Maulid Nabi 2022, Berikut Tanggal Jatuhnya serta Amalan dan Keutamaannya di Bulan Oktober

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 27 September 2022 11:28
Maulid Nabi 2022, Berikut Tanggal Jatuhnya serta Amalan dan Keutamaannya di Bulan Oktober
Maulid Nabi 2022 sudah semakin dekat, yuk ketahui amalan-amalan untuk hari baik tersebut

Umat muslim di seluruh dunia akan merayakan bulan Maulid nabi sebentar lagi. Tahun ini Maulid Nabi akan jatuh di bulan berapa ya?

Maulid nabi berada di dalam bulan Rabiul Awal yang mana bulan di mana Nabi Muhammad lahir. Berikut ini adalah tanggal jatuh maulid nabi dan beberapa amalan serta keutamaannya yang bisa kamu lakukan.

1 dari 3 halaman

Tanggal Jatuh Maulid Nabi 2022

Maulid Nabi 2022 atau hari kelahiran Nabi Muhammad saw. secara umum diperingati di Indonesia pada 12 Rabiul Awal, yang pada tahun ini (1444 Hijriah) bertepatan dengan Sabtu, 8 Oktober 2022.

Dan di hari tersebut di Indonesia akan dijadikan hari libur Nasional ya Diazens.

2 dari 3 halaman

Amalan Maulid Nabi 2022 dan Keutamaanya

1. Perbanyak Sholawat

Maulid Nabi 2022 adalah waktu yang tepat buat kita memperbanyak sholawat. Di momen kelahiran Nabi Muhammad SAW ini memang dianjurkan untuk memperbanyak sholawat.

Hal ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad yang bunyi hadisnya sebagai berikut:

" Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya.” (HR Ahmad)

2. Bersedekah

Kemudian amalan Maulid Nabi 2022 yang bisa kita lakukan adalah memperbanyak sedekah. Amalan ini juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW yang tertuang dalam hadis berikut ini:

" Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.'" (HR. Muslim)

3 dari 3 halaman

3. Berdzikir

Terakhir untuk manalan Maulid Nabi 2022 adalah memperbanyak dzikir kepada Allah SWT. Berikut ini adalah ayat al-Quran yang menguatkan amanalan tersebut:

" Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab: 41-42)

Jadi itulah beberapa uraian terkait Maulid Nabi 2022 beserta amalan dan keutamannya yang bisa kamu lakukan.

Beri Komentar