Legenda Hantu Kompeni Tanpa Kepala di Benteng Vredeburg, Hati-Hati Kepalamu Dipinjam!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 12 Maret 2020 07:46
Legenda Hantu Kompeni Tanpa Kepala di Benteng Vredeburg, Hati-Hati Kepalamu Dipinjam!
Hi, serem.

Menduduki Indonesia selama lebih dari 350 tahun, Belanda banyak sekali meninggalkan penderitaan bangunan. Seperti yang kita tahu, gedung-gedung peninggalan Belanda itu memang bagus-bagus. Tapi, tak hanya bagus, banyak gedung peninggalan Belanda yang angker dan misterius.

Benteng Vredeburg adalah salah satu gedung peninggalan Belanda yang cukup terkenal. Gedung yang berada di Yogyakarta ini konon menyimpan cerita mistis yang membuat bulu roma merinding.

1 dari 3 halaman

Terletak di pusat kota Yogyakarta, tak membuat situs ini lepas dari hal mistis. Mengutip dari berbagai sumber, Benteng yang awalnya bernama Rustenburg ini adalah situs peninggalan Belanda terbesar di Yogyakarta.

Nah, ngobrol-ngobrol tentang kisah mistis nih ya, konon di benteng Vredeburg ini sering ada penampakan hantu yang jarang ditemui ditempat lain. Yaitu penampakan hantu noni Belanda yang berkaki kuda. Nahloh?

Benteng Vredeburg © Diadona

2 dari 3 halaman

Suatu waktu, seorang tukang becak yang hendak pulang melihat seorang wanita mengenakan gaun panjang dari arah benteng. Ditawarilah wanita tersebut untuk naik becak. Tidak menimpali jawaban tukang becak, wanita itu berjalan mendekati becak sambil menyibakkan gaunnya. Setelah gaun disibakkan, ternyata kaki wanita tersebut berupa kaki kuda.

Tak hanya itu, beberapa cerita mistis yang beredar luas adalaha tentang serdadu kompeni yang berada dalam benteng. Konon, sering terdengar derap langkah serdadu dari dalam benteng.

3 dari 3 halaman

Hukuman Penggal © Diadona

Yang lebih menyeramkan lagi adalah, serdadu-serdadu tersebut muncul dan tidak ada yang berkepala. Aku sih nggak bisa membayangkan gimana nyereminnya tentara-tentara yang mucul tanpa kepala. Kalau kamu? masih penasaran dengan penampakan-penampakan tersebut? silakan berkenjung ke Yogyakarta tepatnya di Benteng Vredeburg.

Beri Komentar