Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar Wajib Jajal, Demi Bekal Survive di Tengah Pandemi

Reporter : Zaki
Jumat, 23 Oktober 2020 17:04
Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar Wajib Jajal, Demi Bekal Survive di Tengah Pandemi
Mau coba yang mana?

Sejak awal tahun, pandemi belum menunjukkan kapan akan berakhir. Mau nggak mau, perubahan pun terjadi mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga lingkup ekonomi. Beruntungnya kamu yang bisa bertahan dengan pekerjaan yang tergolong stabil, tapi ada juga yang pasrah menerima putusan PHK dan bikin penghasilan jadi berkurang bahkan hilang.

Untungnya, ada beberapa jenis usaha modal kecil untung besar yang bisa dijajal untuk menambah pendapatan atau dijadikan penghasilan utama. Mau dilakukan di rumah, join bareng teman atau anggota keluarga, hingga menggunakan sebagian tabungan sebagai dana, pertimbangkan opsi-opsi ini ya.

1 dari 8 halaman

Masker Kain

© shutterstock

Demi melindungi kesehatan diri dan orang lain, protokol kesehatan pun wajib dilakukan termasuk menggunakan masker. Dihimbau nggak menggunakan masker medis, banyak yang memulai bisnis jual beli masker sebagai jenis usaha modal kecil untung besar.

Biar tampil beda di tengah persaingan yang ketat, ikuti aturan yang diberlakukan pemerintah maupun badan kesehatan. Mulai dari masker kain minimal 2 lapis, sesuai dengan SNI dan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Nggak harus menjahitnya sendiri, kamu juga bisa jadi reseller atau dropship tapi pilih kualitas produk yang cukup baik.

Selain menawarkan model dan warna yang menarik, jangan lupa untuk mengimbangi dengan pelayanan terbaik. Awali dengan memberikan respon cepat dalam menanggapi orderan pembeli, pengemasan yang aman hingga merespon keluhan atau review dengan positif.

2 dari 8 halaman

New Normal Kit

© shutterstock

Selain masker, jenis usaha modal kecil untung besar lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan adalah new normal kit. Ada berbagai produk yang bisa ditawarkan misalnya disinfektan, hand sanitizer, face shield, sabun cuci tangan hingga pouch praktis sebagai wadah perlengkapan kebersihan tersebut.

Usung produk berkualitas baik dan punya brand yang cukup dikenal. Selain itu, alternatifnya jual dalam bentuk paket bundling dengan harga yang lebih terjangkau. Jika perlu, iming-imingi dengan bonus seperti sampel produk kebersihan atau diskon menarik di momen-momen tertentu.

3 dari 8 halaman

Suplemen Kesehatan

© shutterstock

Bukan hanya melindungi kesehatan dari luar, penting juga untuk mempertahankan daya tahan tubuh sehingga dapat menangkal masuknya virus ke dalam tubuh. Nggak heran jika berjualan produk kesehatan jadi salah satu jenis usaha modal kecil untung besar yang lagi naik daun.

Selain multivitamin dalam berbagai bentuk, kamu bisa menjajaki bisnis herbal yang laris manis di pasaran. Sejak dulu, jamu banyak dikonsumsi untuk mempertahankan kesehatan. Kini, ramuan yang diolah dari rempah-rempah asli Nusantara tampil lebih modern. Dikemas dalam botol plastik atau kaca yang tampil cantik dengan label dan brand yang menarik, tawarkan pemesanan secara online dan delivery service langsung ke alamat konsumen.

4 dari 8 halaman

Katering Makanan Sehat

© shutterstock

Pandemi bikin banyak orang mengubah gaya hidup yang awalnya asal-asalan jadi lebih tertata. Mulai rutin berolahraga, berjemur di pagi hari, konsumsi suplemen hingga mengatur pola makan lebih sehat. Tapi nggak semua orang punya waktu untuk menghadirkan makanan sehat di atas meja makan. Ini kesempatan untuk mengembangkan jenis usaha modal kecil untung besar, dengan memulai katering sehat.

Nggak harus punya kemampuan memasak, kamu bisa menggandeng teman, keluarga atau kenalan yang hobi memasak makanan lezat. Tawarkan menu-menu sehat dari bahan-bahan segar dan organik yang dipercaya lebih baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Bikin lebih bervariasi dengan variasi menu, mulai dari pembuka lengkap hingga dessert yummy. Selain menawarkan catering siap makan, bisa juga berbisnis frozen food sehat yang praktis dimasak kapan saja.

5 dari 8 halaman

Minuman Kekinian

© shutterstock

Bagi yang biasanya doyan nongkrong di kafe atau kedai kopi kekinian, pandemi membuat kebiasaan ini terpaksa dikurangi atau ditunda. Peluang ini bisa dimanfaatkan dengan berbisnis minuman kekinian dari rumah. Jenis usaha modal kecil dana besar ini pun nggak harus didukung dengan kemampuan meracik minuman ala barista.

Kini banyak paket minuman kekinian yang siap diracik dan dikemas menarik dalam botol plastik maupun kaca. Bahkan, tak sedikit yang berjualan minuman kekinian seperti kopi, teh hijau, teh tarik hingga jus buah dalam kemasan besar 1 liter yang dianggap lebih hemat. Tawarkan juga tambahan-tambahan yang bikin minuman kian terasa sedap seperti boba, cheese cream hingga remah biskuit yang lagi viral.

6 dari 8 halaman

Pakaian Rumahan

© shutterstock

Salah satu aturan yang banyak diberlakukan di tengah pandemi adalah WFH alias work from home. Berbagai cara adaptasi pun dilakukan, termasuk ribetnya memilih baju yang nyaman selama bekerja dari rumah. Selain itu, penampilan pun tetap harus on point jika sewaktu-waktu ada agenda meeting dengan klien, atasan atau rekan kerja secara online.

Bisnis pakaian rumahan kini pun jadi salah satu jenis usaha modal kecil untung besar selama new normal. Piyama yang nyaman namun tetap terlihat stylish pun banyak dicari. Tanpa dana awal yang besar, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produsen fashion yang sudah punya imej baik dan profesional. Rutin upload foto jualanmu di media sosial dengan caption yang menarik. jika perlu, rutin berikan diskon atau giveaway yang sering sukses menarik perhatian konsumen.

7 dari 8 halaman

Ikan Cupang

© shutterstock

Punya banyak waktu luang di rumah jangan cuma dipakai rebahan. Yuk, coba-coba menjajal jenis usaha modal kecil untung besar seperti beternak atau berjualan ikan cupang. Gerak-gerik ikan mungil dengan warna-warna cantik ini ternyata lagi banyak diminati.

Butuh ketelitian dan ilmu yang cukup jika ingin membudidayakan ikan cupang di rumah. Tapi kamu juga bisa memasarkan jenis ikan cupang lewat media sosial yang memperluas pemasaran hingga ke luar daerah. Selain jenis ikan cupang, bisa juga mencoba berjualan hobi lainnya yang berpeluang mendatangkan laba seperti tanaman hias maupun burung cinta alias lovebird.

8 dari 8 halaman

Dekorasi Rumah

© shutterstock

Kalau biasanya hanya menghabiskan waktu di rumah untuk tidur, pandemi mendorong banyak orang untuk lebih banyak berada di rumah untuk menekan risiko paparan penyakit. Hal ini mendorong jenis usaha modal kecil untung besar seperti berjualan dekorasi rumah jadi meningkat.

Nggak harus mengeluarkan dana besar untuk berjualan perabot rumah yang mahal. Kamu bisa menawarkan pernak-pernik unik yang lagi tren seperti frame dengan aneka quote unik, pot bunga, sarung bantal cantik hingga wadah penyimpanan bernuansa alam. Temukan produsen yang mampu memberikan produk berkualitas dan tepat waktu, tinggal pasarkan di akun media sosial atau manfaatkan e-commerce untuk memperluas pemasarannya.

Ada beberapa jenis usaha modal kecil untung besar yang bisa dijajal untuk meningkatkan penghasilan. Asal tekun dan cermat menangkap peluang, bisnis rumahan pun bisa berkembang pesat dan mendatangkan laba besar. Berani jadi pengusaha di tengah masa pandemi? (eth)

Beri Komentar