Cara Membuat Amplop Lebaran di Microsoft Word dari Beragam Kertas, Hasilnya Unik Banget

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 8 Oktober 2020 17:01
Cara Membuat Amplop Lebaran di Microsoft Word dari Beragam Kertas, Hasilnya Unik Banget
Nggak cuman buat lebaran aja nih, cara membuat amplop berikut bisa kamu gunakan untuk membungkus surat atau hadiah kecil lainnya

Selain baju baru dan kumpul bersama keluarga, salam tempel di saat lebaran jadi hal yang paling dinantikan. Banyak desain amplop mewarnai momen tersebut, tapi siapa tahu kamu ingin cara membuat amlop sendiri dengan desain yang kamu inginkan.

Amlop dalam tradisi salam tempel dianggap lebih sopan ketimbang langsung memberikan uang tanpa amplop. Keberadaan amplop juga dinilai mengurangi kesenjangan karena kita nggak tahu nih berapa jumlah uang dalam amlop tersebut, ya kan?

Dan kalau kamu perhatikan, di masa lebaran tersebut banyak banget orang berjualan amlop beserta lembaran uang baru. Tapi eh siapa tahu kamu ingin membuatnya sendiri dengan desain sendiri, seperti kartun fotomu dan keluarga atau ucapan personal dari kamu untuk orang-orang.

Yuk simak terus gimana cara membuat amplop dari ulasan berbagai sumber:

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Amplop Lebaran

Ada banyak ragam desain amplop untuk lebaran, mulai dari motif lucu, bertema lebaran lengkap dengan gambar ketupat, dan lainnya. Nih Diadona kasih beberapa gambar amplop lebaran yang mungkin bisa menginspirasi kamu.

Cara Membuat AmplopCara Membuat Amplop © 2020 creativekhadija.com/

Desain lainnya bisa kamu intip di sumber lainnya ya. Atau siapa tahu nih mungkin kamu ingin cara membuat amplopp lebaran dengan fotomu dan anggota keluarga lainnya dalam efek karton atau karikatur? Cuss lah!

Atau kalau kamu nggak mau ribet, kamu bisa mendownload desain yang tersedia secara gratis di internet. Takut salah mengukur amplop? Gini deh, kamu tinggal mencari saja ukuran amplop yang kamnu suka, lalu kamu buka deh seluruh lemnya sehingga terlihat gimana pola kertasnya. Gampang banget!

Nah setelah menentukan desainnya dan mencetaknya di kertas dengan ukuran yang seuai dengan amplop kamu, yuk cus lah ke cara membuat amplop

  • Gunting
  • Kertas Amplop
  • Penggaris
  • Lem
  • Cutter
  • Selotip
  • Dobel tip
  • Pensil
  • Kertas karton

Pertama, jiplak pola amlop ke kertas karton atau kertas tebal. Kertas inilah yang nantinya kamu gunakan sebagai acuan ukuran dan bentuk dalam cara membuat amlop. Tandai dengan menggunakan pensil.

Cara Membuat AmplopCara Membuat Amplop © 2020 poppytalk.com/

Gunting template. Kalau kamu ingin memakainya lagi lain kali, jangan lupa beri label biar nggak hilang dan dikira kertas yang nggak berguna.

Gunakan template tersebut buat menjiplak desain amplop di semua kertas yang kamu inginkan. Trus gunting amplop dengan hati-hati dan lipat ke atas. Rekatkan bagian yang diperlukan menggunakan lem. Tada! Kelar deh.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Amplop di Microsoft Word

Jangan kudet, cara membuat amplop juga bisa dilakukan di Microsoft Word misalnya ketika kamu ingin menyematkan desain gambar di amlop yang udah kamu bikin atau mengetikkan alamat penerimanya.

Ikuti langkah berikut ini yuk.

Pertama buka halaman baru pada Microsft Office.
Selanjutnya, klik Tab Maillings > Start Mail Merge (klik pada tanda panah) dan Envelopes.

Cara Membuat AmplopCara Membuat Amplop © 2020 Diadona.id

Kemudian akan muncul jendela Envelope Options dan pilih Envelope Size yang kamu butuhkan. Jangan khawatir, kamu juga bisa custom kok.

Cara Membuat AmplopCara Membuat Amplop © 2020 Diadona.id

Trus geser ke Printing Option dan pilih menu Feed Method yang kamu gunakan. Fitur ini berfungsi untuk mengubah mode metode memasukkan kertas ke dalam printer. Lalu klik OK.

Cara Membuat AmplopCara Membuat Amplop © 2020 Diadona.id

Setelah kamu klik, maka secara otomatis halaman Microsoft Word bakalan berubah dengan menyesuaikan ukuran dari size amlop yang kamu setting sebelumnya.

Cara Membuat AmplopCara Membuat Amplop © 2020 Diadona.id

Kamu bisa menambahkan berbagai hal di amlop tersebut lho. Kerennya nih, dalam template tersebut sudah disediakan ruang bagi kamu untuk mengetik nama penerima amplopnya. Wuidih, memudahkan sekali ya!

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Amplop dari Kertas

Peran kertas sebagai bahan dalam cara membuat amlop nggak cuman dari kelucuan motifnya doang, melainkan teksturnya. Kayak gimana sih?

Cara Membuat Amlop dari Kertas Origami

Kertas yang biasanya digunakan untuk origami juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara membuat amplop. Lebih lanjut, simak deh tutorial dari My Fun Place berikut ini:

 

Cara Membuat Amplop dari Kertas Majalah Bekas

Menafaatkan majalah fashion bekas dengan cara membuat amplop bakalan jadi ide yang menarik banget nih. Pertama, tentu aja untuk memanfaatkan barang tak terpakai. Trus bsia juga memanfaatkan desain dan tekstur kertas majalah untuk amlop dengan nuansa tertentu kayak dalam gambar berikut ini:

Cara Membuat AmplopCara Membuat Amplop © 2020 bustle.com/


Cara Membuat Amplop dari Kertas Koran Lawas

Biar jadinya kayak vintage gini lho!

Cara Membuat AmplopCara Membuat Amplop © 2020 acreativeneed.wordpress.com/

Dalam cara membuat amplop, kamu nggak cuman fokus doang pada motifnya melainkan penggunaan bahan yang bakalan mempengaruhi keindahan amplop kamu.

Beri Komentar