Kisah Mistis Sendang Beji dan Ikan Perenggut Nyawa

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 2 Maret 2020 20:00
Kisah Mistis Sendang Beji dan Ikan Perenggut Nyawa
Kok ngeri, ya?

Mempunyai rekam jejak peradaban yang panjang, membuat Indonesia memiliki banyak sekali situs-situs peninggalan nenek moyang. Di salah satu sudut Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Ponorogo terdapat sebuah kolam. Oleh masyarakat sekitar biasa disebut dengan Sendang Beji.

1 dari 3 halaman

Kolam ini awalnya digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengairi sawah dan juga untuk tempat pemandian. Melansir dari laman liputan6.com, pada tahun 70-an, warga tidak lagi menggunakan kolam ini. Penyebabnya, ada kejadian warga yang memancing dan makan ikan dari sendang atau kolam tersebut yang meninggal dunia.

Sendang Beji © Diadona

2 dari 3 halaman

Akibat jarang digunakan dan dijamah oleh manusia, kolam ini pun banyak ditumbuhi tanaman liar. Selain itu, semenjak tidak digunakan, banyak orang dari luar kota yang datang ke sendang untuk bermeditasi, orang dari Kediri, Tulungagung, Malang, bahkan Jember.

Seorang juru kunci yang bernama Sugito menuturkan bahwa di sekitar sendang tersebut ada penunggunya atau danyang yang membuat warga sekitar takut untuk menggunakan tempat tersebut.

3 dari 3 halaman

Pada tahun 2017 lalu, tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dari Trowulan, Mojokerto meneliti kolam yang berukuran 16 x 16 meter persegi itu. Bahkan menurut tim, kolam ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit.

Tim BPCB pun sebelum melakukan penelitian di sekitar kolam juga sempat melakukan ritual berdoa. Karena mereka yakin tempat bersejarah biasanya ada penghuninya.

Well, apakah di tempatmu ada tempat yang seperti ini juga? Jangan lupa ramaikan kolom komentar, ya. 

Beri Komentar