Kartika Putri Akui Didiagnosa Autoimun dan Steven Johnson Syndrome, Begini Kondisinya Sekarang

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 25 Februari 2024 08:32
Kartika Putri Akui Didiagnosa Autoimun dan Steven Johnson Syndrome, Begini Kondisinya Sekarang
Kartika Putri jelaskan penyakit yang sedang diidapnya.

Artis cantik Kartika Putri belakangan bikin heboh publik setelah mengunggah foto dirinya dengan kondisi wajah penuh luka. Kartika Putri bahkan sampai ke Singapura untuk mendapatkan pengobatan demi luka yang ada pada wajah, bibir, lidah dan dinding rongga mulutnya.

Wanita berusia 33 tahun tersebut bertemu dengan dokter dematology dan diberikan bat minum serta cream. Selain itu, istri dari Habib Usman bin Yahya itu juga melakukan screeninh kesehatan. Kartika juga khawatir karena sakitnya ini berimbas pada dirinya yang kesulitan makan dan alhasil ASI untuk sang anak berkurang.

"Khawatir kalau susah makan asinya bakalan nggak cukup. Jadi aku semangat buat cepat sembuh. Sampai akhirnya aku putusin buat berbat ke Singapore," tulis Kartika di Instastory-ya.

1 dari 4 halaman

Diagnosa

Kartika Putri Ungkap Alasan Wajahnya Bengkak © Diadona

Bahkan banyak dari netizen yang kemudian berspekulasi jika apa yang dialami Kartika Putri ini adalah sebuah karma atas perbuatannya beberapa waktu lalu. Saat itu Kartika membalas komentar pedas netizen dengan menjelaskan jika dirinya juga belum tahu asal muasal penyakitnya tersebut.

Tapi pada unggahan terbarunya, Kartika Putri akhirnya sudah mendapat diagnosa dari dokternya dan menjelaskan bagaimana kondisinya saat ini. Kartika menyebut jika keadaannya saat ini sudah membaik. Dirinya disebut sudah mengidap autoimun selama 5 tahun.

" Jadi Subhanallah aku sudah 5 tahun didiagnosa ada yang namanya Autoimun," kata Kartika Putri.

2 dari 4 halaman

Awal Mula Sakit

Kartika Putri Alami Penyakit Aneh © Diadona

Kartika melanjutkan jika yang menjadi penyebab dari muncul luka-lukanya ini adalah dari konsumsi obat pereda nyerinya beberapa waktu lalu.

" Nah, trigger dari apa yang aku alami ini adalah beberapa waktu lalu, kurang lebih seminggu-an aku minum pain killer, dan ternyata reaksi tubuh aku itu malah berbalik menyerang diri aku sendiri," jelas Kartika.

3 dari 4 halaman

Kartika Putri juga sempat mengira jika lukanya tersebut hanyalah alergi biasa. Tapi setelah tersenggol anaknya dan terkena air, benjolan tersebut menjadi luka.

" Kulit aku pertama cuma ada benjolan kecil di bibir isinya air dan juga di jidat. Jadi awalnya kukira cuma alergi biasa, jadi penanganannya agak lamban, dan sampai akhirnya dia (luka) itu pecah karena kesenggol sama anak aku," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Kartika Putri (@kartikaputriworld)

 

Dalam unggahan terbarunya tersebut, Kartika Putri juga menuliskan jika dirinya didiagnosa dengan Steven Johnson Syndrome. Menurut laman Alodokter, steven johnson syndrome terjadi akibat reaksi hipersensitivitas tubuh terhadap obat atau infeksi. Semoga cepat sembuh ya Kartika Putri!

 

Beri Komentar