Cara Merawat Kucing Persia dan Anggora dengan Benar Agar Tetap Bersih dan Sehat

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 15 Agustus 2020 14:50
Cara Merawat Kucing Persia dan Anggora dengan Benar Agar Tetap Bersih dan Sehat
Ini loh tips cara merawat kucing yang benar, nggak boleh asal guys.

Buat penggemar hewan berbulu ini, cara merawat kucing itu nggak bisa sembarangan ya guys. Apalagi buat jenis tertentu, seperti ras Persia dan Anggora yang sangat populer. Bulu-bulu mereka harus kita jaga agar tetap sehat dan cantik.

Selain menggemaskan dan bisa jadi teman di rumah, kucing memang selalu jago menarik hati untuk dipelihara. Tapi cara merawat kucing juga nggak mudah guys. Bukan sekedar memberi makan ya. Kamu juga perlu memberi perawatan, makanan yang bergizi, menjaga kebersihannya dan membuatnya senang agar tidak stres.

Untuk itu, perlu banget nih kita cari tahu cara merawat kucing yang benar sebelum memutuskan untuk memeliharanya. Berikut ini hasil merangkum dari berbagai sumber cara merawat kucing yang bisa kamu ikuti.

1 dari 8 halaman

Cara Merawat Kucing Persia

Cara Merawat Kucing PersiaCara Merawat Kucing Persia © columbiacity


Kucing persia kebanyakan dipilih menjadi peliharaan sebab sifatnya yang penurut dan tidak terlalu agresif. Tapi cara merawat kucing Persia juga perlu berhati-hati. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memiliki kucing ras Persia, diantaranya:

Menyikat Bulu Persia Sejak Kecil


Kucing Persia memang terkenal dengan bulunya yang lebat dan lembut. Nah, cara merawat kucing ini harus dibiasakan menyikat bulunya sejak dia masih kecil, biar bisa menyesuaikan diri. Soalnya, kalau kamu baru menyikat saat sudah besar, bisa jadi dia menolaknya dan kamu akan kesulitan sendiri dalam merawat bulu kucing.

Pakai Sikat Bulu dari Logam


Nah, buat jenis sikat yang dipakai untuk bulunya juga nggak boleh sembarangan ya. Pilih yang berbahan logam dengan ujung meruncing. Gigi sikatnya juga jangan terlalu rapat agar bisa membantu merapikan bulu kucing yang kusut.

Soalnya kucing Persia ini memang bulunya panjang dan kamu harus menjaganya setiap hari agar tidak kusut. Sebaiknya, siapkan beberapa sikat biar bisa dipakai secara bergantian. 

2 dari 8 halaman

Berikan Mangkuk Makan yang Rendah

Cara Merawat Kucing PersiaCara Merawat Kucing Persia © YouTube/ Pets Discovery TV


Ciri khas kucing Persia adalah memiliki wajah datar dan hidung yang pendek. Itu kenapa salah satu cara merawat kucing Persia dengan memberinya wadah makanan yang pinggirannya rendah atau tanpa pinggiran sama sekali.

Soalnya mereka suka banget nih wadah makanan yang datar juga, biar memudahkan mereka saat makan. Selain itu jangan pakai mangkuk makanan yang berbahan plastik ya. Soalnya bisa jadi tempat bertumbuhnya bakteri.

Pilih Pellet Kayu Sebagai Alas Tidur


Cara merawat kucing Persia yang berbulu panjang ini perlu dengan menggunakan pellet di kandangnnya yang berbahan kayu. Soalnya kayu nggak akan menggumpal dan menempel di badan kucing. Jadi bulu kucingmu tetap panjang dan cantik deh.

3 dari 8 halaman

Mandikan Kucing

Cara Merawat Kucing PersiaCara Merawat Kucing Persia © pelaqitapersians


Nggak hanya memberi makan dan menyikat bulunya, kamu juga perlu memandikannya sebagai cara merawat kucing Persia. Apalagi kalau bulunya warna putih. Wah, harus telaten nih soalnya gampang banget kotor saat ia bermain di tanah. Kucing kan suka berguling-guling ya guys.

Itu kenapa kamu perlu memandikan kucing saat ia terlihat kotor. Bisa pakai jasa pet shop atau mandikan sendiri dengan pakai air hangat-hangat kuku. Nggak terlalu dingin ataupun terlalu panas.

Pakai juga shampoo khusus kucing yang tepat. Untuk waktu memandikannya sendiri bisa sekali atau dua kali dalam seminggu atau bahkan satu bulan sekali. Yap, hanya saat ia terlihat kotor ya.

Rawat Kuku Kucing


Selain bulu-bulunya, kamu juga perlu memotong kuku kucing dengan cara yang benar dan tepat. Supaya kuku tidak terlalu panjang dan tetap cantik.

4 dari 8 halaman

Bersihkan Mata Kucing

Cara Merawat Kucing PersiaCara Merawat Kucing Persia © animalwised


Nah, area wajah yang perlu dibersihkan mulai dari mata nih dalam cara merawat kucing Persia. Bersihkan setidaknya sehari sekali. Soalnya kucing Persia ini memang memproduksi air mata yang berlebihan gitu guys.

Kalau nggak dibersihkan justru bisa merusak bulu yang ada di wajah dan menyebabkan iritasi. Kamu bisa pakai tisu atau kain untuk membersihkannya dengan cara menyeka air mata.

Bersihkan Hidung Kucing


Selain mata, hidung kucing juga perlu kamu perhatikan ya. Apalagi hidung Persia ini lebih pendek dan mudah tersumbat karena kotoran. Jadinya ia akan susah bernapas dan bisa memicu infeksi saluran pernapasan.

Untuk itu, kamu perlu membersihkan hidung dalam cara merawat kucing Persia. Caranya memakai cutton bud yang dibasahi air hangat lalu bersihkan perlahan.

Vaksinasi


Tahu nggak sih, hidung kucing Persia yang pendek ini membuatnya lebih rentan terkena infeksi saluran pernapasan dibanding jenis kucing lainnya. Soalnya ras Persia nggak punya lapisan filter ekstra di hidung untuk menyaring bakteri.

Selain membersihkan hidungnya, kamu perlu melakukan vaksinasi atau imunisasi kucing ke dokter hewan secara teratur. Hal ini juga berguna meningkatkan daya tahan tubuh kucing terhadap flu kucing.

5 dari 8 halaman

Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat Kucing AnggoraCara Merawat Kucing Anggora © metaphoricalplatypus


Selain ras Persia, cara merawat kucing Anggora juga butuh ketelatenan yang ekstra nih! Soalnya, tiap jenis kucing memang cara merawatnya berbeda-beda ya guys. Nah, kalau Anggora ini bukunya halus banget dan butuh perhatian ekstra karena sangat manja.

Selain itu ras Anggora juga bisa dibilang kucing yang nakal. Itu kenapa kamu perlu tahu cara merawat kucing Anggora seperti berikut ini.

Butuh Kandang yang Luas


Anggora adalah jenis yang manja dan nakal, maksudnya ia sangat aktif gitu guys. Itu kenapa kamu perlu menyediakan kandang yang luas termasuk ruang untuk memanjat dan melompat. Kuncing Anggora kayak nggak ada capeknya bergerak gitu deh.

6 dari 8 halaman

Perhatikan Makanannya

Cara Merawat Kucing AnggoraCara Merawat Kucing Anggora © wamiz


Nah, buat makanannya sendiri jangan memberikan secara sembarangan biar nggak obesitas. Masalah ini sering banget dijumpai pada ras Anggora.

Sebaiknya, kamu memberi makan dengan protein yang tinggi di mana tidak kurang dari 40%. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter soal kandungan makanan ini, kok.

Menyisir Bulu dengan Rutin


Cara merawat kucing Anggora yang berbulu halus ini adalah dengan menyisirnya secara rutin. Kamu bisa melakukannya setiap hari atau beberapa hari sekali pakai sisir metal bergeirigi panjang.

Selain menyisir termasuk cara merawat kucing Anggora bulunya tetap rapi dan cantik, tapi juga agar ia tidak tertelan bulunya sendiri atau hair ball. Sebab, hal ini bisa mengganggu pencernaannya.

7 dari 8 halaman

Memandikannya dengan Rutin

Cara Memandikan KucingCara Memandikan Kucing © shutterstock.com/Irina Kozorog


Kalau kucing Persia tadi dimandikan saat terlihat kotor, cara merawat kucing Anggora dimandikan setiap dua bulan sekali guys. Meskipun kucing bisa membersihkan badannya sendiri dengan menjilat-jilat, tapi tetap perlu kita mandikan ya. Jangan terlalu sering juga soalnya bisa sebabkan kerontokan.

Membersihkan Gigi Kucing


Menyikat gigi kucing juga perlu loh! Kamu bisa mengoleskan pasta gigi kucing ke jari lalu biarkan ia menjilatinya. Kalau kucing sudah mulai terbiasa, baru deh kamu bisa pakai sikat gigi halus untuk membersihkan giginya secara perlahan.

Oh iya, jangan sekali-kali coba pasta gigi manusia ya. Soalnya ada kandungan fluoride yang bisa meracuni kucing.

8 dari 8 halaman

Bersihkan Telinga Kucing

Cara Merawat Kucing AnggoraCara Merawat Kucing Anggora © thehappycatsite


Nggak hanya gigi, tapi telinganya juga perlu kamu bersihkan ya. Cara merawat kucing Anggora dengan membersihkan telinga ini bisa pakai bola kapas atau kain bersih yang sudah dibasahi.

Usapkan secara melembut di bagian telinganya. Tapi jangan sampai ke area saluran telinga ya. Telinga kucing Anggora yang bersih umumnya berwarna merah muda dan nggak berbau.

Jadi, itulah beberapa langkah cara merawat kucing Persia dan Anggora yang perlu kamu lakukan. Gampang-gampang susah sih guys, tapi hal ini tentu saja menyenangkan. Apalagi dengan tingkah gemas mereka.

Beri Komentar