Pengertian Desain Grafis, Jenis dan Unsur Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 5 Juni 2020 10:40
Pengertian Desain Grafis, Jenis dan Unsur Menurut Para Ahli
Pengertian desain grafis adalah komunikasi visual yang memanfaatkan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan.

Pengertian desain grafis bagi anak-anak DKV tentu memiliki makna yang berbeda-beda, namun memiliki makna yang sama yaitu sebagai media visual untuk menyampaikan sebuah informasi

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media statis, seperti buku, brosur, dan majalah. Namun dengan berkembangnya zaman, desain grafis pun diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain multimedia.

Sehingga dapat disimpukan bahwa pengertian desain grafis adalah ilmu yang mengandalkan kreatifitas untuk menciptakan sebuah rancangan gambar untuk kepentingan percetakan.

Nah dalam pembahasan kali ini, kita tidak hanya menjelaskan tentang pengertian desain grafis, namun ada beberapa lainnya seperti tipografi dan layout dalam desain grafis.

1 dari 4 halaman

Pengertian Tipografi dalam Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis © Diadona

Sebagai desainer apalagi untuk desain grafis, tentu kamu harus mengenal yang namanya tipografi. Tipografi adalah ilmu untuk memilih font/kata yang sesuai dengan tujuan dari para desainer.

Sehingga, pengertian tipografi dalam desain grafis ialah elemen yang paling sering dipakai untuk melengkapi suatu desain.

Meskipun terdengar sepele, namun penggunaan huruf bagi seorang desainer grafis sudah dianggap sebagai teman yang selalu ada dalam setiap karya desain.

Untuk itu jika kamu seorang desain grafis, dalam pemilihan jenis grafis kamu harus perhatikan karakter produk yang akan ditonjolkan dan sesuai dengan segmen pasar.

Misalnya seperti produk parfume untuk wanita jarang sekali menunggakan jenis huruf Egyptian, sebab hal ini akan terkesan kuat dan keras. Sehingga para desainer lebih menggunakan huruf Roman agar terlihat lebih klasik dan lembut.

2 dari 4 halaman

Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli

Pengertian Desain Grafis © Diadona

Pengertian desain grafis mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun apakah semua orang paham tentang definisi desain grafis itu sendiri?

Oleh karena itu, berikut adalah pengertian desain grafis menurut para ahli yang harus kamu pahami:

1. Danton Sihombing

Menurut Danton Sihombing, desain grafis merupakan banyaknya elemen yang divisualisasikan melalui tipografi dengan teknik fotografi atau pun ilustrasi yang diterapkan dalam dua fungsi, yakni perangkat visual dan perangkat komunikasi.

2. Warren

Sedangkan menurut Warren, pengertian desain grafis adalah suatu ide yang dituangkan ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.

3 dari 4 halaman

3. Suryanto

Desain grafis adalah sebuah aplikasi dari keterampilan seni dan komunikas, yang tujuannya untuk sebuah bisnis dan industri.

4. Blanchard

Pengertian desain grafis ialah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan seni, sehingga menghasilkan gambar visual pada segala permukaan.

5. Hendratman

Terakhir, menurut Hendratman, pengertian desain grafis di artikan sebagai proses pemikiran yang di tunjukkan dalam bentuk gambar.

4 dari 4 halaman

Pengertian Layout dalam Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis © Diadona

Ngomongin soal layout, sudah pasti dong mengarah pada desain. Yaap, lebih tepatnya layout dalam desain grafis.

Pengertian layout dalam desain grafis ialah rancangan awal untuk menggambarkan unsur-unsur komunikasi grafis yang akan disertakan, mulai dari gambar, teks, warna, dan lainnya, agar menjadi media komunikasi visual yang komunikatif.

Tujuan utama dari layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif untuk memudahkan para pembaca.

Sehingga bagi desainer grafis disarankan membuat berbagai alternatif layout, untuk menghindari hambatan yang mungkin terjadi pada proses selanjutnya.

Jadi, pengertian desain grafis ialah suatu proses komunikasi yang menggunakan elemen-elemen visual gambar.

Beri Komentar