Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar dari Jurnal, Internet, dan Buku

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 17 Juli 2020 10:57
Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar dari Jurnal, Internet, dan Buku
Cara menulis daftar pustaka sering kali jadi permasalahan tersendiri bagi seorang mahasiswa untuk karya ilmiah.

Bagi sebagian orang cara menulis daftar pustaka merupakan momok saat membuat suatu karya ilmiah. Sebab, meski terdengar sepele, tapi kalau penulisannya salah hal ini akan membuatmu kesulitan untuk membuktikan teori yang digunakan dalam penelitianmu

Selain itu, cara menulis daftar pustaka juga perlu diperhatikan mulai dari penulisan judul bukunya, nama penerbit, penulis, dan lain sebagainya, agar terdapat kejelasan dari sumber yang kamu ambil sebagai referensi tulisanmu, yang nantinya dapat di pertanggung jawabkan.

Nah, kamu nggak usah khawatir karena artikel kali ini akan membahas cara menulis daftar pustaka yang telah dirangkum di berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka © Diadona

Sebelum membahas cara menulis daftar pustaka dari jurnal, kamu harus memperhatikan beberapa hal yang penting dalam daftar pustaka tersebut. Seperti nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, edisi, halaman, dan URL website dari jurnal tersebut.

Berikut ini beberapa tahap membuat daftar pustaka dari jurnal:

1. APA Style

APA Style diterbitkan oleh American Psychological Association, yang penulisannya biasanya digunakan dalam bidang antropologi, akuntansi, ekonomi, hukum, pendidikan, politik, dan sosiologi.

Cara menulis daftar pustaka dengan format APA Style ialah:

Nama akhir pengarang. (Tahun penerbitan). Judul artikel. Nama jurnal, volume (edisi jika ada).

2. MLA Style

MLA style atau Modern Languange Association dibuat sangat mudah bila dibandingkan gaya penulisan daftar pustaka lainnya. Sebab, penulisannya biasa digunakan pada bidang seni, bahasa, kewarganegaraan, ilmu sosial dasar, dan ilmu budaya dasar.

Inilah menulis daftar pustaka dengan format APA Style:

Nama akhir, Nama awal." Judul artikel" . Nama jurnal Volume.edisi(Tahun publikasi):Media.

2 dari 6 halaman

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Cara Menulis Daftar Pustaka © Diadona

Kebanyakan kesalahan beberapa orang pada daftar pustaka ialah terletak pada format penulisannya dan sumber-sumber yang dikutip tidak akurat, apalagi cara menulis daftar pustaka dari internet.

Menulis daftar pustaka sebenarnya tidaklah sulit, asalkan kamu mengetahui format penulisannya supaya tidak salah. Selain itu, daftar pustaka dibedakan berdasarkan jenis bacaan.

3 dari 6 halaman

Untuk itu, berikut menulis daftar pustaka dari internet adalah sebagai berikut:

12 Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami dan Permanen dengan Bahan yang Aman (internet). Cara Memerahkan Bibir, 16 Juli 2020, 10:46 (diakses 17 Juli 2020. Tersedia dari https://www.diadona.id/beauty/12-cara-memerahkan-bibir-hitam-secara-alami-dan-permanen-dengan-bahan-yang-aman-2007160.html

Namun, kalau menemukan beberapa sumber dari internet yang tidak mencantumkan nama penulis, tentu memiliki format penulisan yang berbeda. Caranya ialah menggantinya dengan ditulis “ ____”.

4 dari 6 halaman

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku

Cara Menulis Daftar Pustaka © Diadona

Daftar pustaka ialah hal yang pokok dan paling vital dalam menyusun sebuah karya ilmiah, hal ini biasanya banyak dicari oleh seseorang yang sedang mencari ilmu seperti mahasiswa.

Cara menulis daftar pustaka adalah suatu tahap untuk menulis sebuah skripsi yang berada pada akhir halaman skripsi atau thesis, yang berfungsi untuk referensi oleh seorang penulis.

Selain itu, sumber daftar pustaka bisa berasal dari berbagai media seperti makalah, internet, dan buku. Kalau kamu mengambil rujukan tersebut dari buku, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yakni nama penulis, tahun terbit, judul buku, kota dan nama penerbit.

Contoh:

Keraf, Gorys. 1979. Telaah Televisi.Jakarta:Gramedia.

5 dari 6 halaman

Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar

Cara Menulis Daftar Pustaka © Diadona

Seperti yang diketahui, daftar pustaka merupakan referensi yang berasal dari buku, jurnal, skripsi, makalah dan sebagainya untuk dijadikan landasan dalam penelitian.

Tujuan penulisan daftar pustaka ialah untuk terhindar dari plagiat, sebagai bentuk apresiasi penulis terhadap karya orang lain, dan mengetahui lebih dalam dengan topik terkait.

Lalu, bagaimana cara menulis daftar pustaka yang benar dan tepat? Berikut rangkaiannya.

1. Struktur penulisan dalam daftar pustaka memiliki urutan, seperti nama penulis, tahun terbit, judul, kota penerbit, dan nama penerbit.

2. Penulisan nama, tahun, judul dan penerbit diakhiri dengan tanda baca (.) dan nama kota penerbit diakhir dengan (:).

6 dari 6 halaman

3. Penulisan nama pengarang jika memiliki 2 suku kata atau lebih, maka penulisan nama dibalik dan memberi tanda (,).

Contohnya sepert:

Yudisthira, Adi Bambang. 2016. Panduan Perang. Jakarta: Gramedia.

Kurniawan, Hasan. dkk. 2007. Kumpulan Doa-Doa. Edisi Kedua. Jakarta.

Itulah cara penulisan daftar pustaka dari jurnal, buku, ataupun internet yang bisa kamu jadikan acuan saat membuat karya ilmiah.

Beri Komentar