8 Jenis Burung Kenari Paling Bagus Suaranya, Cocok Buat Ikut Lomba nih!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 15 Juni 2021 13:05
8 Jenis Burung Kenari Paling Bagus Suaranya, Cocok Buat Ikut Lomba nih!
Suara beberapa jenis burung kenari ini merdu banget!

Buat pecinta kicauan burung, kamu wajib kenalan sama aneka jenis burung kenari yang memiliki suara merdu ini. Tentu saja, jenis burung kenari yang suaranya bagus sulit didapatkan. Makanya, mereka banyak menjadi incaran.

Sebenarnya, jenis burung kenari sendiri ada banyak, baik lokal maupun impor. Namun, hanya ada beberapa jenis yang suaranya gacor dan bagus. Buat yang burung kenari impor juga biasanya bermental petarung. Itu sebabnya mereka menjadi pilihan untuk diikutsertakan perlombaan.

1 dari 5 halaman

Burung Kenari Holland

Burung Kenari HollandBurung Kenari Holland © pricearea

Pertama, ada jenis burung kenari Holland yang terkenal dengan badan besarnya. Panjangnya bisa mencapai 13-15 cm loh! Sedangkan buat warna bulunya sendiri biasanya kombinasi dari putih, kuning, merah, hijau, abu-abu tua, cokelat dan juga orange.

Burung kenari Holland memang menjadi langganan incaran untuk diikutkan lomba atau kontes burung. Soalnya kicauan mereka sangat mengagumkan dan mentalnya kuat banget! Suaranya juga lebih tebal dengan variasi alunan lagu yang berulang. Keren banget kan?

Burung Kenari Merah

Nah, kalau burung kenari merah ini nih yang warnanya dominan merah sesuai dengan namanya. Mereka juga golongan yang cukup langka karena tubuh indahnya yang menyala itu sering menjadi rebutan para pecinta burung berkicau.

Ditambah, suara mereka sangat menggelegar. Makanya banyak jenis burung kenari merah yang memenangkan perlombaan. Makin jadi primadona deh, Si Merah.

2 dari 5 halaman

Burung Kenari Stafford

Burung Kenari StaffordBurung Kenari Stafford © Pinterest

Kalau jenis burung kenari Stafford ini yang ciri fisiknya paling mudah dikenali. Soalnya mereka punya jambul seperti topi di kepalanya. Mulanya, warna mereka hanya dominan merah, tapi makin ke sini sering dikawinkan silang sehingga menghasilkan warna yang beragam. Mulai dari abu-abu, cokelat susu, pastel sampai mozaik loh!

Ciri khas jambulnya menjadikan harga jual kenari Stafford cukup tinggi. Selain keindahan bulu dan jambulnya, suara mereka juga boleh diadu.

Burung Kenari Persia

Nggak hanya kucing yang berasal dari ras Persia, burung kenari juga ada yang berjenis persia loh! Ukuran tubuhnya mirip dengan burung kenari Holland yang memiliki panjang sekitar 14-15 cm.

Saat masih di penangkaran, burung kenari Persia ini memiliki tiga kategori, yaitu burung kenari kelas pertama, kedua dan ketiga. Kalau yang kelas pertama biasanya hasil dari penangkaran profesional. Sedangkan yang kedua dari penangkaran semi profesional dan yang terakhir peternak amatiran.

3 dari 5 halaman

Burung Kenari Lancashire

Burung Kenari LancashireBurung Kenari Lancashire © Pinterest

Nah, kalau burung kenari lancashire ini bentuk fisiknya serupa fengan Stafford. Mereka juga punya jambul bak mahkota di kepalanya. Tapi mahkotanya sampai menutupi bagian mata loh!

Eits.. tapi ternyata nggak semua jenis burung kenari Lancashire yang memiliki jambul. Ada juga tuh, yang nggak mempunya jambul sama sekali. Sedangkan ukuran tubuhnya besar banget, Diazens mencapai 20-22 cm.

Burung Kenari Border

Tadi ada beberapa burung kenari yang badannya besar, kalau jenis border ini justru sebaliknya. Mereka hanya memiliki panjang tubuh sekitar 13-14 cm loh!

Meski begitu, suara kicauannya justru yang menjadi primadona. Soalnya dinilai paling ideal sama pecinta burung. Karena banyak diincar, mereka cukup langka ditemukan. Warna bulunya seperti jeruk yang kuning, sedangkan sayapnya berhias cokelat atau hijau.

4 dari 5 halaman

Burung Kenari Yorkshire

Burung Kenari YorkshireBurung Kenari Yorkshire © cyberspaceandtime

Kalau kamu suka mengikutsertakan burung kenari di ajang perlombaan sih, jenis Yorkshire ini nggak boleh ketinggalan. Soalnya, suara mereka sangat gacor, ngeplong, ngerol dan digemari di Indonesia. Apalagi ukuran badannya yang terbesar dibanding jenis burung kenari lainnya loh!

Mereka terkenal memiliki bentuk tubuh unik seperti wortel terbalik dengan panjang mencapai 16-19 cm. Tubuh besarnya dimulai dari leher, dada hingga perut yang kemudian mengecil sampai ekor. Warnanya juga mirip wortel loh, orange. Tapi ada juga yang berwarna-warni, seperti mozaik, lurik juga polos.

Burung Kenari Roller

Ada lagi nih jenis burung kenari yang paling kecil, yaitu kenari Roller. Panjang tubuh mereka hanya sekitar 12-13 cm. Mungil banget ya?

Warna bulunya kuning menyala dengan benjolan di dagunya yang menjadi ciri khas burung kenari Roller. Uniknya, kenari Roller ini nggak perlu membuka paruhnya untuk berkicau loh! Ya, hanya bagian lehernya saja yang menggembung. Kayak trik sulap ya?

5 dari 5 halaman

Itu kenapa banyak orang yang nggak menyadari kalau burung mungil ini sedang berkicau. Sedangkan untuk suara kicauannya cukup rendah, namun jernih banget dan iramanya panjang.

Jadi, deretan jenis burung kenari di atas itulah yang memiliki suara paling bagus dan banyak diminati. Sekarang, giliranmu tentukan jagoan untuk ikut kontes burung!

Beri Komentar