan kebenaran. Kisahnya tentang Dewi Keadilan Themis. Dewi Themis adalah ibu dari Dewi Astraea dan letak mereka berdua saling berdampingan pada konstelasi rasi bintang.

Versi ke dua yaitu adalah merupakan simbol dari keadilan. Putri yang menguasai keadilan adalah putri Justicia. Asal-usulnya tidak diketahui secara pasti.

Sesuai dengan lambangnya, mereka yang berzodiak Libra menyukai keseimbangan dan kehidupan yang harmonis. Mereka selalu mencoba untuk menciptakan keseimbangan dalam setiap aspek hidupnya.

8 dari 12 halaman

8. Scorpio (23 Oktober - 21 November)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Nama zodiak scorpio adalah untuk mereka yang lahir pada 23 Oktober - 21 November. Biasanya, mereka selalu bisa menempatkan dirinya dalam berbagai situasi. Juga, loyal dan sangat menghargai persahabatan.

Cerita di balik zodiak Scorpio ini adalah setelah terjadinya cinta segi 4 antara Orion (pemuda yang tampan), Diana (dewi bulan), Venus (dewi kecantikan) dan Aurora (dewi fajar). Karena ketampanan Orion, ia dicintai 3 cewek cantik sekaligus. Karena cemburu kepada kedua saingannya, Diana mengirim kalajengking kepada Orion. Kalajengking itu menggigitnya hingga mati.

Kemudian, Diana menyesal atas perbuatannya dan memohon kepada dewa Zeus agar Orion dijadikan bintang. Karena ia tidak bersalah, maka dewa Zeus mengangkatnya menjadi bintang dalam gugusan bintang scorpio.

9 dari 12 halaman

9. Sagitarius (22 November - 21 Desember)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Simbol, dari Sagitarius adalah makhluk berbadan kuda, berkepala manusia yang sedang memanah. Makhluk ini diberi nama Centaurus. Sebenarnya Centaurus adalah para monster, musuh para dewa dan manusia, kecuali Centaurus bernama Chyron yang adalah sahabat serta guru para dewa dan manusia. Ia mengajarkan cara menggunakan senjata dan memanah dengan baik. Karena jasa inilah Zeus menempatkan Chyron di konstelasi bintang sebagai zodiak Sagitarius.

Mereka yang memiliki nama zodiak atau berzodiak Sagitarius adalah mereka yang lahir 22 November - 21 Desember. Biasanya, mereka adalah sosok yang tak ragu menyuarakan pendapatnya. Mereka juga sosok yang senang petualangan dan cinta kebebasan.

10 dari 12 halaman

10. Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Orang berzodiak Capricorn juga dikenal cerdas dan mampu berpikir jernih saat dihadapkan dalam situasi sulit. Selain itu, biasanya mereka juga mampu mengatur sisi emosional dan materialnya.

Cerita tentang Carpicorn berawal dari Dewa bernama Pan. Suatu hari ia melompat ke air karena menghindar dari monster Phyton. Ketika melompat, Pan mengubah dirinya menjadi hewan. Di permukaan air, badannya berupa kambing dan yang di dalam air berupa ikan. Itulah sebabnya terkadang simbol Carpicorn berupa kambing jantan berjanggut ditambahkan dengan ekor ikan.

11 dari 12 halaman

11. Aquarius (20 Januari - 18 Februari)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Aquarius adalah lambang dari pangeran yang sangat tampan yang bernama Ganymedes. Ia adalah pelayan paling setia dewa Zeus. Tugasnya memang membawakan minuman dewa paling agung.

Ia dijadikan konstelasi bintang untuk zodiak Aquarius setelah ia menuangkan seluruh air, ambrosia, dan anggur yang ada di Olympus. Sehingga terjadi hujan tak berkesudahan di bumi dan terjadilah air bah.

Untuk sifatnya sendiri, orang yang berzodiak Aquarius ini selalu berusaha untuk mengejar passion dan mereka senang mencoba hal baru.

12 dari 12 halaman

12. Pisces (19 Febuari - 20 Maret)

Nama-nama ZodiakNama-nama Zodiak © Freepik.com/@pikisuperstar

Terakhir, ada simbol zodiak Pisces. Pisces ini adalah wujud dari sua ekor ikan yang berjasa membawa dewi Venus (dewi kecantikan) dan dewa Mars (dewa perang) ke sungai Eufrat, waktu mereka dikejar oleh Typhon. Atas hal itu, dia ikan ini dijadikan rasi bintang sebagai zodiak Pisces.

Mereka yang bezodiak Pisces pada umumnya adalah mereka yang nggak akan membiarkan orang lain merasa sedih dan berusaha memberikan pesona yang dia punya untuk membuat orang lain tenang. Tapi hal buruk yang dimiliki Pisces adalah mereka sering merasa khawatir akan banyak hal dan emosinya mudah digoyahkan

Jadi itulah 12 nama zodiak berserta sedikit cerita yang menjadi latar belakang dari simbol zodiak tersebut. Kalau kamu punya referensi lain kamu bisa berbagi di kolom komentar ya!

Beri Komentar