34 Nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibu Kotanya, Kamu Sudah Hafal?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 17 Mei 2022 21:49
34 Nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibu Kotanya, Kamu Sudah Hafal?
Ada 34 nama provinsi di Indonesia beserta ibu kotanya. Mana saja nih yang pernah kamu kunjungin?

Saat ini ada 34 nama provinsi di Indonesia dengan lima diantaranya memiliki status daerah khusus. Provinsi adalah wilayah administratif pemerintah di bawah negara yang di bawahnya terdapat beberapa kabupaten. Dalam menjalankan tugasnya, gubernur bertanggung jawab kepada presiden. Masa jabatan gubernur adalah lima tahun dan bisa dipilih lagi nih dengan satu kali masa jabatan yang sama.

Pada sidang PPKI tanggal 19 Agustus 1945, ditetapkan ada delapan provinsi di Indonesia yakni Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Maluku, dan juga Kalimantan. Dari delapan provinsi tersebut kemudian mengalami pemekaran yang menjadi 34 nama provinsi di Indonesia.

1 dari 3 halaman

Nama Provinsi di Indonesia - Pulau Sumatera

Nama Nama Provinsi © Diadona

Awalnya pulau ini hanya memiliki satu nama provinsi di Indonesia, yang kemudian mengalami pemekaran. Di tahun 1948, provinsi Sumatera pecah menjadi tiga yakni Sumatera Utara, Tengah dan Selatan. Lalu kemudian karena dirasa masing-masing provinsi memiliki wilayah yang sangat luas, dilakukan pemekaran lagi hingga kini mencapai sepuluh nama provinsi.

Provinsi yan paling muda yakni Bangka Belitung yang mana terbentuk pada 21 November 2000 dan merupakan pemekaran dari Provinsi Sumatera Selatan.

Nanggore Aceh Darussalam: Banda Aceh
Sumatera Utara: Medan
Sumatera Selatan: Palembang
Sumatera Barat: Padang
Bengkulu: Bengkulu
Riau: Pekanbaru
Kepulauan Riau: Tanjung Pinang
Jambi: Jambi
Lampung: Bandar Lampung
Bangka Belitung: Pangkal Pinang

2 dari 3 halaman

Nama Provinsi di Indonesia - Pulau Jawa

Nama Provinsi di Indonesia © Diadona

Dari delapan nama provinsi di Indonesia di awal kemerdekaan, cuman pulau Jawa lah yang punya tiga provinsi. Nah terus nih karena DKI Jakarta merupakan ibukota, wilayah tersebut kemudian menjadi provinsi sendiri dan berpisah dari Jawa Barat.

Banten: Serang
DKI Jakarta: Jakarta
Jawa Barat: Bandung
Jawa Tengah: Semarang
DI Yogyakarta: Yogyakarta
Jawa Timur: Surabaya

Pulau Nusa Tenggara & Bali

Nah, tiga nama provinsi di Indonesia ini dulunya merupakan satu provinsi dengan nama Sunda Kecil dengan ibukota Singaraja, Bali Utara.
Bali: Denpasar
Nusa Tenggara Timur: Kupang
Nusa Tenggara Barat: Mataram

3 dari 3 halaman

Nama Provinsi di Indonesia - Pulau Sulawesi

Nama Provinsi di Indonesia © Diadona

Sama dengan pulau Sumatera, provinsi Sulawesi awalnya terdiri dari satu nama provinsi yang wilayahnya meliputi seluruh pulau hingga pulau-pulau di sekitarnya. Tapi kemudian provinsi ini dipecah jadi Sulawesi Utara-Tengah (ibukota Manado), dan Sulawesi Selatan-Tenggara (ibukota Makassar).

Melalui referendum di tahun 1969, Papua kemudian menjadi salah satu nama provinsi di Indonesia dengan nama Provinsi Irian Barat. Nah kemudian nih di tahun 1999, terjadi pemekaran wilayah membentuk Provinsi Irian Jaya Barat.

Gorontalo: Gorontalo
Sulawesi Barat: Mamuju
Sulawesi Tengah: Palu
Sulawesi Utara: Manado
Sulawesi Tenggara: Kendari
Sulawesi Selatan: Makasar

Nama Provinsi di Indonesia - Pulau Maluku & Papua

Dikutip dari Risamedia, di awal kemerdekaan Indonesia, ada gejolak separatisme di wilayah ini namun demikian Maluku tetap mempertahankan diri sebagai bagian dari NKRI. Trsu nih di aweal kemerdekaan, Papua belum termasuk menajdi bagian dari NKRI tapi walaupun begitu Indonesia tetap mengkalim sebagai bagian dari wilayahnya.

Maluku Utara: Ternate
Maluku: Ambon
Papua Barat: Manokwari
Papua (Daerah Khusus): Jayapura

Walaupun nama provinsi di Indonesia ada banyak, tapi tentu kamu hafal dengan nama ibukotanya bukan?

Beri Komentar