8 Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa yang Harus Diketahui Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 18 Maret 2021 12:38
8 Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa yang Harus Diketahui Sebelum Memasuki Dunia Kerja
Kamu ingin mulai aktif di organisasi perkuliahan? Yuk, simak dulu manfaat organisasi bagi mahasiswa berikut ini.

Bagi sebagian orang, memasuki dunia perkuliahan  menjadi hal yang menyenyangkan setelah lulus dari bangku sekolah SMA. Sebab, jam belajarmu tidak sepadat saat sekolah dulu tetapi juga tidak sesantai apa yang kamu pikirkan sih.

Namun, bukan berarti saat kuliah kamu hanya menjadi sebagai mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang-pergi), ya. Oleh karena itu, kamu harus mengikuti organisasi yang ada di luar atau di dalam kampus. Tenang, manfaat organisasi bagi mahasiswa ini cukup banyak kok.

Gak percaya? Langsung saja simak ulasan berikut mengenai manfaat organisasi bagi mahasiswa yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Organisasi bagi Mahasiswa

Manfaat Organisasi © Diadona

Menjadi seorang mahasiswa merupakan suatu kesempatan bagi kita untuk belajar serta mengembangkan diri. Baik itu kemampuan softskill ataupun hardskill, salah satunya adalah dengan aktif di organisasi.

Berikut beragam manfaat organisasi bagi mahasiswa yang harus kamu ketahui. Adapun diantaranya:

1. Belajar Mengatur Waktu

Seperti yang diketahui, menjadi mahasiswa secara tidak langsung kamu akan belajar disiplin dan mengatur waktu. Maka dari itu, dengan mengikuti organisasi, kamu akan diminta untuk tepat waktu dalam pertemuan atau kegiatan sehingga bisa bertanggung jawab atas waktu yang mereka lewatkan.

Selain itu, manfaat organisasi bagi mahasiswa juga bisa mengatur waktu saat bermain atau untuk belajar dan mengerjakan tugas.

2. Meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan

Manfaat organisasi bagi mahasiswa yang kedua ialah dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Artinya, kamu bisa belajar banyak hal. Seperti membuat proposal kegiatan, mencari sponsor atau donatur, mengelola anggaran, dan berhubungan dengan banyak orang.

Sehingga, dengan jaringan yang luas ini maka tentu akan sangat membantu kamu dalam mencapai kesuksesan. Misalnya saja pada saat kamu mencari pekerjaan pada suatu perusahaan. Tak heran bahwa orang yang memiliki kenalan pada suatu perusahaan terkadang akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan daripada orang yang sama sekali tidak memiliki kenalan.

2 dari 3 halaman

3. Dapat Mewadahi Minat serta Mempertajam Bakat

ilustrasi organisasi mahasiswa © Diadona

Tak hanya meningkatkan pengetahuan dan wawasan saja, manfaat organisasi bagi mahasiswa juga bisa mewadahi minta bakat kamu, lho. Misalnya seperti apabila kamu adalah seorang mahasiswa ilmu computer dan tengah mengikuti UKM Olahraga Menembak, maka bakat kamu dalam olahraga menembak pasti juga akan terasah, siapa tahu bisa jadi atlet menembak.

4. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Manfaat organisasi bagi mahasiswa selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kemampuan komunikasinya. Sebagaimana dijelaskan di atas, bahwa organisasi itu memungkinkan setiap mahasiswa untuk bertemu dengan banyak orang.

Bahkan, setiap anggota di organisasi didorong untuk dapat meningkatkan komunikasi tatap muka serta mempraktekkan public speaking saat mempresentasikan segala kegiatan. Dengan begitu, rasa percaya dirimu akan terasah deh.

5. Menjadi Kuat saat Menghadapi Tekanan

Umumnya mahasiswa yang memasuki suatu organisasi di kampus, biasanya mereka akan dihadapkan dengan berbagai masalah organisasi yang harus mereka cari solusinya. Oleh karena itu, salah satu manfaat organisasi yang nggak kalah penting ialah mengajarkan kamu menjadi kuat saat menghadapi tekanan.

Sebab, di dalam organisasi kerap mengadakan kegiatan-kegiatan yang tentunya juga mempunyai kendala, dan secara tidak langsung kamu akan belajar tentang pemecahan masalah, terbiasa dengan berbagai masalah, hingga akhirnya menghadapi berbagai tekanan.

3 dari 3 halaman

6. Mengasah Keterampilan Sosial

Ilustrasi Tujuan Organisasi © Diadona

Selain meningkatkan keterampilan komunikasi, manfaat organisasi pun dapat mengasah keterampilan sosialmu lho, guys. Hal ini dikarenakkan dalam kegiatan berorganisasi, mahasiswa tidak hanya dilibatkan di kampus. Namun, juga belajar dalam situasi sosial di luar kampus dengan berbagai kegiatan seperti penanggulangan bencana hingga bakti sosial.

7. Melatih Semangat Kepemimpinan

Manfaat organisasi bagi mahasiswa yang ketujuh yaitu dapat melatih jiwa kepemimpinan. Maksudnya ialah dalam sebuah organisasi biasanya ada struktur organisasi yang dipimpin oleh seorang pemimpin. Akan tetapi, kemampuan memimpin ini juga harus ada pada setiap anggota organisasi baik sekretaris, bendahara, serta divisi lain seperti kehumasan.

8. Ajang Berlatih Menuju ke Dunia Kerja

Sebagaimana diketahui, aktif di organisasi akan membuat anggotanya disiplin serta berani bersosialisasi. Maka dari itu, manfaat orang bagi mahasiswa adalah untuk melatih diri supaya bisa bekerja dengan baik di dunia kerja yang sebenarnya.

Sebab, dalam sebuah organisasi membiasakan anggotanya supaya tidak heran saat memasuki dunia kerja yang melelahkan serta mengedepankan kesehatan jiwa.

Itulah beberapa manfaat organisasi bagi mahasiswa yang perlu diketahui. Semoga setelah membaca ulasan di atas, hari kuliahmu jadi lebih unik dan menarik. Semangat DiaZens!

Beri Komentar