Jenis-Jenis Dinosaurus yang Pernah Ada di Dunia, Kamu Harus Tahu nih!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 16 September 2021 15:52
Jenis-Jenis Dinosaurus yang Pernah Ada di Dunia, Kamu Harus Tahu nih!
Dinosaurus sendiri bukanlah nama seekor hewan. Ini lebih ke jenis sebuah kelompok hewan yang hidup di jaman tertentu.

Berbagai jenis dinosaurus adalah hewan purba yang dipercaya pernah eksis pada ratusan juta tahun yang lalu. Seperti halnya hewan-hewan pada saat ini, dinosaurus-dinosaurus itu mendiami berbagai tempat, ada yang di air, di udara layaknya burung dan juga di daratan biasa.

Dinosaurus sendiri bukanlah nama seekor hewan. Ini lebih ke jenis sebuah kelompok hewan yang hidup di jaman tertentu. Jadi, nama-nama seperti Megalodon, T-rex, serta nama yang lain itu adalah kelompok hewan yang masuk dalam jenis dinosaurus.

Diadona.id telah merangkum berbagai jenis dinosaurus, mulai dari yang hidup di air, udara dan darat ini dari berbagai sumber. Sedikit uraian ini mudah-mudahan bisa berguna buat kita semua ya. Yuk kita simak uraian di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Jenis-jenis dinosaurus air

1. Megalodon

Jenis Dinosaurus AirJenis Dinosaurus Air © Fancom.com

Megalodon alias " The Meg" adalah jenis dinosaurus air yang hidup sekitar 23 juta hingga 26 juta tahun yang lalu yakni pada zaman Moisen awal hingga Pliosen akhir. The Meg adalah salah satu predator terbesar dan terkuat yang pernah hidup di lautan.

Namun hewan ini sudah dinyatakan punah dan sudah tidak ada lagi di lautan. Megalodon sendiri diperkirakan memiliki ukuran tubuh antara 13 meter hingga maksimal 18 meter. Jika diibaratkan, ukuran tubuh Megalodon setara dengan panjang dua bus.

2. Pliosaurus

Jenis Dinosaurus AirJenis Dinosaurus Air © Fancom.com

Jenis dinosaurus air yang selanjutnya adalah Pliosaurus. Jadi ini merupakan jenis reptil laut yang hidup pada zaman prasejarah. Diperkirakan hewan ini hidup di zaman Jurrasic akhir, yakni sekitar 55 juta tahun lalu. Pliosaurus memiliki dua pasang sirip yang kuat yang masing-masing sirip terdiri dari tulang yang dilapisi kulit tebal.

Menurut berbagai sumber, panjang dari hewan ini bisa mencapai 10 hingga 12,8 meter. Pada zamannya, hewan ini tergolong sebagai predator yangcukup ganas. Pliosaurus biasa memakan ikan dan hewan laut lainnya. Terkadang, ia juga memakan temannya sendiri.

3. Dunkleosteus

Jenis Dinosaurus AirJenis Dinosaurus Air © Fancom.com

Tak kalah dari jenis dinosaurus air yang sebelumnya, Dunkleosteus adalah karnivora laut terkuat dan predator yang brutal di bumi pada zamannya. Hewan ini hidup pada zaman Devonian, yakni sekitar 380 hingga 360 juta tahun lalu.

Yang menjadi ciri utama dari dinosaurus ini adalah memiliki perisai layaknya zirah di bagian lempengan tulang yang menutupi dan melindungi kepala hingga sebagian punggung, insang, dan dada. Hewan ini memiliki panjang sekitar 5 hingga 9 meter, lebih besar dari hiu putih raksasa dari Afrika Selatan dan Australia.

2 dari 5 halaman

Jenis-jenis dinosaurus terbang

4. Jeholornis

Jenis Dinosaurus TerbangJenis Dinosaurus Terbang © Sci-News

Jeholornis atau burung Jehol adalah jenis dinosaurus bersayap dan memiliki ekor panjang yang hidup pada awal Zaman Kapur di China. Melansir Dinopedia, Jeholornis memiliki tinggi sekitar 2,5 kaki (70 sentimeter) dan beratnya sekitar 20 lbs. Salah satu burung berekor panjang yang paling dikenal di Zaman Kapur dan dikenal juga sebagai pemakan biji serta ikan.

5. Archaeopteryx

Jenis Dinosaurus TerbangJenis Dinosaurus Terbang © Sci-News

Jika jenis dinosaurus terbang sebelumnya bukanlah predator, maka Archaeopteryx ini adalah salah satu dinosaurus terbang predator. Archaeopteryx memiliki gigi yang tajam, tiga jari dengan cakar, dan ekor yang panjang serta bertulang.

6. Afrotapejara

Jenis Dinosaurus TerbangJenis Dinosaurus Terbang © Sci-News

Melansir Sci-News via IDN, jenis dinosaurus terbang ini adalah termasuk dalam Tapejaridae, sekelompok Pterosaurus berukuran kecil hingga sedang dengan rentang sayap mungkin selebar 4 meter. Hewan ini hidup di zaman hidup sekitar 100 juta tahun yang lalu (periode Kapur).

3 dari 5 halaman

Jenis-jenis dinosaurus

7. Tyrannosaurus Rex

Jenis DinosaurusJenis Dinosaurus © Fandom.com

Jenis dinosaurus yang elanjutnya adalah merupakan jenis yang paling terkenal, yakni tyrannosaurus rex atau T-Rex. Tyrannosaurus rex ini disebut sebagai dinosaurus terganas karena memiliki tampilan tinggi besar dan tegak dengan dua kaki, rahang yang besar serta penuh gigi yang tajam sehingga bisa mencabik-cabik mangsanya dengan mudah.

Untuk ukuran dari dino satu ini juga besar loh, yakni tingginya bisa mencapai sekitar 4-5 meter dengan berat yang bisa mencapai satu ton. Tyrannosaurus rex menjadi dinosaurus di urutan mata rantai teratas karena kekuatan dan keganasannya yang membuat dinosaurus lain takut.

8. Brontosaurus

Jenis DinosaurusJenis Dinosaurus © Fandom.com

Selanjutnya ada nama yang juga sangat populer yakni Brontosaurus. Ciri khasnya adalah lehernya yang sangat panjang seperti jerapah. Tinggi dari brontosaurus bisa mencapai hingga 27 meter dengan berat hingga 38 ton.

Ukuran dari dinosaurus ini besarnya berkali lipat daripada T-Rex. Dino ini juga bukan tipe predator. Brontosaurus adalah dinosaurus pemakan rumput atau herbivora.

4 dari 5 halaman

9. Triceratops

Jenis DinosaurusJenis Dinosaurus © Fandom.com

Triceratops ini adalah dinosaurus yang juga sering disebut sebagai Tritop. Ini adalah dinosaurus yang memiliki tiga tanduk dan di bagian belakang tanduknya terdapat sirip besar mirip telinga yang memenuhi bagian atas kepalanya.

Ukuran dari triceratops ini bisa mencapai 9 meter, sedangkan berat tubuhnya bisa mencapai 9 ton. Tritop ini juga merupakan satu dari sekian banyak dinosaurus yang ukuran badannya sangatlah besar.

10. Stegosaurus

Jenis DinosaurusJenis Dinosaurus © Fandom.com

Terakhir, ada nama Stegosaurus. Ini adalah jenis dinosaurus yang punya tampilan yang unik dan punya ciri khas khusus yakni memiliki lempeng duri-duri di sepanjang punggungnya.

Duri-duri di punggung stegosaurus ini ternyata bagian dari kerangka mereka dan berfungsi untuk menarik perhatian saat musim kawin. Keunikan lain dari stegosaurus, meski tubuhnya besar, ia hanya memiliki otak yang sangat kecil.

Jadi itu lah beberapa jenis dinosaurus yang hidup di air, daratan, hingga dinosaurus yang terbang. Kalau kamau misal dinosaurus bisa dipelihara, kamu mau pelihara yang mana nih Diazens?

Beri Komentar