© Unsplash.com
Kata atau istilah perusahaan mungkin sudah sering banget kita dengar. Begitu juga dengan kata atau organisasi, kita pasti sudah akrab dengannya. Tapi bagaimana dengan istilah struktur organisasi perusahaan? Masih asing bukan?
Nah, di dalam ulasan di bawah ini Diadona.id akan membahas seputar jenis-jenis struktur organisasi perusahaan. Tentu saja ulasan dibawah ini sudah merangkum beberapa materi dari berbagai sumber. Jadi, yuk kita bareng-bareng.
Pertama-tama, mari kita cari tahu apa itu organisasi. Dalam pengertian sederhana, organisasi dapat diartikan sebagai kelompok orang yang bekerjasama dan ingin mencapai tujuan bersama. Organisasi didirikan karena beberapa tujuan tertentu yang hanya dapat dicapai melalui tindakan yang harus dilakukan bersama-sama, tujuan itu bisa berupa laba, pemberian pendidikan, sosial dan lain-lain.
Tentu saja, banyak sekali pendapat tokoh terkait apa itu organisasi. Melansir dari laman Merdeka.com, perbedaan-perbedaan tersebut mempunyai elemen dasar yang sama. Yaitu, bahwa organisasi adalah sekelompok orang, kerjasama, proses pembagian kerja, pengaturan hubungan dan tujuan yang hendak dicapai.
Selanjutnya, adalah tentang struktur organisasi, yang dalam ini akan lebih spesifik mengenai struktur organisasi perusahaan. Lazimnya, setiap perusahaan pasti memiliki sebuah struktur oragnisasi. Karena hal ini adalah komponen penting dari sebuah perusahaan itu sendiri.
Penyusunan struktur organisasi merupakan langkah awal dalam memulai pelaksanaan kegiatan organisasi. Dengan kata lain, penyusunan struktur organisasi adalah langkah terencana dalam suatu perusahaan untuk melaksanakan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.
Singkatnya, struktur organisasi perusahaan adalah komponen atau unit kerja tertentu yang ada di dalam suatu perusahaan atau badan usaha. Dengan adanya struktur ini atasan akan bisa membagi-bagikan tugas dengan mudah. Sebaliknya jika perusahaan tidak memiliki struktur organisasi perusahaan yang bagus, tentu pembagian tugas menjadi tidak jelas.
Setelah mengetahui apa itu struktur organisasi, Sekarang amri kita beranjak ke pokok pembahasan, yaitu jenis-jenis struktur organisasi perusahaan. Tentunya, struktur organisasi ini sangat banyak disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan.
Jenis-jenis struktur organisasi perusahaan secara umum akan dibagi menjadi dua, yaitu menurut pandangan umum dan pandangan khusus. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.
Struktur formal adalah struktur organisasi yang dijalankan oleh hampir seluruh perusahaan, badan usaha dan lembaga yang lainnya. Salah satu cirinya ialah semua orang yang masuk ke dalam struktur tersebut di masukkan ke dalam gambar struktur.
Sedangkan, untuk struktur informal adalah struktur informasi bayangan yang berjalan tanpa kesepakatan dan tidak diikat dengan regulasi tertentu. Struktur semacam ini bisa disematkan pada diskursus antara bawahan dengan ketua yayasan yang pasti ada pengakuan sekalipun tidak ada dalam struktur keanggotaan.
Itulah jenis struktur organisasi perusahaan menurut pandangan umum. Tentu saja, masing-masing dari struktur organisasi tersebut ada manfaat serta kekurangannya sendiri yang mana hal itu akan disesuaikan dengan sistem organisasi perusahaan tersebut.
Jenis struktur organisasi perusahaan yang pertama adalah struktur fungsional. Menurut Frederick W.Taylor organisasi fungsional adalah bentuk organisasi di mana kekuasaan pimpinan dilimpahkan kepada para pejabat yang memimpin satuan di bawahnya dalam satuan bidang pekerjaan tertentu seperti dilansir Merdeka.com.
Misalnya, CEO menjadi pemimpin tertinggi dan menaungi divisi-divisi, seperti marketing, human resource, dsb. Struktur ini dipilih oleh sebagian besar perusahaan karena menjadikan spesialisasi ke dalam divisi. Tak hanya itu, bagi perusahaan yang baru dirintis, struktur ini amat mudah untuk dikembangkan.
Untuk jenis struktur organisasi perusahaan selanjutnya adalah struktur organisasi divisional. Ini adalah struktur organisasi yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan produk, layanan, pasar dan letak geografis. Struktur organisasi ini biasanya diterapkan di perusahaan yang berskala menengah ke atas.
Melansir dari laman Accurate.id, jenis struktur organisasi komite atau proyek adalah struktur yang bidang kepemimpinan serta tugas yang lainnya dilaksanakan secara kolektif atau bersama-sama. Di struktur inilah lahir istilah komite di dalam organisasi.
Nah, untuk yang terakhir ada jenis struktur organisasi perusahaan yang bernama struktur tim kerja. Ini adalah struktur organisasi yang dibuat tidak permanen atau selamanya. Melainkan hanya temporal saja sampai batas waktu yang sudah ditentukan.
Struktur semacam ini dibuat biasanya ketika dihadapkan dengan tugas-tugas tertentu yang harus dilakukan dengan lebih fokus. Setelah pekerjaan selesai digarap, maka tim kerja bisa dibubarkan atau dipertahankan.
Jadi itulah ulasan mengenai jenis-jenis struktur organisasi perusahaan yang patut kita ketahui. Ya minimal bisa kita jadikan dasar pengertian untuk memehami hal-hal yang lebih kompleks lainnya mengenai sebuah perusahaan.
Semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!
Zakat Fitrah 2025: Berapa Besarnya dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Menembus Batas: Yoona Dorong Kepemimpinan Perempuan yang Berdaya dan Berpengaruh
Rayakan Ramadan dengan Perjalanan Kuliner Istimewa di Sheraton Jakarta Soekarno Hatta Airport
GUESS Shimmer Soiree: Glitz, Glam, dan Fashion Tanpa Batas!