Lagi Viral Dimana-mana, Ini nih Fakta-Fakta Menarik di Balik Film 'THE MEDIUM'

Reporter : Mila
Selasa, 2 November 2021 14:35
Lagi Viral Dimana-mana, Ini nih Fakta-Fakta Menarik di Balik Film 'THE MEDIUM'
Sudah nonton film The Medium belum?

Kalau kamu pecinta film, khususnya genre horor, pasti sudah tak asing dengan film yang lagi viral ini. Yap, THE MEDIUM (2021), adalah film asal Thailand yang berhasil masuk Box Office Korea Selatan menempati posisi tiga teratas. Film horor supranatural ini ternyata adalah projek kerja sama antara Thailand dan Korea Selatan.

Tidak seperti film horor lainnya, THE MEDIUM adalah film mokumenter (film atau acara televisi yang menggambarkan peristiwa fiksi tetapi disajikan secara dokumenter) yang mengisahkan kehidupan warga lokal di sebuah pedesaan yang masih memiliki kepercayaan terhadap roh dan arwah.

Film itu menampilkan kegiatan upacara tertentu untuk mengusir roh sehingga menyajikan kengerian tersendiri dengan angle found footage seolah penonton merasakan point of view (POV) dari kameramen.

Berikut review film THE MEDIUM dan fakta-fakta di baliknya:

1 dari 6 halaman

Mengangkat Cerita Shamanisme

Film THE MEDIUM © Diadona

Di awal, dikatakan film ini mengangkat kisah Shamanisme di Thailand. Lalu seperti apa Shamanisme? Melansir thepuketnews.com, Shamanisme adalah keyakinan pra-Budha yang sudah ada sejak berabad-abad lalu di Thailand. Wilayah yang diyakini masih kental dengan kepercayaan ini adalah Isan, daerah timur laut Thailand yang merupakan latar tempat fim THE MEDIUM diambil.

Di daerah tersebut, ada satu orang yang mereka percayai sebagai dukun yang menjadi 'jembatan' atau penghubung untuk warga berkomunikasi dengan roh agar menemukan pengetahuan, penyembuhan, atau menghilangkan gangguan negatif.

2 dari 6 halaman

Kisah Perdukunan dan Kesurupan

Film THE MEDIUM © Diadona

Karena mengangkat cerita Shamanisme, maka film THE MEDIUM juga menampilkan adegan kesurupan dan kerasukan sesosok wanita bernama Mink yang diduga kerasukan roh jahat.

Ni, sebagai bibi dari Mink yang juga dukun, berupaya menyembuhkan dan mengeluarkan roh jahat tersebut dari tubuh Mink. Ia berencana membuat upacara dan ritual pengusiran roh tersebut, tapi keadaan justru makin kacau dan mencekam.

3 dari 6 halaman

Dibintangi Aktor dan Aktris Berbakat

Film THE MEDIUM © Diadona

Sepanjang penayangan film THE MEDIUM, kita disuguhkan oleh akting apik dari para aktor dan aktris yang terlibat.

Sebut saja aktris Sawanee Utoomma yang memerankan karakter Ni dinilai sangat meyakinkan dalam aktingnya. Wajar saja, ia telah berperan di berbagai judul drama Thailand mulai dari One Day, The Promise, dan masih banyak lagi.

Selain Sawanee, aktor Yasaka Chaisorn sebagai Manit, Narilya Gulmongkolpech sebagai Mink dan Sirani Yankittikan sebagai Noi juga sukses membuktikan kualitas akting mereka.

4 dari 6 halaman

Kolaborasi Dua Sutradara Spesialis Horor

Film THE MEDIUM © Diadona

Film THE MEDIUM adalah buah karya dari sutradara ternama Thailand, Banjong Pisanthanakum. Ia juga pernah menyutradarai film Shutter (2004), 4BIA (2008), Hello Stranger (2010), Pee Mak (2013), dan One Day (2016).

Tidak sendirian, karena Banjong Pisanthanakum berkolaborasi dengan Na Hong Jin. Sebelumnya, Na Hong Jin pernah menggarap film thriller dan horor sukses berjudul The Wailing (2016).

5 dari 6 halaman

Masuk Box Office Korea Selatan

Film THE MEDIUM © Diadona

Pencapaian Film THE MEDIUM tidak hanya sukses di negara asalnya, melainkan juga mampu masuk Box Office Korea Selatan. Tak tanggung-tanggung, film ini mampu meraup pendapatan hingga US$5,6 juta Amerika Serikat atau setara dengan Rp80,3 miliar sejak dirilis.

6 dari 6 halaman

Menyabet Sejumlah Penghargaan

Film THE MEDIUM © Diadona

Penghargaan utama kategori Best Of Buechon berhasil diraih Film THE MEDIUM dalam Festival Film Fantastis Internasional Bucheon 2021. Kemudian, prestasi berlanjut dengan diraihnya penghargaan Bifan 2021.

Tak berhenti sampai di situ, film THE MEDIUM masuk ke dalam nominasi Official Fantastic Competition di Sitges-Catalonian International Film Festival 2021.

Gimana, tertarik nonton film THE MEDIUM?

Beri Komentar