Kagumi Sosoknya yang Bersahaja, Nama Presiden Jokowi Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 21 Oktober 2020 18:24
Kagumi Sosoknya yang Bersahaja, Nama Presiden Jokowi Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi
Nama Presiden Joko Widodo, diabadikan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Nama jalan 'Presiden Joko Widodo' ditulis dalam dua bahasa, Inggris dan Arab.
Jalan Presiden Joko Widodo, berada di salah satu jalan utama yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) atau Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi, dan Area Kedutaan, sebuah kawasan yang ditempati oleh beberapa Kantor Perwakilan Diplomatik.

Husin Bagis, Duta Besar RI untuk UEA mengatakan, Jalan Presiden Joko Widodo berada di lokasi yang sangat strategis dan bukan di desa.

1 dari 3 halaman

Lokasi Strategis

Husin Bagis, Duta Besar RI untuk UEA © Diadona

" Jalan bagus, jalan utama di daerah pameran. Artinya, dekat Abu Dhabi National Exhibition Centre. Jalan itu padat. Artinya, bukan di jalan kampung, di jalan besar," kata Husin dilansir dari detikcom, Selasa (20/10).

Lebih lanjut Husin mengatakan, Putra Mahkota UEA, Mohammed bin Zayed, melihat Presiden Jokowi sebagai sosok yang sangat bersahaja dan rendah hati.

" Dia dekat sama Trump, sama Macron, semua dekat, tapi ya dekat-dekat begitu saja. Tetapi dengan Pak Jokowi lain. Kenapa dekat? Karena dia merasa Pak Jokowi orangnya, masyaallah sangat humble, sangat bersahaja, nggak macam-macam, nggak aneh-aneh, kelihatan," kata Husin.

2 dari 3 halaman

Apresiasi UEA untuk Joko Widodo

Presiden Joko Widodo dan Mohammed bin Zayed © Diadona

Selain itu, pemerintah UEA dikenal sangat mengapresiasi kepemimpinan Presiden Jokowi dan dinilai sukses di mata dunia.

Mereka juga menghargai kepemimpinan Pak Jokowi. Memang selama kepemimpinan Pak Jokowi ini selain di dalam negeri, di luar negeri dianggap sukses membangun bangsa kita," ujar Anggota Komisi I DPR yang membidangi hubungan luar negeri, Abdul Kadir Karding.

Mengetahui namanya menjadi nama jalan di Abu Dhabi, melalui Instagram, Presiden Jokowi mengungkapkan kegembiraannya. Ia mengatakan, itu pertanda eratnya hubungan Indonesia dan Uni Emirat Arab.

3 dari 3 halaman

Rasa Bahagia Presiden Joko Widodo

      View this post on Instagram

Seruas jalan di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab kemarin diresmikan sebagai Presiden Joko Widodo Street oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Chairman Abu Dhabi Executive Office. Jalan yang membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik itu menggunakan nama saya. Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia. Sebuah gambaran betapa eratnya hubungan di antara dua negara yang kini bekerja sama dalam berbagai bidang. Di balik penamaan jalan itu, tersimpan harapan semoga hubungan kedua negara semakin kokoh, saling menguatkan, dan bermanfaat bagi rakyat Uni Emirat Arab dan Indonesia. Terima kasih.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

"Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia. Sebuah gambaran betapa eratnya hubungan di antara dua negara yang kini bekerja sama dalam berbagai bidang," tulis Presiden Jokowi di akun Instagramnya, Selasa (20/10).

Beri Komentar