Ditumbangkan Bilqis Prasista, Tunggal Putri Ranking 1 Dunia Akane Yamaguchi Menangis

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 11 Mei 2022 16:17
Ditumbangkan Bilqis Prasista, Tunggal Putri Ranking 1 Dunia Akane Yamaguchi Menangis
Kejutan dari lanjutan penyisihan Grup A Piala Uber 2022

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista membuat kejutan dalam partai pembuka lanjutan penyisihan Grup A Piala Uber 2022 pada Rabu (11/5). Bilqis mampu menumbangkan peringkat satu dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi.

Kemenangan Bilqis adalah kejutan yang teramat besar, pasalnya pebulu tangkis 18 tahun itu 'baru' berstatus sebagai peringkat 333 dunia. Keberhasilan ini pun tak disangka oleh Bilqis sendiri.

"Tidak menyangka bisa menang, soalnya dia peringkat satu dunia. Sangat senang bisa mengalahkan Akane," ujar Bilqis usai pertandingan di Impact Arena, Bangkok, Thailand, dikutip dari laman Antara.

1 dari 4 halaman

Berkebalikan dengan situasi Bilqis yang diliputi kebahagiaan, Akane Yamaguchi nampak sangat terpukul atas kekalahan yang baru ia terima.

Hadir dalam turnamen sebagai peringkat pertama dunia, Akane harus merasakan pahitnya kekalahan dari lawan yang terbilang masih hijau. Apalagi, Bilqis mampu mengalahkan Akane tanpa rubber set dengan poin identik 21-19 di kedua gim.

Akane yang memasuki ruang wawancara bersama Bilqis nampak menangis dan enggan memberi komentar perihal pertandingan yang baru ia selesaikan. Kondisi tersebut membuat sejumlah staf BWF dan media lokal Jepang memberikan suntikan moral untuk pebulu tangkis 24 tahun tersebut.

2 dari 4 halaman

Ditanya soal kunci kemenangan atas lawan yang memiliki peringkat jauh di atasnya, Bilqis mengatakan bahwa kepercayaan diri adalah senjata utamanya.

" Yang penting yakin saja sama diri sendiri, jangan banyak mati sendiri dulu dan tekniknya bikin (lawan) lari-lari terus," tutur Bilqis.

" Orang tua juga berpesan agar harus percaya diri. Kita pasti bisa asal ada kemauan. Semuanya tidak ada yang tidak mungkin, apapun bisa terjadi," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Bilqis Prasista merupakan rising star di cabang bulu tangkis. Kehadiran Bilqis jadi pelepas kerinduan publik atas sosok atlet bulu tangkis tunggal putri yang memiliki ketenangan mumpuni di usia yang masih sangat muda.

Kemenangan Bilqis atas Akane Yamaguchi bukanlah momentum pertama yang membuat namanya tersorot. Sebelumnya, dalam laga perdana Tim Uber Indonesia, Bilqis mampu menyelesaikan pertandingan melawan tunggal putri Perancis, Yaelle Hoyaux. Kemenangan itu mengantarkan Indonesia meraih kemenangan sempurna atas Perancis pada hari Minggu (8/5) lalu.

Beri Komentar