Malam Lailatul Qadar, Ciri-Ciri dan Keutamannya di Bulan Ramadhan

Reporter : Arifina
Jumat, 31 Maret 2023 12:22
Malam Lailatul Qadar, Ciri-Ciri dan Keutamannya di Bulan Ramadhan
Malam yang penuh kemuliaan di Bulan Ramadhan.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemuliaan di bulan Ramadhan yang ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia. Malam ini terjadi di antara salah satu dari 10 malam terakhir di bulan Ramadhan dan memiliki banyak keutamaan dan keberkahan bagi umat Islam.

Lailatul Qadar asalnya dari kata "lailah" yang berarti malam, dan "qadar" yang berarti mulia. Malam Lailatul Qadar dapat diartikan sebagai malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan atau 30 ribu malam, yang setara dengan 83,33 tahun. Malam ini juga dipercayai sebagai malam yang penuh keberkahan.

1 dari 6 halaman

Kapan Datangnya Malam Lailatul Qadar?

Malam Lailatul Qadar © Diadona

Tidak ada yang tahu satu orang pun manusia kapan datangnya malam Lailatul Qadar, karena keberadaan malam tersebut dirahasiakan oleh Allah.

Namun, menurut berbagi sumber yang disebutkan, para ulama mengatakan malam Lailatul Qadar akan datang di salah satu hari ganjil di antara 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Terutama, di malam-malam 21, 23, 25, 27, dan 29.

2 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar

1. Suasana Malam Hari yang Tenang

Kehadiran malam lailatul qadar salah satu cirinya adalah suasana hari yang begitu tenang dan hening. Di malam itu udara tidak panas ataupun dingin.

2. Pagi Hari Terasa Cerah

Pagi harinya, matahari terbit dengan cerah berwarna merah  namun tidak terik dan tidak menyengat. Tidak ada angin kencang pada malam tersebut dan tidak ada awan ataupun petir.

3. Bermimpi Hal Baik

Bagi orang-orang yang menjalankan ibadah di malam Lailatul Qadar akan bermimpi hal-hal yang baik. Mimpi-mimpi tersebut serupa dengan yang dialami oleh para sahabat Nabi.

3 dari 6 halaman

Malam Lailatul Qadar © Diadona

4. Kemunculan Bulan Separuh

Bulan yang muncul pada malam Lailatul Qadar terlihat separuh dan tidak memiliki ukuran penuh.

5. Khusyuk dalam Beribadah

Orang yang menjalankan ibadah pada malam Lailatul Qadar akan merasa khidmat dan khusyuk. Terdapat ketenangan hati dan kenikmatan saat berdoa kepada Allah, tidak seperti pada malam-malam lainnya.

4 dari 6 halaman

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang besar. Keutamaan tersebut terletak pada amal ibadah yang dilakukan oleh setiap individu, seperti salat, tilawah al-Qur'an, zikir, serta amalan sosial seperti sedekah dan zakat.

Seluruh amalan yang dilakukan pada malam tersebut adalah lebih utama dari amalan pada malam seribu bulan. Di malam penuh kemuliaan ini juga merupakan malam diturunkannya Al-Quran.

5 dari 6 halaman

Malam Lailatul Qadar Adalah © Diadona

Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah di malam ini maka akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Malam Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam dikabulkannya doa-doa. Segala doa yang dipanjatkan manusia yang tidak diterima di waktu-waktu lain akan diterima di malam tersebut.

Karena itulah, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah di malam yang menyimpn beribu-ribu berkah ini.

6 dari 6 halaman

Tidak hanya itu, malam Lailatul Qadar juga sebagai malam dicatatkannya takdir tuhan. Di mana, malam ini dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.

Biasanya ibadah yang dijalankan umat Muslim di malam Lailatul Qadar di antaranya melakukan i'tikaf di masjid, melakukan qiyamu al lail berjamaah sampai dengan rakaat terakhir yang dilakukan imam, membaca Al-Quran dan memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Beri Komentar