Manfaat Spektrum Gelombang Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 30 Maret 2021 12:09
Manfaat Spektrum Gelombang Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari
Kira-kira apa saja sih manfaat gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ulasannya.

Seperti yang diketahui, gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang bisa merambat meski tidak ada medium. Pada umumnya, gelombang elektromagnetik ini dibentuk oleh medan magnet serta medan listrik yang saling merambat tegak lurus.

Sehingga, gelombang ini tidak membutuhkan medium untuk merambat. Lantas, apa manfaat gelombang elektromagnetik bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari? Langsung saja simak ulasannya berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Gelombang Elektromagnetik

Manfaat Gelombang Elektromagnetik © Diadona

Sebelum membahas manfaat gelombang elektromagnetik, lami akan menjelaskan terlebih dahulu ciri-ciri dari gelombang elektromagnetik tersebut untuk menambah wawasan mu. Berikut diantaranya:

1. Arah medan listrik serta medan magnetik saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang.

2. Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat-sifat listrik serta magnetik medium yang ditempuhnya.

3. Dari ciri no 1 diperoleh bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

4. Perubahan medan listrik serta medan magnetik terjadi pada saat yang bersamaan, oleh karena itu kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama.

5. Seperti halnya gelombang pada umumnya, gelombang elektromagnetik mengalami peristiwa pembiasan, pemantulan, interferensi serta difraksi. Bahkan, juga mengalami peristiwa polarisasi karena termasuk gelombang transversal.

2 dari 4 halaman

Manfaat Gelombang Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Gelombang Elektromagnetik © Diadona

Setelah mengetahui ciri-cirinya, yuk, kita mengulas manfaat gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya, gelombang elektromagnetik memiliki tujuh spektrum yang berbeda dalam panjang gelombang serta frekuensinya. Adapun diantaranya:

1. Gelombang Radio

Karakteristik spektrum gelombang elektromagnetik ini memiliki panjang gelombang terbesar serta frekuensi terkecil. Gelombang radio ini dipancarkan melalui antena dan diterima oleh antena pula.

Maka dari itu, inilah alasannya mengapa kamu tidak bisa mendengar radio secara langung, namun penerima radio akan mengubah terlebih dahulu energi gelombang untuk menjadi energi bunyi.

2. Gelombang Mikro

Selanjutnya ada gelombang mikro. Gelombang mikro ialah gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi yakni diatas 3 GHz.

Adapun manfaat gelombang elektromagnetik yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai pemanas makanan (microwave), menganalisis struktur atomik dan molekul, untuk komunikasi pada teknologi RADAR, pemandu pendaratan pesawat, serta pendeteksi keberadaan suatu objek.

3 dari 4 halaman

3. Sinar Inframerah

Ilustrasi Remote Control © Diadona

Umumnya, frekuensi sinar inframerah berada pada rentang (10)^11 - (10)^14 Hz. Sehingga, dapat disimpulkan kalau panjang gelombang sinar inframerah ini lebih kecil daripada gelombang mikro dan gelombang radio.

Nah, untuk manfaat spektrum gelombang elektromagnetik jenis ini dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai terapi fisik, remote control, fotografi pemetaan sumber daya alam, dan mengeringkan cat kendaraan dengan cepat pada industri otomotif.

4. Cahaya Tampak

Cahaya tampak sebagai radiasi elektromagnetik yang paling dikenal oleh kita bisa didefinisikan sebagai bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat oleh mata manusia. Warna-warna merah, kuning, jingga, hijau, biru, ungu, dan nila merupakan bentuk spektrum cahaya tampak.

Cahaya tampak memiliki frekuensi (10)^15 Hz dengan panjang gelombang 400 nm – 800 nm. Sedangkan, cahaya ungu menjadi warna yang memiliki panjang gelombang terpendek dari cahaya tampak.

Ohiya, manfaat gelombang elektromagnetik yang satu ini biasanya digunakan dalam bidang telekomunikasi dan kedokteran. Selain itu, cahaya tampak juga biasa digunakan di bidang industri untuk mengelas dan memotong lempengan baja.

5. Sinar Ultraviolet

Sinar ultraviolet ialah spektrum gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi (10)^15 - (10)^16 Hz. Panjang gelombangnya mencapai 10-100 nm yang dihasilkan oleh radiasi sinar matahari.

Adapun manfaat sinar ultraviolet di kehidupan sehari-hari yaitu untuk membantu proses fotosintesis atau asimilasi pada tumbuhan, membunuh kuman penyakit, pembentukan vitamin D, mensterilkan ruangan, serta memeriksa keaslian tanda tangan di dunia perbankan.

4 dari 4 halaman

6. Sinar X

Ilustrasi Sinar X © Diadona

Berikutnya ada Sinar X. Jenis gelombang elektromagnetik yang satu ini memiliki frekueni atau energi terbesar kedua setelah sinar gamma. Frekuensinya saja berada pada kisaran (10)^16 - (10)^20 Hz.

Sehingga sinar X ini biasa disebut sebagai sinar rontgen yang dihasilkan oleh aktivitas elektron berkecepatan tinggi yang menumbuk logam. Oleh sebab itu, energinya sangat besar hingga mampu menembus logam serta tulang manusia.

Manfaat gelombang elektromagnetik ini bisa digunakan untuk memotret organ-organ dalam tubuh manusia, mendeteksi keretakan atau cacat pada logam, menganalisis struktur bahan atau kristal, dan memeriksa barang-barang di bandara.

7. Sinar Gamma

Jenis spektrum gelombang elektromagnetik yang terakhir yaitu sinar gamma. Sinar gamma ini memiliki energi tertinggi dibandingkan spektrum lainnya. Pasalnya, frekuensi sinar gamma tertinggi berada pada kisaran (10)^20 - (10)^25 Hz yang dihasilkan aktivitas radioaktif di reaksi inti.

Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari-hari sinar gamma biasa dimanfaatkan sebagai terapi kanker, sterilisasi makanan kemasan, sterilisasi peralatan rumah sakit, pembuatan varietas tanaman unggul tahan hama, serta untuk mengurangi populasi hama.

Nah, itulah deretan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari beserta karakteristiknya yang bisa kamu pelajari. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar