Ditinggal Ibu Kandung, Anak TKW Ini Dirawat oleh Wanita Tionghoa yang Berhati Mulia hingga Dewasa

Reporter : Riza Umami
Jumat, 21 Januari 2022 17:19
Ditinggal Ibu Kandung, Anak TKW Ini Dirawat oleh Wanita Tionghoa yang Berhati Mulia hingga Dewasa
Ini kisahnya yang menyentuh hati.

Baru-baru ini, nama Rohana Abdullah mendadak dibicarakan oleh netizen karena kisah hidup yang harus ia lalui selama ini. Gadis berusia 22 tahun ini adalah anak TKW Indonesia yang ditinggalkan oleh ibu kandungnya ketika usianya masih 2 bulan.

Dilansir dari laman brilio.net (20/01), Rohana yang masih bayi tersebut ditinggalkan di sebuah TK tempat ibu kandungnya bekerja. Beruntungnya, Rohana ditemukan oleh seorang wanita Tionghoa berhati mulia.

1 dari 5 halaman

Dia adalah Chee Hoi Lan yang kini berusia 83 tahun. Dia adalah salah satu guru di TK tempat ibu kandung Rohana bekerja. Chee Hoi Lan, tak tega melihat bayi mungil itu ditelantarkan seperti itu. Ia kemudian memutuskan untuk membawa bayi tersebut.

Chee Hoi Lan pun merawat dan mengurus Rohana layaknya anaknya sendiri. Dia tak pamrih membesarkan Rohana dan mencukupi segala kebutuhannya hingga sang anak dewasa dengan uangnya sendiri.

2 dari 5 halaman

Kisah Rohana Anak TKWKisah Rohana Anak TKW © hmetro.com.my/Amirudin Sahib via brilio.net

Hebatnya, meski Chee Hoi Lan dan Rohana mempunyai latar belakang dan agama yang berbeda, tetapi dia berusaha agar anaknya tersebut mendapatkan pengetahuan agama Islam dengan semestinya. Bahkan, Rohana disekolahkan hingga Kelas Asas Fardhu Ain (Kafa) di sebuah sekolah Islam.

3 dari 5 halaman

Chee Hoi Lan pun selalu memastikan supaya anak asuhnya ini selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang halal. Dia menyayangi Rohana layaknya anak kandungnya sendiri walaupun keyakinan mereka berbeda.

Sayangnya, hingga kini Rohana tak mempunyai kepastian status kewarganegaraan meski usianya sudah 22 tahun. Hal ini pun membuatkan terkadang jadi kesulitan saat mengurus dokumen atau sesuatu yang sifatnya resmi. Dia bahkan sampai harus berhenti sekolah karena tak punya dokumen kewarganegaraan.

4 dari 5 halaman

Kisah Rohana Anak TKWKisah Rohana Anak TKW © hmetro.com.my/Amirudin Sahib via brilio.net

Dilansir dari laman hmetro.com.my, Rohana bahkan sampai terpikir ingin mengakhiri hidupnya. Namun, dia memikirkan nasib ibu angkatnya kalau sampai ia pergi begitu saja. Belum lagi, Rohana juga belum mengetahui tentang ibu kandungnya.

Sebagai seorang ibu, Chee Hoi Lan pun hanya berharap agar putrinya yang cantik ini bisa merasakan kehidupan yang normal layaknya orang-orang lain. Dia ingin melihat Rohana sukses, menikah serta bahagia.

5 dari 5 halaman

Diketahui bahwa Rohana sempat mengajukan status kewarganegaraan di tahun 2016, tetapi belum disetujui. Tak menyerah, Rohana dan ibunya pun bertemu dengan Gulam Muszaffar yang merupakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Batu demi mendapat bantuan.

Semoga Rohana bisa segera mendapatkan status kewarganegaraannya di sana ya. Gimana pendapat kamu tentang kisah hidup Rohana dan ibunya Chee Hoi Lan yang berhati mulia ini?

Beri Komentar