Cara Mendidik Anak secara Islami sejak Usia 2 Tahun bahkan dalam Kandungan

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 23 Januari 2020 12:23
Cara Mendidik Anak secara Islami sejak Usia 2 Tahun bahkan dalam Kandungan
Anak adalah hal yang paling berharga dari itu. Makanya, perlu kita sebagai orang tua mengetahui cara mendidik anak secara islami sejak dini.

Dalam berkeluarga, tentu saja anak adalah buah hati yang sangat kita sayangi. Kita sebagai orang tua mengharapkan agar anak-anak kita kelak menjadi sosok pribadi yang baik dan taat kepada Allah SWT.

Untuk itu, sudah seharusnya kita mengetahui gimana cara mendidik anak secara islami. Dengan demikian, anak kita In Sya Allah akan tumbuh menjadi buah hati yang kita harapkan.

Nah, gimana cara mendidik anak secara islami itu? Dirangkum dari berbagai sumber, begitu cara mendidik anak secara islami yang bisa kamu lakukan.

1 dari 4 halaman

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun secara Islami

Mengetahui cara mendidik anak secara islami di usia 2 tahun merupakan hal penting. Sebab, pada umur inilah dasar-dasar seharusnya diajarkan agar tetap melekat ketika tumbuh dewasa nanti. Adapun cara mendidik anak secara islami di usia 2 tahun antara lain:

1. Kalimat Tauhid

Tauhid merupakan hal pertama yang perlu diajarkan dalam pelaksanan cara mendidik anak secara islami di usia 2 tahun. Kalimat tauhid itu adalah " Laailaahaillallah" , yang artinya " tiada tuhan selain Allah." Ibaratnya, dengan mengenalkan kalimat Tauhid, kita mengenalkan Allah kepada anak-anak kita.

2. Panggilan yang Baik

Kita tentu mencintai anak-anak kita. Salah satunya adalah dengan memberikannya dengan panggilan yang baik. Dengan begitu, diharapkan anak-anak kita akan tumbuh menjadi pribadi yang baik sesuai dengan ajaran islam. Aamiin.

2 dari 4 halaman

Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun secara Islami

Ketika anak sudah berusia 5 tahun, kita sebagai orang tua sudah bisa melaksanakan cara mendidik anak secara islami dengan tingkatan yang lebih tinggi.

1. Kejujuran

Seharusnya di usia 5 tahun, anak kita sudah bisa diajarkan mana yang baik dan mana yang buruk. Termasuk dengan kebohongan dan kejujuran. Untuk itu, penting menanamkan nilai-nilai kejujuran di usia ini agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik sesuai dengan cara mendidik anak secara islami.

2. Membaca

Ingat ayat alquran apa yang pertama kali diturunkan? Ya, membaca. Setelah anak berumur 5 tahun, sudah saatnya kita sebagai orang tua mengajarinya membaca sedikit demi sedikit, begitu juga dengan membaca alquran. Dengan melaksanakan tata cara mendidik anak secara islami ini, semoga anak kita menjadi hafidz/hafidzoh. Aamiin.

3. Keadilan

Keadilan sudah perlu ditanamkan pada anak di usia 5 tahun. Salah satu caranya adalah dengan diajarkan mengakui kesalahan yang diperbuat, bukannya menyalahkan hal-hal lainnya. Dengan melakukan cara mendidik anak secara islami ini, anak akan menempatkan segala sesuatu dengan benar, termasuk dalam mengakui kesalahan dan membela diri.

3 dari 4 halaman

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Secara Islami

Ketika memasuki usia 3 tahun, sang anak sudah bisa melakuan pengembangan diri. Jadi, anak sudah bisa melakukan pembelajar beberapa hal. Nah, gimana cara mendidik anak secara islami di usia 3 tahun? Gulir ke bawah, ya!

1. Berbagi

Mengajari sedekah sejak dini, kenapa nggak? Justru, cara mendidik anak secara islami tersebut, jika ditanamkan dengan dini, akan muncul rasa peduli ketika dia tumbuh besar nanti.

2. Pengendalan Emosi

Anak memang suka sekali mengeluarkan emosi ketika kecil. Tapi ketika sudah mencapai usia 3 tahun, kita sebagai orang tua bisa mengajarkannya untuk mengendalikan emosi secara perlahan.

3. Disiplin

Kedengarannya memang mustahil jika anak usia 3 tahun diajarkan kedisiplinan. Namun, ternyata cara mendidik anak secara islami tersebut bisa dilakukan dengan dimulai dari hal-hal dasar. Misalnya saja, ketika sang anak sudah selesai bermain dengan mainannya, ajarkan mereka untuk merapihkan mainan mereka kembali di posisi yang benar.

4 dari 4 halaman

Cara Mendidik Anak dalam Kandungan secara Islami

Sejak dalam kandungan, orang tua sudah seharusnya menerapkan cara mendidik anak secara islami. Terutama untuk seorang ibu, karena ibu adalah guru pertama sang anak, bukan? Nah, kita sebagai orang tua bisa mengaplikasikan cara mendidik anak secara islami sejak dalam kandungan seperti berikut ini:

1. Membacakan alquran

Walau masih di dalam kandungan, anak sudah bisa mendengar. Jadi, cara mendidik anak secara islami sejak kandungan yang pertama bisa dimulai dengan membacakan alquran. Atau, kamu bisa menyetel mutoral melalui ponsel atau media lainnya.

2. Menjaga Prilaku Kita

Entah sedang mengandung maupun nggak, kita sebagai orang tua sudah seharusnya menjaga prilaku kita. Sebab, anak mengikuti apa yang kita ucapkan dan perbuat. Jika kita berbuat dan mengucapkan hal buruk, anak kemungkinan besar juga akan mengikutinya. Jadi, cara mendidik anak secara islami satu ini sangatlah penting.

3. Berdoa

Usaha terakhir yang bisa kamu lakukan mengenai cara mendidik anak secara islami sejak dalam kandungan adalah berdoa. Berdoalah agar anak kita menjadi anak yang taat kepada kita dan menjadi anak sholeh/sholehah. Namun, terdapat doa khusus seperti yang pernah diucapkan Nabi Zakariya dalam ayat surah Ali Imran Ayat 38 yang artinya:

“ Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik (shaleh). Sesungguhnya Engkaulah Maha pendengar doa.”


Itulah kira-kira beberapa cara mendidik anak secara islami. Semoga anak-anak kita senantiasa berada dalam lindungan Allah di jalan-Nya aamiin.

Beri Komentar