Nama Lambang Pancasila dan Maknanya, Sudah Tahu Belum?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 25 Juli 2022 12:00
Nama Lambang Pancasila dan Maknanya, Sudah Tahu Belum?
Selain butir-butir Pancasila, nama lambang dan maknanya ini juga harus diketahui loh

Nama lambang Pancasila sepertinya bukan sudah hal asing lagi buat kita semua. Sebagai warga negara Indonesia sudah selayaknya kita hafap dan mengerti tiap-tiap butir pancasila beserta lambang dan maknanya.

Idealnya, kita memang harus hafal nama lambang pancasila sebagai pengetahuan dasar. Lambang-lambang seperti bintang, kepala banteng, pohon beringin, rantai, dan juga padi kapas ini ternyata cukupsulit untuk dihafal loh seperti halnya butir pancasilanya hehe.

Tapi kamu nggak usah khawatir, berikut Diadona.id telah merangkum nama lambang pancasila dan maknanya dari laman bpip.go.id. Jadi berikut ini adalah uraiannya. Yuk simak bareng-bareng.

1 dari 7 halaman

Butir-butir Pancasila

Sebelum membahaa nama lambang Pancasila dan maknanya, kita harus tahu butir-butir dari pancasila itu sendiri. Jadi, Pancasila itu adalah landasan dan ideologi bagi bangsa Indonesia tak hanya sebatas identitas dan simbol saja. Namun, mencerminkan makna dan nilai-nilai luhur di dalamnya.

Semuanya itu tertuang dalam nutir-butir Pancasila yang adalah sebagai berikut:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

2 dari 7 halaman

Nama Lambang Pancasila dan Maknanya

Nama Lambang Pancasila © Diadona

Jika sudah mengerti dan tahu butir-butir pancasila, selanjutany adalah nama lambang Pancasila. Dari lambang itulah makna filosofis buti-butir pancasila tertuang.

Jadi, berikut ini adalah nama lambang Pancasila yang harus kamu ketahui.

3 dari 7 halaman

1. Bintang Tunggal

Nama lambang Pancasila untuk sila ke-1 adalah bintang tunggal. Ini adalah simbol yang bermakna menggambarkan sebuah cahaya, seperti cahaya kerohanian yang berasal dari Tuhan kepada setiap manusia.

Jadi dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa ini mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius yaitu bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

4 dari 7 halaman

2. Rantai

Nama lambang Pancasila yang kedua adalah Rantai Emas yang merupakan lambang dari sila Kemanusiaan yang adil dan Beradab. Bukan cuma rantai biasa, ini adalah rantai yang saling terhubung satu sama lain.

Jadi, keterkaitan itu memiliki makna bahwa bangsa Indonesia saling terkait erat, saling bahu-membahu, dan saling membutuhkan.

5 dari 7 halaman

3. Pohon Beringin

Nama lambang Pancasila yang selanjutnya adalah Pohon Beringin yang merupakan lambang dari sila ke-3 yaitu Persatuan Indonesia. Pohon Beringin merupakan pohon besar yang bisa digunakan oleh banyak orang sebagai tempat berteduh di bawahnya.

Hal tersebut dikorelasikan sebagai Negara Indonesia, di mana semua rakyat Indonesia dapat 'berteduh' di bawah naungan Negara Indonesia. Lalu, untuk sulur dan akar pohon beringin yang menjalar ke segala arah dikorelasikan dengan keragaman suku-bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia.

6 dari 7 halaman

4. Kepala Banteng

Nama lambang Pancasila yangberikutnya adalah Kepala Bangetng untuk sila ke-empat Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Kepala banteng dalam simbol Pancasila sila ke-empat melambangkan permusyawarahan. Banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya bermusyawarah, dengan orang-orang berdiskusi untuk melahirkan sebuah keputusan.

7 dari 7 halaman

5. Padi dan Kapas

Nama lambang Pancasila yang terakhir adalah Padi dan Kapas untuk sila ke-lima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Padi dan Kapas ini merupakan simbol dari pangan dan sandang. Dua hal ini lah yang setidaknya menjadi syarat pokok kemakmuran.

Jadi itulah sedikit uraian tentang nama lambang pancasila dari tiap-tiap butirnya. Semoga sedikit dari uraian ini bisa bermanfaat buat kita semua ya, Diazens.

Beri Komentar