Gara-Gara Anak Balitanya Tolak Pakai Masker, Keluarga Ini Diusir dari Pesawat

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 22 Agustus 2020 09:55
Gara-Gara Anak Balitanya Tolak Pakai Masker, Keluarga Ini Diusir dari Pesawat
Ibu dan anak ini diusir karena sang anak balita menolak memakai masker.

Di masa pandemi sekarang, memakai masker di tempat umum bisa dibilang sebagai kewajiban. Bahkan, ada kota yang menerapkan aturan wajib masker bagi masyarakatnya termasuk Kota New York, Amerika Serikat.

Berbicara tenang wajib masker ini, beberapa waktu lalu ada insiden dimana seorang ibu dan anaknya dikeluarkan dari pesawat seelah anaknya yang masih berusia 2 tahun menolak memakai masker.

Insiden ini menimpa seorang ibu bernama Chaya Bruck asal Brooklyn, Kota New York. Video saat sang ibu dan pramugari berdebat tersebar luas di media sosial.

1 dari 5 halaman

Potongan video Bruck berdebat dengan pramugari © Diadona

Melansir dari cbsnews.com, dalam video yang beredar terlihat sang ibu yang berbicara pada salah seorang pramugari mengenai anaknya yang nggak memakai masker.

Meski Bruck meminta pengertian dari sang pramugari karena anaknya masih berusia 2 tahun, tapi tetap saja pramugari itu menolak.

" Kamu sadar dia berumur 2 tahun?" kata Bruck.

" Ya, dan juga, itu bukan sesuatu yang bisa kami maklumi," terang pramugari dalam video itu.

2 dari 5 halaman

Turun dari Pesawat

Sebenarnya, Bruck sudah mencoba memakaikan masker pada anaknya, tapi anak bungsunya yang bernama Dina itu menolak. 

Karena pintu pesawat masih terbuka dan pramugari mengikuti prosedur yang sudah diterapkan, akhirnya kru pesawat itu meminta Bruck dan keluarganya untuk turun dari pesawat.

Dalam video itu juga terlihat banyak penumpang pesawat yang  membela Bruck. Mereka mengatakan jika seharusnya pihak penerbangan memberikan toleransi pada anak berusia 2 tahun yang nggak memakai masker.

3 dari 5 halaman

Penumpang Lainnya Ikut Membela

Ilustrasi Pesawat Terbang © Diadona

Memang banyak kota yang menerapkan aturan wajib masker ini termasuk juga Kota New York, Amerika Serikat. Biasanya, aturan ini berlaku bagi mereka yang berusia di atas dua tahun wajib memakai masker di tempat umum.

Salah satu penumpang, Anny Taveras mengatakan bila pesawat tetap lepas landas 53 menit kemudian setelah keluarga Bruck terpaksa turun dari pesawat meski banyak penumpang lainnya yang membela ibu asal Brooklyn ini.

4 dari 5 halaman

Merasa Trauma

Bruck mengklaim bahwa selama pengumuman di dalam kabin pesawat, pramugari mengatakan bila pihak maskapai akan mengecualikan anak-anak yang nggak bisa memakai masker. Namun, nyatanya tak demikian.

Maskapai Jetblue sendiri memang menerapakan kebijakan untuk semua orang baik dewasa dan anak-anak untuk memakai masker dan konsisen dengan pedoman CDC yang menyebut bila anak di bawah usia 2 tahun nggak boleh memakai masker.

Dalam sebuah wawancara dengan Inside Edition, Bruck mengatakan insiden itu membuat dirinya trauma. 

" Saya butuh waktu untuk pulih. Anak-anak saya juga perlu pulih dari ini," terang Bruck.

 

5 dari 5 halaman

Penumpang yang Diusir Lainnya

Tak hanya Bruck, penumpang lainnya yang bernama Chardette Poinsette juga diusir dari pesawat dengan kasus yang sama. Ia juga ikut membela Bruck karena tahu apa yang dirasakan Bruck. 

" Tapi hanya anak saya yang berusia 2 tahun yang tak mengenakannya karena dia makan kentang goreng," kata Poinsette pada CBS News.

" Saya harus memesan semua penerbangan baru dengan semangat untuk pulang," imbuhnya. Akhirnya, Bruck dan Poinsette pulang menggunakan maskapai yang berbeda.

Gimana nih kalau menurut kamu, untuk anak berusia 2 tahun seharusnya dimaklumi atau nggak ya bila tak memakai masker?

 

Beri Komentar