Jenis-Jenis Kucing Paling Populer Beserta Harganya, Ada yang Sampai Puluhan Juta!

Reporter : Zaki
Rabu, 19 Februari 2020 07:00
Jenis-Jenis Kucing Paling Populer Beserta Harganya, Ada yang Sampai Puluhan Juta!
Tertarik untuk memilikinya?

Sudah sejak ratusan tahun yang lalu dikenal bahwa kucing merupakan salah satu binatang terbaik untuk dijadikan peliharaan. Tak hanya dianugerahi bulu yang lembut, tapi tingkah laku mereka juga hampir selalu sukses bikin pemiliknya terhibur. Yup, harus diakui kalau mereka memang lucu dan menggemaskan. Namun tahukah kamu kalau di seluruh dunia ini ada banyak sekali spesies kucing yang populer dan kerap dijadikan peliharaan? Saking memesonanya mereka bahkan harganya bisa menyentuh puluhan juta rupiah, lho.

Cari tahu lebih lanjut yuk, berikut jenis-jenis kucing paling populer di seluruh dunia lengkap beserta perkiraan harganya.

1 dari 12 halaman

Kucing Savannah

© Diadona

Memiliki warna bulu yang unik karena menyerupai harimau, kucing Savannah termasuk jenis yang paling mahal. Ukurannya lebih besar daripada kucing pada umumnya dengan dugaan bahwa mereka merupakan hasil perkawaninan silang antara leopard dan kucing siamase. Itu yang menyebabkan motif bulu mereka sangat menyerupai Leopard.

© Diadona

Namun tak perlu khawatir karena kucing Savannah tak ganas seperti Leopard. Sebaliknya, mereka sangat menyenangkan apabila dijadikan hewan peliharaan karena memiliki sifat penurut. Selain itu, kucing menggemaskan ini juga sangat gemar bermain. Untuk memilikinya di dalam rumahmu, harga yang harus dibayar berkisar antara Rp 20 juta sampai Rp 30 juta. Wow, fantastis, bukan?

 

2 dari 12 halaman

Kucing Bengal

© Diadona

Kucing ini cukup unik mengingat ia adalah keturunan ketiga dari hasil persilangan kucing ras American shorthair dengan ras Asian Leopard. Jenis kucing Bengal memang cukup identik dengan kucing hutan, tapi mereka tetap banyak digemari dan dijadikan binatang peliharaan. Siapa yang tak senang bisa bermain dengan binatang yang ramah dan jinak ini?

© Diadona

Mereka tergolong kucing cerdas di dunia dan memiliki perilaku aktif serta amat gemar bermain dengan air. Harga satu ekor kucing Bengal berkisar antar Rp 2,5 juta hingga Rp 40 juta.

3 dari 12 halaman

Kucing Siam

© Diadona

Kucing siam begitu mudah ditandai karena mereka memiliki area atau tanda-tanda yang berbeda di beberapa area seperti telinga, wajah, kaki, serta ekor. Mata mereka tak terlalu besar dan ciri-ciri tersebut tak selalu tampak karena bisa jadi hanya ada pada satu atau dua area. Beberapa kucing siam juga mempunyai bentuk kepala menonjol yang sedikit lebih besar dan tubuh ramping. Harganya berkisar antara Rp 250.000 sampai Rp 1,3 juta.

4 dari 12 halaman

Kucing Kampung

© Diadona

Kucing kampung atau yang juga dikenal sebagai kucing lokal asli Indonesia ini mudah ditemui di lingkungan sekitar. Mereka memang identik dengan kucing liar yang mampu bertahan atau survive bahkan di kehidupan yang sangat keras. Penampilan fisik mereka memang terlihat cukup ramping, tapi kondisinya begitu kuat. Malah apabila dirawat dengan baik, keimutan dan kelucuan mereka bakal bikin kamu terhibur sepanjang hari. Untuk harganya sendiri, kucing kampung harganya berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 300.000.

5 dari 12 halaman

Kucing American Bobtail

© Diadona

Jenis ini termasuk kucing yang fase perkembangannya dilewati melalui seleksi alam. Sebenarnya mereka sudah ada di Amerika dari sekian lama, tapi baru mulai dikembangbiakkan di sana pada akhir tahun 60-an. Kucing American Bobtail termasuk tipe yang sangat interaktif dan mudah terikat dengan keluarga pemilik.

© Diadona

Isi waktu dengan bermain bersama mereka karena kucing American Bobtail amat mencintai segala aktivitas fisik. Bersiap juga dihibur dengan tingkah laku mereka saat memamerkan kemampuan berburu dengan menangkapi serangga atau binatang kecil lain. Kucing jenis ini juga sangat udah dikembangbiakkan karena mereka begitu gemar menyambut keberadaan pendatang baru. Harga Kucing American Bobtail memiliki harga yang berkisar antara Rp 2 juta sampai Rp 3 juta.

6 dari 12 halaman

Kucing Persia

© Diadona

Di Indonesia, kucing ini begitu populer karena merupakan salah satu spesies yang paling digemari. Bagaimana tidak, bulunya begitu lebat dan lembut sehingga sangat menyenangkan ketika dipelihara. Memang namanya Kucing Persia, tapi harus diketahui jika mereka sebenarnya lebih banyak dikembangbiakkan di Amerika dan Inggris. Bentuk wajah mereka sedikit membulat dengan hidung pesek yang imut. Mereka juga penurut dan mudah dicarikan makanan.  Harganya berkisar antar Rp 15 juta hingga Rp 16 juta.

7 dari 12 halaman

Kucing Persia Himalaya

© Diadona

Siapa tak senang dan bahagia apabila dapat memelihara kucing jenis ini di rumah? Kucing Persia Himalaya begitu tersohor karena memiliki bulu lembut yang sangat lebat. Hidungnya pesek dengan mata berwarna indah memesona. Kalau berniat memeliharanya, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan kandang atau tempat tinggal karena lingkungan yang kotor akan membuat mereka mudah terserang penyakit berbahaya. Harga kucing Persia Himalaya sendiri berkisar antara Rp 3 juta sampai Rp 10 juta.

8 dari 12 halaman

Kucing Russian Blue

© Diadona

Kucing ras ini asalnya dari sebuah pelabuhan Arkhangelsk di Rusia. Ciri-ciri kucing ini punya bulu yang tergolong pendek dengan warna abu-abu kebiru-biruan plus mata hijau. Mereka digolongkan sebagai salah satu ras kucing paling cerdas di dunia dengan harapan hidup sampai 15 tahun. Sifat unik, mereka memiliki tingkat kesetiaan yang luar biasa. Saat memilih untuk memelihara Russian Blue, mereka bakal setia sampai akhir hayat. Harganya berkisar antara Rp 550.000 hingga Rp 10,7 juta.

9 dari 12 halaman

Kucing Maine Coon

© Diadona

Popularitas kucing ini memang luar biasa. Ia begitu disukai karena memiliki ukuran tubuh yang begitu besar dengan bulu tebal nan lembut. Bila diukur, rata-rata seekor kucing Maine Coon memiliki tinggi sampai 40 cm dengan panjang hingga 1,2 m, sedangkan bobotnya berkisar antara 6-8 kg.

© Diadona

Ada keunikan yang dimiliki oleh kucing ini, di mana Maine Coon dikenal memiliki total enam jari kaki. Hal tersebut menyebabkan ukuran kakinya jadi sedikit lebih besar daripada kucing biasanya. Harga kucing Maine Coon per ekornya berkisar antara Rp 800 ribu sampai Rp 1,5 juta.

10 dari 12 halaman

Kucing Exotic Shorthair

Jenis kucing ras Persia yang memiliki bulu lebih pendek ketimbang biasanya, itulah mengapa ia disebut shorthair. Dilihat dari segi fisik, kucing Exotic Shorthair memiliki hidung pesek, dahi lebar, dan mata yang bult dan besar. Berat badan berkisar antara empat sampai 6 kg saja dengan bulu berwarna stripped bervariasi, seperti putih, hitam, cokelat, krem, biru, dan lilac.

© Diadona

Setiap harinya, luangkan waktu untuk mengajak mereka bermain atau sekadar bercanda. Treatment seperti ini sangat diperlukan untuk membuat mereka jinak dan senantiasa mematuhi perintahmu. Lakukan secara rutin meskipun hanya sebentar. Selain itu, penting juga untuk membersihkan kandang mereka dan hindari kebiasaan buruk membentak. Harganya sendiri antara Rp 2 juta sampai Rp 15 juta.

11 dari 12 halaman

Kucing American Wirehair

© Diadona

Kucing ini juga termasuk yang paling dekat dan patuh kepada manusia dengan pribadi yang hangat. Ukuran tubuh Kucing American Wirehair tergolong sedang hingga besar. Mereka memiliki mata yang besar dan cerah dengan bentuk bulat. Perawatannya pun tergolong mudah karena kepribadian mereka lembut, penyayang, dan senang bermain dengan pemilik. Harganya berkisar antara Rp 2 juta sampai Rp 10 juta.

12 dari 12 halaman

Itu tadi beberapa jenis kucing paling populer beserta harganya. Bagaimana? Semakin tertarik untuk memelihara mereka di rumah?

Beri Komentar