Google Rayakan Ulang Tahun ke-23, Tampil Gemas dengan Doodle Bentuk Kue

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 27 September 2021 12:34
Google Rayakan Ulang Tahun ke-23, Tampil Gemas dengan Doodle Bentuk Kue
Happy birthday, Google!

Google merayakan ulang tahunnya yang ke-23. Untuk memperingati momen ini, Google menampilkan doodle berbentuk kue coklat di halaman awal pencarian pada hari ini, Senin (27/9).

Doodle tersebut menunjukkan kata 'google' lengkap dengan hiasan kue menyerupai tart denngan lapisan frosting dan taburan meses warna-warni. Huruf 'L' pada kata google direpresentasikan dalam bentuk lilin di atas kue tart.

1 dari 4 halaman

Pada kue tart berbentuk dua tingkat tersebut terdapat angka 23 yang menunjukkan usia ulang tahun google. Doodle ini bahkan bisa bergerak dalam bentuk animasi.

Kue dengan wajah kartun tersebut akan mengeluarkan tangan dan mengangkat tingkat teratas pada kue layaknya sebuah topi. Animasi ini terlihat seperti gesture menyapa seseorang.

2 dari 4 halaman

Menurut laman Wikipedia, Google sebenarnya resmi didirikan sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Namun pada tahun 2005-2005, Google merayakan hari jadinya di tanggal yang berbeda-beda.

Barulah di tahun 2006, diambil keputusan untuk merayakan hari jadi Google setiap tanggal 27 September. Tanggal ini dipilih agar perusahaan bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh meson pecarinya saat itu.

3 dari 4 halaman

Google sendiri dibangun oleh Sergey Brin dan Larry Page pada tahun 1998. Bermula dari kamar asrama, mereka berujuan membangun mesin pencari berisi kumpulan informasi berukuran besar.

Nama 'Google' pun lahir secara tidak sengaja. Awalnya, Brin dan Page ingin memberi nama 'Googol', istilah matematika untuk angka '1' yang diikuti oleh 100 angka nol.

4 dari 4 halaman

Namun pihak investor justru salah mengeja dan telanjur menuliskannya dalam cek dan berbagai dokumen dengan nama 'Google'. Alhasil, nama inilah yang akhirnya dipakai hingga sekarang.

Dulunya, server pertama Google juga hanya berlokasi di lemari yang terbuat dari balok mainan. Namun, kini Google berhasil memiliki lebih dari 20 pusat data di seluruh dunia.


Well, gimana nih menurutmu?

Beri Komentar