Cara Mengenal Allah atau Ma Rifatullah dan Diri Sendiri Lebih Dekat dalam Islam

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 22 Januari 2020 12:31
Cara Mengenal Allah atau Ma Rifatullah dan Diri Sendiri Lebih Dekat dalam Islam
Kenali Allah dan dirimu lebih dekat sesuai dengan kaidah islam.

Mengenal diri sendiri merupakan kunci utama untuk mengetahui cara mengenal Allah SWT. Tanpa memahami diri kita, kita akan sulit memahami hal lain, termasuk cara mengenal Allah.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist, bahwa Rasulullah SAW. bersabda: "Barang siapa yang mengenal dirinya, ia mengenal Tuhannya."

Di sisi lain, banyak umat muslim mengaku ia mencintai Allah. Padahal, kebanyakan beribadah pun jarang, larangan pun sering dilanggar. Nampaknya, nggak sedikit umat muslim yang belum tahu cara mengenal Allah dengan benar.

Memahami cara mengenal Allah berarti termasuk memahami ajaran-ajarannya, pun dengan segala ciptaannya. Nah, gimana lengkapnya cara mengenal Allah dan diri sendiri? Dirangkum dari berbagai sumber, begini caranya.

1 dari 4 halaman

Cara Mengenal Diri Sendiri sebelum Mengenal Allah

Diri kita adalah prioritas. Untuk itu, mengenal diri sendiri sebelum memahami cara mengenal Allah SWT. itu nggak ada salahnya. Nah, gimana mengenal diri sendiri sebelum mencari cara mengenal Allah? Beberapa tips di bawah ini bisa membantumu cara mengenal diri sendiri.

1. Hargai Diri Sendiri

Kamu pasti pernah di suatu waktu merasa kesal dengan dirimu sendiri. Sehingga, yang kamu lakukan adalah merendah-rendahkan atau menjelek-jelekan dirimu. Padahal, setiap orang pasti memiliki kekurangan. Dan sebaliknya, setiap juga punya kelebihan.

Maka dari itu, kamu perlu menghargai diri sendiri sebelum menerapkan cara mengenal Allah. Kalau kamu belum bisa menghargai diri sendiri, bagaimana kamu bisa menghargai hal-hal yang diciptakan Allah?

2. Buang Jauh-Jauh Kenangan Buruk

Membuang di sini bukan berarti kamu benar-benar melupakannya. Nampaknya, itu nggak mungkin. Maksudnya adalah kenangan buruk yang ada di masa lalu nggak seharusnya terlalu kamu pikirkan. Jadikan kenangan buruk itu sebagai pelajaran untuk masa sekarang dan masa mendatang.

3. Jangan Berusaha Mengubah Diri

Memang, kita sebagai manusia ingin menjadi lebih baik dan lebih dalam segala aspek. Namun, hal itu bukan berarti kamu harus mengubah diri, mulai dari kepribadian bahkan hal fisik. Cintailah dirimu sendiri dengan menerima dirimu apa adanya.

2 dari 4 halaman

Cara Mengenal Allah dan Diri Sendiri

Setelah mengenal diri sendiri, sudah seharusnya kita mempraktikan cara mengenal Allah. Namun, gimana bila cara mengenal Allah dilakukan sembari mengenal diri sendiri? Untuk lebih jelasnya, simak tulisan cara mengenal Allah dan diri sendiri di bawah ini!

1. Berdoa

Cara mengenal Allah sembari mengenal diri sendiri adalah dengan berdoa. Dengan berdoa itu berarti kita menjalankan cara mengenal Allah tanpa kita sadari. Sedangkan doa yang dipanjatkan adalah memohon agar dikenalkan siapa diri kita menurut-Nya.

2. Mengenal Diri Zahir

Zahir merupakan diri kita yang berupa fisik. Dengan memahami diri kita secara zahir, hal ini juga secara nggak langsung menaplikasikan cara mengenal Allah. Sebab, kita menjadi bersyukur atas apa yang diberikan-Nya pada diri kita, sesuai dengan apa yang dikatakan Allah dalam surah at-Tin ayat 4 yang artinya:

" Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya."

3 dari 4 halaman

3 Cara Mengenal Allah

Nggak kenal maka nggak sayang. Makanya, jangan mengaku mencintai Allah kalau belum tahu cara mengenal Allah SWT. Nah, bagaimana cara mengenal Allah tersebut? Berikut 3 cara mengenal Allah lainnya.

1. Mengenal Diri Batin

Selain diri zahir, terdapat juga diri batin. Jika sudah mengenal diri zahir, ada baiknya kamu mengenal diri batin. Dengan mengenal diri sendiri secara batin, kita akan mampu melakukan cara mengenal Allah dengan Baik. Kita akan lebih banyak bersyukur kepada Allah dan semakin dekat dengan-Nya.

Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan cara mengenal Allah ini adalah dengan memahami surah Al-Hijr ayat 29 yang artinya::

" Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud."

2. Ingat Tujuan Penciptaan

Cara mengenal Allah selanjutnya bisa dengan memahami kembali apa tujuan Allah menciptakan diri kita dan segala sesuatunya. Dengan memahami ciptaannya, itu berarti kita memahami diri Allah SWT, sehingga cara mengenal Allah yang satu ini sangatlah penting.

3. Yakin akan Keberadaan Allah

Sebagai umat muslim yang taat, sudah seharusnya kita yakin bahwa Allah SWT itu memang benar-benar ada. Keyakinan itu juga bisa meliputi kepercayaan tentang akhirat, surga dan akhirat, malaikat-malaikatnya, dan juga hal lainnya. Dengan melakukan cara mengenal Allah ini, kamu akan semakin dekat dengan keberadaan Allah SWT.

4 dari 4 halaman

Cara Mengenal Allah Ma Rifatullah

Cara mengenal Allah juga bisa disebut dengan ma'rifatullah. Artinya adalah pengenalan terhadap jalan yang mengantarkan manusia agar dekat dengan Allah, pun mengenalkan rintangan dan gangguan yang ada dalam perjalan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Nah, ternyata, orang yang telah menguasai ma'rifatullah (cara mengenal Allah) memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri itu adalah:

1. Mengenali nama-nama (asma') Allah dengan baik.
2. Mengenal sifat-sifat Allah
3. Mengenali perbuatan Allah (af'al) di dalam kehidupan ini.

Dalam penampakannya alias kasat mata, orang-orang yang telah menguasai cara mengenal Allah akan menunjukkan sikap:

1. Benar dalam beribadah
2. Ikhlas segalanya semata-mata hanya karena Allah SWT.
3. Membersihkan diri dari dosa-dosa dan menghindari perbuatan-perbuatan tercela yang dilarang Allah SWT.
4. Sabar
5. Suka mengajak orang lain berbuat kebaikan sesuai ajaran Islam yaitu Alquran dan sunnah.


Nah, itulah bagaimana cara mengenal Allah termasuk mengenal diri sendiri. Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar