Dukung Ekonomi Masyarakat, Hotel Solaris Malang Fasilitasi Pameran UMKM Singosari

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 5 Maret 2023 11:16
Dukung Ekonomi Masyarakat, Hotel Solaris Malang Fasilitasi Pameran UMKM Singosari
Pameran UMKM Singosari ini merupaka bentuk dukungan Solaris terhadap masyarakat

Dalam rangka mendukung UMKM di wilayah Singosari, Hotel Solaris Malang bekerja sama dengan dinas terkait mengadakan pameran produk kreatif. Dalam hal ini, fasilitas tempat diberikan secara gratis oleh Solaris Malang.

Ada sekitar 20 UMKM yang berpartisipasi dalam pameran. Bukan cuman menghadirkan budaya batik dalam bentuk pakaian dan kerajinan, tapi juga produk kuliner seperti makanan dan minuman.

Pameran dibuka oleh Forkompinda, Diskop UKM dan Disbudpar Kabupaten Malang dan berlangsung selama dua hari yaitu di tanggal 2-3 Maret. Di hari kedua berlangsung gelaran fashion show yang pastinya berlangsung sangat meriah.

1 dari 5 halaman

General Manager Hotel Solaris Malang, Irul Khusnaini mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Solaris terhadap perekonomian masyarakat sekitar, khususnya UMKM yang ada di wilayah Singosari.

" Ide awal dari acara ini sebenarnya sederhana. Kami melihat apa yang bisa Solaris kontribusikan terhadap masyarakat, mengingat lokasi kami yang berada di jalan raya Karanglo di wilayah Singosari," ujarnya.

2 dari 5 halaman

Nggak cuman menyediakan fasilitas gratis berupa ruangan untuk tempat pameran, tapi Solaris juga melakukan promosi acara ini melalui media sosial.

Irul mengatakan agenda pameran UMKM ini merupakan yang pertama digelar semenjak pandemi Covid-19. Pihaknya berharap berawal dari event kecil yang dibantunya ini, ada animo masyarakat yang tinggi.

" Semoga hasil transaksi selama dua hari pameran ini bisa mendongkrak pejualan UMKM. Jadi nantinya kita bisa bikin acara lagi di hall atas yang bisa menampung 50 stand sehingga lebih banyak sektor yang bisa digandeng," imbuhnya

3 dari 5 halaman

Jajaran Dewan Terkait © Diadona

Perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Erny Budy Mulyati mengatakan dari 17 subsektor ekonomi kreatif, subsekstor griya atau kerajinan tangan serta makanan masih mendominasi UMKM di Singosari. Pihaknya berharap ke depan semakin banyak subsektor yang berhasil dikembangkan.

Harapan senada juga disampaikan oleh perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang. Meskipun digelar di ruangan terbatas, pameran diminati banyak pemilik UMKM. Pihaknya juga mengapresiasi Hotel Solaris Malang atas fasilitas yang diberikan untuk acara ini.

4 dari 5 halaman

Produk Pameran UMKM © Diadona

Salah satu pemilik UMKM yang mengikuti pameran, Istiqomah menyebut justru pameran seperti inilah yang membuat produk ecoprint miliknya dilirik konsumen. Sebab, dia masih belum memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan promosi via digital.

" Pameran UMKM membantu untuk branding produk. Lalu saat bertemu dengan dinas terkait seperti sekarang, saya berusaha menggabungkan diri," terangnya.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar