10 Jenis Burung Pleci yang Bagus Buat Kontes atau Lomba, Kicauannya Istimewa!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 10 September 2021 13:00
10 Jenis Burung Pleci yang Bagus Buat Kontes atau Lomba, Kicauannya Istimewa!
Berbekal kemampuan yang berkicau luar biasa, berbagai jenis burung pleci pun kini sudah menjadi langganan untuk burung kontes atau pun lomba.

Indonesia yang kaya akan keragaman fauna, salah satunya adalah berbagai jenis burung pleci. Burung ini merupakan satu dari sekian banyak burung kicauan yang ada di Indonesia. Yang menarik dari burung pleci ini adalah meskipun badannya kecil, namun suara kicauannya sangatlah istimewa.

Berbekal kemampuan yang berkicau luar biasa, berbagai jenis burung pleci pun kini sudah menjadi langganan untuk burung kontes atau pun lomba. Oh iya, burung Pleci ini masuk kedalam suku Zosteropidae, mereka memiliki jumlah dan spesies yang begitu banyak.

Namun, dari sekian banyak jenis burung Pleci tersebut, ciri utama dari burung ini adalah memiliki lingkaran putih di bagian matanya yang terlihat seperti kaca mata. Mempunyai perbedaan yan gtidak terlalu mencolok antara satu sama lain, sepertinya kamu tetap harus tahu jenis mana yang istimewa untuk dibuat lomba atau pun kontes.

Nah untuk mengatahui berbagai jenis burung Pleci tersebut, Diadona.id telah merangkum ulasan sederhananya dari laman Hewan.id. Yuk mari kita simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. Pleci Buxtoni

Jenis burung Pleci yang pertama adalah Pleci Buxtoni. Ciri utama dari Pleci Buxtoni adalah bagian dadanya berwarna abu-abu dan bagian punggung yang berwarna kuning. Untuk persebaran burung ini yakni ada di pulau Sumatera dan daerah Jawa Barat.

Seperti Bburung Pelci pada umumnya, Ukuran tubuh Pleci Buxtoni ini relatif kecil. Namun, jangan salah, Pleci yang satu ini memiliki suara kiacauan yang istimewa.

2. Pleci Dada Kuning Bali

Kemudian untuk jenis burung Pleci yang kedua ada Pleci Dada Kuning Bali. Burung yang juga sering dijuluki Dakbal atau Dakun Bali ini memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dari pada pleci pada umumnya.

Perbedaan yang paling menonjol dari Pleci lain yaitu pada bagian lingkar putih di sekitar mata lebih lebar serta suaranya mirip dengan ayam alas ketika berkicau.

2 dari 6 halaman

3. Pleci Dada Kuning Garut

Lalu ada jenis burung Pleci Dada Kuning Garut. Ini adalah burung Pleci yang biasanya sangat mendominasi diajang perlombaan karena memiliki jenis suara yang lantang dan bervariasi. Ciri utama dari Pleci Garut yaitu memiliki paruh panjang dan lebar, warna bulu bagian dada berwarna kuning bening.

4. Pleci Dada Kuning Jawa Timur

Seperti namanya, burung pleci dada kuning Jawa Timur ini berhabitat di Jawa Timur. Pleci dada kuning Jawa Timur yang memiliki nama latin Zosterops Flavus ini memiliki ciri fisik seperti warna punggung dan dada yang lebih cerah dan tidak memiliki garis mata hitam.

3 dari 6 halaman

5. Pleci Montanus

Jenis burung Pleci Montanus juga seriun gdisebut sebagai Pleci Gunung. Ukuran tubuh yang dimiliki oleh Pleci ini sedikit besar daripada Buxtoni. Habitat dari jenis Pleci Montanus yaitu tersebar di Sumatera, Bali, Jawa Sulawesi, Nusa tenggara dan Maluku.

Untuk cirinya sendiri, bulu perut hingga dada yang dimiliki Pleci ini berwarna putih keabu-abuan. Sedangkan pada bagian sisi tubuh berwarna kecokelatan.

6. Pleci Auriventer

Pleci Auriventer ini adalah burung Pleci yang banyak dijumapi di hutan bakau dan di pesisir pantai. Burung pleci ini tersebar di wilayah ASEAN seperti Thailand, Malaysiam Singapura, Myanmar, dan Indonesia.

Di Indonesia sendiri, di pesisir pantai timur Sumatera, pulau Bangka, Kepulauan Riau, Kalimantan, dan Kepulauan Natuna Selatan.
Untuk ciri-ciri burung ini yaitu memiliki kacamata yang tebal dan iris mata berwarna cokelat serta suara yang ngebass dan mendayu.

4 dari 6 halaman

7. Pleci Salvadori Enggano

Selanjutnya ada jenis burung pleci Salvadori Enggano. Sesuai dengan namanya, burung ini berhabitat di Pulau Enggano. Ciri yang nampak dari burung ini yaitu punggungnya berwarnya kekuningan serta dada berwarna abu-abu gelap dan juga warna kepala yang agak kehitaman.

Oh iya, Pleci Enggano mempunyai ukuran badan yang cukup besar. Juga, kicauan dari pleci Salvadori Enggano ini keras, nyaring, dan ngebass.

8. Pleci Dakun Marmer

Pleci Dakun Marmer atau Pleci Dada Kuning Mata Merah merupakan salah satu jenis burung Pleci yang mempunyai mental yang kuat dan volume suara yang keras. Habitat jenis burung Pleci Dakun Marmer yaitu di sekitar Gunung Merapi. Rata-rata Pleci Merapi memiliki iris mata berwarna merah. Warna merah menandakan kalau sifat burung ini kejam dan tangguh.

5 dari 6 halaman

9. Pleci Dakun Macok

Burung Pleci Dakun Macok menjadi fovorit dikalangan pecinta burung kacamata karena suaranya yang jernih dan keras. Jenis ini juga banyak dipelihara karena harganya yang tidak terlalu mahal. Habutat dari pleci jenis ini ialah di wilayah Pulau Jawa.

10. Pleci Dakun Maput

Yang terakhir ada jenis burung Pleci Dakun Maput alias dada kuning mata putih. Ini adalah burung Pleci yang cukup istimewa karena memiliki suara kristal dan bening.

Ciri fisiknya ialah memiliki lingkaran mata berwarna putih, dada berwarna kuning, dan bagian punggung berwarna hijau kekuningan. Kebanyakan, burung pleci ini berhabitat di Jawa, tepatnya berasal dari gunung Muria Kudus.

Jadi itulah beberapa jenis burung Pleci yang bagus untuk kontes atau pun lomba. Semoga ulasan sederna ini bisa bermanfaat buta kita semua, ya. Oh iya, kalau kamu sudak burung Pleci yang mana nih?

Beri Komentar