Iklan : Pengertian, Tujuan, Unsur, dan Jenis Iklan Baris serta Iklan Kolom

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 16 Juni 2021 15:49
Iklan : Pengertian, Tujuan, Unsur, dan Jenis Iklan Baris serta Iklan Kolom
Iklan adalah cara untuk meningkatkan penjualan dan emmabngun nilai perusahaan. Gara-gara iklan nih kadang kita punya persepsi pada sutau produk, misalnya produk untuk kelas atas, produk murah, dll.

Iklan adalah teknik atau praktik yang digunakan untuk mengenalkan produk, layanan, opini kepada publik dengan tujuan agar mereka memberikan suatu tanggapan dengan cara tertentu. Iklan produk misalnya, berfungis untuk mempengaruhi target iklan agar membeli produk tersebut. Makanya, iklan harus dibuat semenarik mungkin.

Iklan bisa di mana saja dan selalu hadir, tulis India Times dan orang tak selalu menyadari keberadaannya. Rata-rata, seseorang menerima 5 ribu iklan setiap harinya. Wah, banyak sekali dan kadang tak kita sadari kan? Saat ini, periklanan menggunakan media apa saja yang memungkinkan untuk menyampaikan pesan, bisa melalui surat kabar, televisi, radio, pesan pendek, suara, dan masih banyak lagi.

1 dari 5 halaman

Apa itu Iklan?

Iklan Adalah © Diadona

Iklan adalah pesan komunikasi berbayat yang ditujukan untuk menginformasikan kepada orang tentang sesuatu yang mempengaruhi mereka untuk membeli atau melakukan sesuatu.

Tujuan iklan adalah komersial atau non komersial. Selain iklan untuk meningkatkan penjualan produk, ada juga nih iklan layanan masyarakat. Iklan ini dibayar oleh Pemerintah dan berisi pesan agar masyarakat melakukan sesuatu. Misalnya, untuk menjaga diri di era pandemi, menuntaskan program belajar dari Pemerintah, dan masih banyak lagi.

Lebih lengkap lagi berikut adalah tujuan iklan:

Informing atau Memberi Informasi

Iklan muncul untuk memberi tahu kepada masyarakat tentang keberadan produk baru, perubahan harga, kegunaan terbaru sampai menjelaskan bagaimana cara kerja suatu produk. Iklan juga berfungsi untuk membantu citra perusahaan

Persuading atau Membujuk

Tujuan lain iklan adalah untuk membujuk konsumen mencoba suatu produk, jasa atau layanan yang diiklankan. Selain itu juga membentuk persepsi merk, mengubah persepsi konsumen.

Reminding

Salah satu tujuan iklan adalah gar suatu produk tetap diingat oleh konsumen. Coba deh pasti ada kan satu produk yang sangat memorable karena iklannya?

Adding Value atau Menambahkan Nilai

Maksudnya, iklan adalah salah satu yang bisa mempengaruhi cara pandang konsumen terhadap produk dan memberikan nilai tambah bagi suatu merek tersebut. Misalnya nih suatu iklan bisa memberikan nilai kemewahan, elegan dan berkelas ketimbang produk lainnya

Assisting atau Mendampingi

Yakni iklan adalah pendamping yang menfasilitasi komunikasi yang menunjang kegiatan promosi.

2 dari 5 halaman

Jenis Iklan

Iklan Adalah © Diadona

Ternyata ada banyak sekali jenis iklan yang dibedakan berasarkan tujuan, isi dan medianya.

Berdasarkan isi, jenis iklan adalah:

  • Iklan penawaran, yakni iklan yang ditujukan untuk memebrikan penawaran kepada konsumen agar membeli barang dan jasa yang diiklankan.
  • Iklan layanan masyarakat, biasanya berasal dari lembaga atau instansi. Tujuannya untuk memebrikan informasi kepada masyarakat tentang suatu topik atau isu tertentu.
  • Iklan pengumuman atau pemberitahuan. Sesuai dengan namanya, ini adalah iklan yang digunakan untuk pemberitahuan seperti suatu event atau berita duka cita
  • Iklan permintaan, salah satu yang paling dikenal adalah iklan lowongan kerja.

Iklan Berdasarkan Media

  • Iklan media cetak, yakni iklan yang muncul di koran, majalah, poster, stiker dan lainnya.
  • Iklan elektronik, seperti yang bisa kita temui di televisi, radio,iklan dalam sinetron dan lainnya.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Iklan

Suatu materi bisa disebut dengan iklan bila memiliki ciri-ciri berikut:

  • Isi yang jelas, singkat, jujur, menarik, objektif dan tak menyinggung pihak lain.
  • Informatif. Artinya iklan harus menerangkan terutama pada produk atau jasa yang ditawarkan
  • Bahasa yang digunakan harus jelas dan mudah dipahami
  • Dikemas dengan menarik
  • Bersifat persuasif

4 dari 5 halaman

Unsur Iklan

Iklan Adalah © Diadona

Nah, unsur apa saja nih yang harus ada pada iklan agar bekerja sesuai dengan tujuannya?

Unsur dalam iklan adalah :

Nama produk yang ditawarkan. Nama ini haruslah menonjol dan menarik biar terus diingat
Gambar produk dengan visual yang menarik
Tonjolkan keunggulan agar konsumen tahu mengapa mereka harus membeli produk tersebut
Kalimat deskriptif untuk menjelaskan secara detail produk dan keunggulannya
Kalimat persuasif. biasanya merupakan kalimat yang singkat dan menarik sehingga mudah diingat
Menarik perhatian, selain untuk meningkatkan jumlah penjualan, ini juga agar iklan bisa memenuhi salah satu tujuan iklan yakni sebagai pembangun dan penguatan karakter bisnis
Membangun minat
Mampu menggerakkan keinginan konsumen. Misalnya bisa bikin seorang konsumen tiba-tiba ngerasa haus setelah melihat iklan minuman
Kepercayaan. Misalnya dengan menambahkan testimoni dari konsumen tentang kualitas barang atau jasa
Kontak penjual, agar calon konsumen tak kebingungan gimana cara mendapatkan produk

5 dari 5 halaman

Iklan Baris

Iklan adalah © Diadona

Iklan baris adalah jenis iklan yang umum nya muncul di koran, situs online, majalah atau yang lainnya. kenapa disebut dengan iklan baris? Karena disampaikan cuman dalam beberapa kata singkat aja. Biasanya nih berisi promosi produk, membeli produk atau menawarkan pekerjaan.

Karakter dari iklan baris yakni:

  • Terdiri dari dua atau tiga baris saja. Karena biaya yang harsu dikeluarkan oleh pengiklan tergantung pada jumlah baris, maka iklan dikemas sesingkat mungkin namun tetap berisi kejelasan informasi.
  • Menggunakan singkatan kata
  • Penyajian dikelompokkan berdasarkan jenis barang yang dijual.
  • Ada kontak yang bisa dihubungi
  • Biaya rendah dibandingkan dengan jenis iklan lain

Contoh iklan baris.

Jual rumah LT 250m/LB150m, Malang, 500jt nego, SHM, KPR, 081112233445 (Nanda), nyaman, aman, ramai, bersih.

Yang artinya, dijual rumah dengan spesifikasi luas tanah sebsar 250m dan luas bangunan 150 meter. Rumah terletak di Malang dan dibuka dnegan harga Rp. 500 juta, namun masih bisa dilakukan negosisasi harga. Sertifikat sudah atas hak milik. Pembayaran bisa dilakukan dengan KPR bank. Rumah yang dijual memiliki kondisi nyaman, aman,bersih dan terletak di lokasi yang ramai.

Iklan Kolom

Adalah jenis iklan yang berupa susunan kolom tulisan. Bila iklan baris biasanya emmuat tulsan pada dan singkat tanap disertai gambar, ini berbeda dengan jenis iklan kolom. Iklan kolom berukuran lebih besar bahkan bisa memenuhi satu lembar koran. Dan tentu saja, harga pemasanagnnya jauh lebih mahal karena menempati lebih banyak ruang dalam media.

Iklan adalah suatu pintu penting dalam pemasaran. Makanya dibutuhkan orang-orang kreatif dan mengerti tentang pasar dalam membaut iklan ini.

Beri Komentar