Nama-Nama Lain Gotong Royong dalam Berbagai Daerah di Indonesia

Reporter : Nasa
Selasa, 28 Juni 2022 10:37
Nama-Nama Lain Gotong Royong dalam Berbagai Daerah di Indonesia
Berikut adalah deretan istilah atau nama nama lain gotong royong dalam berbagai daerah di Indonesia..

Gotong Royong menjadi salah satu tradisi yang melekat dengan mayoritas masyarakat di Indonesia. Bahkan ada yang menyebut bahwa gotong royong merupakan salah satu karakteristik dari masyarakat Indonesia.

Selain itu, gotong royong sendiri disebut juga tertuang dalam Pancasila sila ke-3, yakni 'Persatuan Indonesia'. Tak heran jika gotong royong juga menjadi kegiatan yang memberi kontribusi besar terhadap persatuan masyarakat.

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, gotong royong merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama dan memiliki sifat sukarela. Tujuannya adalah mewujudkan berbagai kepentingan masyarakat dengan lebih ringan dan mudah.

1 dari 3 halaman

Tuliskan Nama Nama Lain Gotong Royong dalam Berbagai Daerah di IndonesiaTuliskan Nama Nama Lain Gotong Royong dalam Berbagai Daerah di Indonesia © 2022 Pinterest/ebookanak.com

Kegiatan gotong royong yang paling lazim dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah kerja bakti, pembangunan fasilitas umum, sampai dengan membersihkan lingkungan. Namun belakangan kegiatan gotong royong justru makin jauh dari sistem kehidupan masyarakat perkotaan.

Lebih lanjut, gotong royong diyakini mampu mendatangkan manfaat bagi masyarakat secara umum. Mengutip dari laman Gramedia (27/7/2022), berikut adalah deretan manfaat dari kegiatan gotong royong:

  • Agar lingkungan disekitar kita bisa terlihat lebih bersih, nyaman, serta indah
  • Bisa terjalin rasa solidaritas di dalam lingkungan masyarakat
  • Agar hidup kita di masyarakat menjadi lebih baik dengan adanya gotong royong
  • Kegiatan atau aktivitas umum jadi lebih cepat selesai tanpa perlu mengeluarkan banyak dana dan kas RT/RW. Apabila berupa pembangunan fisik, tentu dengan adanya gotong royong akan sangat menghemat anggaran. Sebab, biaya yang tadinya untuk tenaga kerja akan berkurang karena kegiatan tersebut dilakukan secara gotong royong.
  • Dengan adanya gotong royong, persaudaraan dan kebersamaan antar warga akan semakin erat. Semua tetangga jadi mengenal tetangga yang lain, pejabat kenal dengan buruh, pedagang kenal dengan supir, yang kaya kenal dengan tetangga yang kurang mampu, dan lainnya.
  • Keamanan lingkungan sekitar rumah menjadi lebih aman, sebab semua warga sudah saling mengenal. Jadi jika nantinya ada orang yang mencurigakan masuk ke wilayah perumahan, maka para warga akan lebih mudah mendeteksi.
  • Kedamaian serta ketentraman hidup bermasyarakat akan lebih terasa, sebab semua warga sudah mengenal satu sama lain.
  • Sikap gotong royong tidak mengenal perbedaan. Sehingga saat akan dilakukan, semuanya terasa sama.

2 dari 3 halaman

Karakteristik Gotong Royong di Indonesia

Tuliskan Nama Nama Lain Gotong Royong dalam Berbagai Daerah di IndonesiaTuliskan Nama Nama Lain Gotong Royong dalam Berbagai Daerah di Indonesia © 2022 pinterest/sanjayaops.com

Sejauh ini, gotong royong diterapkan oleh masyarakat dengan beragam manfaat dan tujuan. Namun gotong royong juga lekat dengan perpaduan tradisi dan kebiasaan masyarakat setempat. Berikut merupakan karakteristik gotong royong masyarakat Indonesia:

  • Gotong royong merupakan salah satu sifat dasar yang menjadi sebuah unggulan orang-orang Indonesia dan tidak dimiliki oleh warga negara lain.
  • Dengan adanya gotong royong, banyak orang yang memiliki rasa peduli yang tinggi dan juga terciptanya kebersamaan dalam setiap kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama.
  • Mempunyai nilai yang luhur dari zaman dahulu hingga sekarang secara turun temurun.
  • Gotong royong sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Di dalam kegiatan gotong royong, semua kegiatan dan pekerjaan akan dilakukan secara bersama. Tanpa membeda-bedakan atau memandang kedudukan serta derajat seseorang.
  • Gotong royong juga mempunyai makna yaitu saling membantu untuk mencapai sebuah kerukunan dan juga kebahagiaan dalam menjalani kehidupan di dalam masyarakat.
  • Kegiatan gotong royong juga dilakukan secara sukarela. Sehingga tidak mengharapkan imbalan serta balasan apapun.

3 dari 3 halaman

Tuliskan Nama-Nama Lain Gotong Royong dalam Berbagai Daerah di Indonesia

Tuliskan Nama Nama Lain Gotong Royong dalam Berbagai Daerah di IndonesiaTuliskan Nama Nama Lain Gotong Royong dalam Berbagai Daerah di Indonesia © 2022 Freepik.com

Sebagai tradisi yang dikenal di berbagai daerah di Indonesia, gotong royong juga memiliki sebutan berbeda di setiap daerah. Berikut merupakan deretan nama-nama lain gotong royong dalam berbagai daerah di Indonesia.

1. Alang tulung (Nangroe Aceh Darussalam)

2. Ngacau gelamai (Bengkulu)

3. Marsialapari (Sumatera Utara)

4. Hoyak Tabuk (Padang Pariaman, Sumatera Barat)

5. Sidapari (Tapanuli Utara, Sumatra Selatan)

6. Nyambungan nyambungan (Baduy, Banten)

7. Liliuran (Sukabumi, Jawa Barat)

8. Kuriak (Subang, Jawa Barat)

9. Sabilulungan (Dataran Sunda, Jawa Barat)

10. Sambatan (Daerah Istimewa Yogyakarta)

11. Grebuhan (Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta)

12. Gugur Gunung (Daerah Istimewa Yogyakarta)

13. Sambatan (Jember, Jawa Timur)

14. Ngayah (Bali)

15. Song-osong lombhung (Madura)

16. Song-osong lumbhung (Bangkalan Madura)

17. Gemohing (Nusa Tenggara Timur)

18. Pawonda (Waingapu, Nusa Tenggara Timur)

19. Batobo (Riau)

20. Alak tau (Kalimantan)

21. Nugal (Kalimantan Barat)

22. Paleo (Nunukan, Kalimantan Timur)

23. Mapalus (Minahasa, Sulawesi Utara)

24. Mappalette Bola (Sulawesi Selatan)

25. Ammossi (Sulawesi Selatan)

26. Masohi (Maluku)

27. Bari (Ternate, Maluku Utara)

28. Helem Foi Kenambai Umbai (Papua)

29. Belale' atau Pengerih (Kalimantan Barat)

Nah demikian ulasan jawaban dari pertanyaan " Tuliskan Nama-Nama Lain Gotong Royong dalam Berbagai Daerah di Indonesia" yang sudah dirangkum oleh Diadona. Semoga artikel ini bermanfaat ya, semga harimu menyenangkan!

Beri Komentar