Indonesia Bakal Lepas Status Pandemi Covid-19 Awal Tahun 2023 dengan Syarat Ini

Reporter : Kurnia
Jumat, 14 Oktober 2022 11:25
Indonesia Bakal Lepas Status Pandemi Covid-19 Awal Tahun 2023 dengan Syarat Ini
Apa Saja?

Angin segar setelah pandemi Covid-19 sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh umat di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Lantas, kapan Indonesia akan melepas status Pandemi?

Dalam sebuah kesempatan, Presiden Joko Widodo sempat menyinggung soal kemungkinan berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia. 

"Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir," tutur Jokowi pada 3 Oktober lalu.

1 dari 5 halaman

Rencana Pencabutan Status Pandemi Covid-19

Setelah pernyataan Jokowi, Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menyatakan jika Indonesia segera mencabut status pandemi Covid-19 pada awal tahun 2023 mendatang.

Peluang angin segar itu bisa terjadi secepat mungkin dengan melihat perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Jika kasus tetap landai, kemungkinan status pandemi akan dicabut pada Februari mendatang.

" Kalau kita bisa jaga di bulan Februari kasusnya landai, maka kita bisa lepas dari pandemi Covid-19 ini,” kata Menko Airlangga yang dikutip pada Jumat, (14/10). 

2 dari 5 halaman

Bukan tanpa alasan, optimisme pencabutan status Pandemi Covid-19 itu sejalan dengan penurunan angka penularan kasus selama enam bulan terakhir. Situasinya mulai terkontrol, angka reproduksi efektif (Rt) sebagai penunjuk laju penularan juga terus menurun selama tiga bulan terakhir.

Lebih lanjut lagi, rata-rata jumlah kasus dalam skala nasionao dikonfirmasi relatif rendah, yaitu 1.195 kasus dalam seminggu.

Jika demikian, apa saja sih yang perlu siapakan untuk mencabut status Pandemi Covid-19 di Indonesia yang menyesakkan ini?

3 dari 5 halaman

Dikutip dari laman Liputan6.com, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan disiapkan untuk menyapa Indonesia bebas dari jeratan Covid-19 di awal tahun 2023 mendatang.

Tetap Mengikuti Arahan WHO

Meski harapan untuk segera melepas status Pandemi Covid-19 cukup baik, namun Indonesia tetap merujuk pada sistem pencabutan status sesuai dengan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Kesiapan Masyarakat Menuju Endemi

Indonesia perlu berhati-hati dalam memaknai akhir dari pandemi Covid-19 dengan kesiapan masyarakat menyapa endemi.

Untuk mengakhiri masa Pandemi, sangat diperlukan kesadaran masing-masing individu dan pemerintah daerah terutama untuk melindungi diri sendiri dan juga orang lain dari penularan virus Corona.

4 dari 5 halaman

Kesadaran Masyarakat Menuju Endemi

Kesiapan saja tidak cukup, masyarakat perlu kesadaran dengan meningkatan pengetahuan soal penularan Covid-19.

Sebagaimana diketahui, mobilitas masyarakat sudah semakin longgar dengan tidak diperlukannya lagi tes PCR atau antigen. Dengan demikian, artinya potensi penularan virus sudah semakin kecil.

Namun masyarakat tetap harus mencoba mencegah penularan untuk mempercepat endemi untuk melakukan self assessment.

Perkuat Vaksinasi Booster

Guna memperkuat imunitas menuju akhir pandemi, melakukan vaksinasi booster secara merata merupakan salah satu syarat penting menuju endemi. 

Beri Komentar