Malam Lailatul Qadar 2021 : Kapan akan Terjadi, Tanda, Doa dan Amalannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 3 Mei 2021 15:36
Malam Lailatul Qadar 2021 : Kapan akan Terjadi, Tanda, Doa dan Amalannya
Malam lailatul qadar di ramadan 2021 tinggal menghitung hari. Sudahkah kamu mempersiapkan diri?

Malam Lailatul Qadar 2021 akan segera datang. Ini adalah malam yang paling ditunggu oleh umat Islam karena memiliki keistimewaan yang lebih dari seribu bulan.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur’an pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. al-Qadr, [97]: 1–5).

Ada perbedaan pendapat mengenai makna dari seribu bulan di malam Lailatul Qadar, namun seluruh ulama sepakat bahwa malam tersebut adalah malam yang mulia untuk beribadah. 'Seribu bulan' bisa saja memiliki arti bahwa sampai kapanpun, keutamaan lailatul qadar nggak akan bisa digantikan.

Lalu kapan dan amalan apa saja yang paling disukai Allah untuk dikerjakan di malam tersebut? Yuk simak dulu ulasan Diadona berikut:

1 dari 3 halaman

Malam Lailatul Qadar 2021

Malam Lailatul Qadar 2021 © Diadona

Kapan malam ini akan terjadi? Tak ada yang tahu pasti. Namun tanda datangnya telah ditulis dalam banyak hadist yang akan kita bahas di bagian lain artikel ini.

Nah, Rasulullah sendiri telah menyebutkan kata kunci bahwa malam Lailatul Qadar akan datang di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadan. Untuk Ramadan tahun ini, kapan ya kira-kira akan terjadi?

Mengacu pada petunjuk tersebut, berarti malam Lailatul Qadar 2021 akan datang di malam tanggal 21, 23, 25, 27 dan 29. Bila dicocokkan dengan penanggalan Masehi, waktu-waktu tersebut akan jatuh pada:

21 Ramadan = 3 Mei 2021
23 Ramadan = 5 Mei 2021
25 Ramadan = 7 Mei 2021
27 Ramadan = 9 Mei 2021
29 Ramadan = 11 Mei 2021

Mereka yang beribadah dengan sungguh-sungguh di malam tersebut dan berhasil mendapatkan malam Lailatul Qadar maka akan memperolah pahala yang teramat besar, seperti hadist Nabi Muhammad SAWA.

" Barangsiapa shalat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lampau," (H.R. Imam Bukhari).

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar © Diadona

Tak ada yang tahu kapan pastinya malam itu akan terjadi. Malam tersebut menjadi misteri yang dirahasiakan oleh Allah. Mengapa demikian?

Tentu agar mereka yang berniat mengejarnya akan konsisten menjalankan ibadah selama bulan Ramadan, tak hanya berfokus pada satu malam saja.

Meski tak ditunjukkan secara pasti, namun ada tanda-tanda malam Lailatul Qadar yang telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya. Berikut tandanya seperti yang dikutip dari Kiblat.net.

Malam Ganjil

Dalam beberapa riwayat, disebutkan Rasulullah pernah memerintah para sahabat untuk mencari malam tersebut di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, terutama di malam yang ganjil.

“ Carilah lailatul qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Udara atau Angin Malam yang Terasa Tenang

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda:

“ Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin,..” (HR. Ibnu Huzaimah)

Hadist di atas menjelaskan bahwa di malam Lailatul Qadar, udara terasa menyenangkan. Tak terlalu panas namun juga tak terlalu dingin.

Malam yang Nampak Cerah

“ …Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu.” (HR. Ahmad)

Matahari Tidak Terik di Pagi Hari

" ..Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” (HR. Muslim no. 762)

Ada penjelasan mengapa tanda-tanda Lailatul Qadar muncul dengan demikian:

  • Allah ingin matahari terbit dengan cara yang istimewa setelah malam yang istimewa.
  • Malaikat sedang turun ke bumi dan keberadaannya menghalangi sinar matahari.

Ibadah terasa Tenang

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar tersebut datang karena di malam itu, malaikat sedang turun ke bumi. Ini seperti firman Allah SWT yakni:

“ Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril,” (QS. Al-Qadar: 4)

Dan tafsir Ibnu Katsir 8/445, “ Banyak malaikat yang akan turun pada Lailatul Qadar karena banyaknya berkah yang ada pada malam tersebut. Dan Malaikat akan turun bersamaan dengan turunnya berkah dan rahmat sebagaimana turunnya mereka di tengah-tengah orang yang membaca al-Qur’an serta mengelilingi majlis-majlis zikir.”

Diperlihatkan Dalam Mimpi

Sebagian sahabat dapat melihat tanda-tanda malam Lailatul Qasar lewat mimpi mereka. Mungkinkah ini muncul pada hamba biasa? Mungkin saja, meski akan sangat jarang terjadi

3 dari 3 halaman

Amalan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar 2021 © Diadona

Lalu, amalan apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala terbaik di waktu tersebut?

Dikutip dari berbagai sumber, beberapa amalan berikut bisa kamu lakukandi malam Lailatul Qadar tanpa harus melanggar protokol kesehatan.

Membaca Al Quran

Ada banyak keutamaan membaca Al-Quran, terlebih bila mengemalkannay di malam Lailatul Qadar 2021 nanti.

  • Sebaik-baiknya manusia adalah rang yang belajar Al-Quran dan mengamalkannya
    Al-Quran adalah sebaik-baiknya ucapan
  • Orang yang mahir membaca Al-Quran akan bersama dengan malaikat
  • Orang yang membaca Alquran diibaratkan seperti buah utrujjah yang luarnya wangi dan dalamnya manis
  • Alquran akan memberi syafaat kepada pembacanya
  • Membaca satu atau dua ayat Alquran lebih baik daripada memperoleh satu atau dua ekor onta yang besar
  • Rahmat dan ketentraman akan turun ketika berkumpul membaca Alquran
  • Membaca satu huruf Alquran akan memperoleh sepuluh kebaikan

Bertaubat

Jadikan momen malam Lailatul Qadar untuk meminta ampun kepada Allah dnegan melaksanakan taubat. Dan ini sesuai dengan perintah Rasulullah lho!

Aisyah berkata, " Wahai Rasulullah, apa yang harus aku ucapkan jika aku bertepatan mendapatkan malam Lailatul Qadar?" . dan beliau menjawab " Bacalah doa ini,"

" (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani)..

Berdzikir

Dzikir adalah sebuah pengingat kepada Allah. Dzikir adalah memurnikah hati.

Dikutip dari Dalam Islam, ada banyak keutamaan dalam berdzikir dan lima diantaranya yakni:

  • Tercukupi atas segala sesuatu
  • Masuk surga
  • Memperoleh ridha Allah SWT
  • Mendapatkan predikat orang terbaik di hari kiamat
  • Mendapatkan kebaikan berlipat-lipat

Macam dzikir dan kalimat-kalimat pujian kepada Allah berikut bisa kamu panjatkan untuk meraih kemuliaan di malam Lailatul Qadar 2021.

Sholat Malam

“ Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” 9HR. Tirmidzi, Hadist Hasan)

Ibadah sunnah berupa sholat malam ini memiliki banyak pahala yang secara khusus telah disebutkan seperti pada hadist di atas.

Nggak cuman amalan di atas, namun agar amalan malam Lailatul Qadar 2021 kamu mencapai pahala terbaik, jangan lupa untuk menyertakan amalan berikut:

  • Meluruskan niat
  • Berpenampilan terbaik
  • Tidak makan terlalu banyak saat berbuka puasa.

Malam Lailatul Qadar 2021 sudah selayaknya menjadi momen yang kita kejar mengingat kemuliaan dan keistimewaannya. Karena tak ada yang bisa menjamin bahwa kita bisa mendapatkannya di tahun depan, bukan?

Di malam Lailatul Qadar, Rasulullah juga bangun dan membangunkan keluarganya untuk melaksanakan sholat dua rakaat. Mengenai hukum, cara dan niat sholat tersebut bisa kamu tengok di artikel berikut.

Beri Komentar