Jadi Incaran saat Imlek, Inilah Makna Dibalik Sebuah Angpao

Reporter : Mila
Minggu, 19 Januari 2020 09:00
Jadi Incaran saat Imlek, Inilah Makna Dibalik Sebuah Angpao
Imlek selalu dikaitkan dengan pemberian angpao.

Imlek menjadi perayaan besar bagi orang Tionghoa. Hal yang tidak bisa dipisahkan dari Imlek adalah angpao. Ditulis oleh thestar.com tradisi memberikan angpao ini sudah ada sejak lama dan dilakukan secara turun temurun. Namun tidak banyak orang yang tahu apa makna dari pemberian angpao sesungguhnya.

Melansir dari Liputan6 (18/1), angpao pelafalan dari bahasa Hokkien dari kata ang pow. Sedangkan dalam bahasa Mandarin, angpao disebut dengan hongbao yang berarti amplop merah.

1 dari 3 halaman

Sejak Dinasti Song berkuasa pada abad ke-12, tradisi memberi angpao sudah diterapkan, meskipun pada saat itu amplop merah memang belum diciptakan.

Pemberian koin-koin ini dilakukan saat malam sebelum tahun baru Imlek. Anak-anak saat itu menggunakannya untuk membeli baju baru atau menabungnya.

2 dari 3 halaman

Pemakaian amplop merah yang disebut angpao dimulai sejak akhir abad ke-19. Melansir pada ChinaHighlights (17/1), warna merah dipilih sebagai simbol dari energi, kebahagiaan dan keberuntungan.

Makna sebenarnya bukan terletak pada uangnya, tapi amplop merah yang berisi uang tersebut. Amplop merah tersebut konon akan membawa kebahagiaan dan kelimpahan kepada penerimanya. Oleh karena itu, orang yang menerima angpao dilarang membuka angpao tersebut di depan pemberinya.

3 dari 3 halaman

Sekarang, pemberian angpao tak hanya sebatas saat perayaan Imlek saja, tetapi juga saat acara lain, seperti pernikahan, wisuda, dan kelahiran bayi. Angpao yang diberikan dipercaya dapat memberikan keberuntungan dan berbagi kebaikan kepada orang lain.

Beri Komentar